Intel Paparkan Potensi Teknologi dalam Transformasi Sarana Transportasi Perkotaan

Intel menggelar sesi bincang-bincang dengan awak media untuk mengungkapkan pandangannya terkait potensi perkembangan teknologi untuk mentransformasi dunia transportasi di perkotaan. Menurut mereka, solusi yang ditawarkan saat ini tidak semuanya efektif menanggulangi kemacetan.

Peran teknologiintel-mobilitas-pintar-2Dalam acara yang digelar di Jakarta, Rabu (9/11), Intel menjelaskan bahwa membangun lebih banyak jalan tidak selalu menjadi solusi yang tepat. Misalnya karena sempitnya ruang fisik, terbatasnya anggaran, dan urusan lingkungan.

Ke depannya, teknologi dinilai mulai memainkan peran kunci dalam memecahkan tantangan transportasi urban. Intel percaya bahwa pengunaan inovatif dari teknologi terkini bisa mempercepat berkembangnya “mobilitas pintar” yang akan menimbulkan digitisasi dan sistem efisien untuk menggerakan manusia dan barang.

Moda transportasi baru, mulai dari layanan berbagi tumpangan kendaraan atau ride- sharing, hingga mobil tanpa pengemudi bermunculan karena adanya internet dan smartphone. Teknologi tersebut membuka pintu untuk “Internet of Things”.

Visi Intel

Di era sekarang ini, ransportasi urban bisa berbentuk sistem yang memperbanyak pilihan mobilitas, memungkinkan warga untuk berpindah dari satu titik kota ke titik lainnya dengan berjalan atau menggunakan transportasi umum, pribadi, maupun pinjaman. Sistem ini juga menggabungkan barang dan jasa pendukung, seperti bahan bakar dan tempat parkir.intel-mobilitas-pintar-1Intel memiliki visi akan adanya kerangka mobilitas pintar yang mencakup tranformasi dalam lima area yang didorong oleh teknologi:

svg%3E

• Layanan mobilitas: Layanan bahan bakar dan parkiran yang lebih pintar

• Transit publik: Sistem tiket dan informasi generasi berikut

• Pengaturan lalu-lintas: Pengaturan sinyal dan persimpangan, pusat pengendalian lalu lintas

• Tanda identifikasi dan pembayaran: Pembayaran tol dan pengidentifikasian kendaraan secara digital

• Infrastruktur aman: Deteksi insiden, pemantauan jembatan, pengawasan video

Infrastruktur tersebut disokong oleh sistem teknologi yang menangkap, menyimpan dan menganalisa data kritis untuk mendapatkan pemahaman yang bisa digunakan saat mengambil keputusan. Data ini bisa dibagikan keseluruh sistem untuk memungkinkan tanggapan responsif dan prediktif tanpa melupakan keamanan dan privacy level tinggi.