Android Auto Kini Bisa Dinikmati di Semua Mobil

Sekitar dua tahun yang lalu, Google secara resmi meluncurkan Android Auto. Tujuannya adalah untuk mengintegrasikan smartphone dengan mobil. Sejak kehadirannya hingga saat ini, sudah ada lebih dari 200 mobil baru yang mendukung Android Auto.

Sayangnya, penetrasinya tergolong lambat karena tidak semua orang bisa langsung mengganti mobil ke model yang baru hanya untuk menikmati Android Auto. Dan mobil-mobil model lama yang sangat banyak jumlahnya di dunia tidak kompatibel dengan platform tersebut.

Beruntung kini Google sudah menyiapkan solusinya. Baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa Android Auto sudah bisa dinikmati oleh pemilik mobil model apapun. Syaratnya? Si pengguna harus memiliki smartphone Android.

Aplikasi di Google Play Store

android-auto-1

Ya, solusi yang ditawarkan Google adalah dengan mengunduh aplikasi Android Auto yang sifatnya ‘standalone’ alias berdiri sendiri. Seperti biasa, pengguna smartphone Android bisa mengunduhnya lewat Google Play Store (untuk saat ini Indonesia belum tersedia).

svg%3E

Lewat aplikasi Android Auto, pengguna akan mendapatkan interface yang didesain khusus untuk mengemudi, dan mudah mengakses berbagai fitur yang dibutuhkan selama berkendara. Misalnya navigasi, musik, dan komunikasi. Dengan aplikasi ini pun pengguna tak perlu khawatir konsentrasinya selama mengemudi terganggu oleh fitur-fitur lainnya di smartphone yang tidak relevan.

Dua cara penggunaan

android-auto-2

Setelah mengunduh aplikasi Android Auto, pengguna bisa menikmatinya dengan cara meletakkannya di car mobile holder. Opsi lainnya adalah dengan menghubungkan langsung smartphone ke head unit mobil. Namun untuk cara yang satu ini, pengguna harus memastikan mobilnya termasuk dalam daftar yang kompatibel.

Jika mobil sudah memiliki koneksi bluetooth, aplikasi Android Auto akan otomatis aktif saat smartphone dan mobil telah terkoneksi.

Kehadiran Android Auto yang berjalan sebagai aplikasi standalone di smartphone tentunya sangat membantu para pengemudi yang ingin tetap terhubung dengan perangkatnya, namun belum memiliki mobil dengan platform tersebut. Kita tunggu saja kapan Android Auto akan meluncur di Tanah Air!

Verified by MonsterInsights