Nintendo Switch: Konsol Game Rumahan Sekaligus Portable

Mengakhiri rumor yang beredar sejak beberapa bulan yang lalu, Nintendo akhirnya secara resmi mengumumkan konsol game terbaru mereka. Sempat diberitakan akan bernama NX, Nintendo memastikan bahwa konsol ini disebut Switch.

Konsol rumahan sekaligus mobile

nintendo-switch-2

Satu hal yang membuat Nintendo Switch terlihat menarik adalah konsol ini merupakan perangkat hybrid. Artinya, gamer bisa memainkannya sebagai konsol rumahan seperti PS4 dan Xbox One, tapi bisa juga dibawa bepergian sebagai konsol portable layaknya 3DS.

Ketika difungsikan sebagai konsol portable, Nintendo Switch tampil mirip tablet dengan layar sekitar 7 inci, dan dibekali controller yang bisa dilepas atau dipasang di sisi kiri dan kanannya.

Yang menarik, controller ini bisa difungsikan sebagai satu unit controller yang utuh, maupun dibagi menjadi dua controller terpisah sehingga gamer bisa bermain dengan temannya dalam mode splitscreen.

Jika ingin bermain di rumah, gamer cukup membenamkan Switch pada sebuah docking khusus, lalu menghubungkannya ke TV. Serunya lagi, konsol tersebut bisa terkoneksi dengan Nintendo Switch milik gamer lain untuk bermain bersama menggunakan TV yang berbeda namun dalam satu ruangan yang sama.

Gandeng Nvidia

nintendo-switch-4

Untuk menciptakan Switch, Nintendo bekerjasama dengan Nvidia dengan membenamkan Tegra sebagai pendukung performa, yang sayangnya tidak dijelaskan seri apa yang digunakan. Namun dari trailer yang dirilis Nintendo, Switch terlihat mampu menyajikan kualitas visual yang cukup memukau.

Soal game, dari trailer yang sama gamer bisa berharap akan kehadiran versi terbaru dari The Legend of Zelda, Super Mario, dan Mario Kart, atau dari developer pihak ketiga yakni Skyrim serta NBA.

Nintendo sendiri sudah memastikan nama-nama besar di industri game seperti Activision, Atlus, Bethesda, Capcom, EA, Epic Games, Konami, PlatinumGames, Square Enix, Take-Two, dan Ubisoft akan siap mendukung ketersediaan game-game menawan di Switch. Perlu diketahui bahwa konsol ini menggunakan media berupa catridge, bukan disc.

Nintendo Switch rencananya akan meluncur ke pasaran pada Maret 2017 mendatang. Untuk saat ini, Nintendo belum bisa membocorkan berapa harga yang harus dibayarkan oleh gamer yang ingin memilikinya.

Verified by MonsterInsights