Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Samsung Galaxy J5 (2016)

Sesuai tradisi setiap tahunnya setiap vendor akan menghadirkan pembaruan lini produknya. Jika di segmen premium Samsung telah mengumumkan Samsung Galaxy S7 dan Note7, giliran di lini menengah Samsung yang mendapat pembaruan. Di review kali ini kami akan mengulas Samsung Galaxy J5 2016 yang dipersiapkan Samsung untuk bertarung di segmen menengah. Apakah Galay J5 2016 bisa mampu bersaing dengan para kompetitornya? Mari temukan jawabannya berikut ini..

Desain Premium
samsung-galaxy-j5-2016-1

Umumnya desain smartphone Samsung di kelas menengah dan entry hadir dengan desain yang cukup identik. Namun, secara perlahan tapi pasti Samsung kini mulai menyadari segi estetika pada smartphone juga wajib mendapat perhatian. Untuk itulah strategi baru yang dipasang Samsung untuk menarik minat konsumennya adalah dengan mengubah wajah Samsung Galaxy J5 2016.

Mengambil garis desain Samsung Galaxy A-Series, kesan premium langsung terlihat menonjol di smartphone ini. Penggunaan bezel logam dan garis desain bodinya yang lebih simetris membuatnya terlihat mewah dan elegan.
samsung-galaxy-j5-2016-7

Samsung belum merancangnya dengan desain unibodi. Baterai, slot kartu SIM dan kartu MicroSD bisa diakses dengan melepas penutup panel belakangnya yang terbuat dari plastik. Panel penutupnya ini sangat mudah dilepas pasang. Anda juga tidak perlu khawatir saat melepas pasang panel penutupnya karena memang material plastiknya cukup tebal.

Secara keseluruhan konstruksi bodi J5 2016 terasa kokoh dan bobotnya tergolong ringan. Saat digenggam tangan smartphone dengan layar 5.2 inci ini terasa pas dan tidak licin.
Penempatan tombol tidak ada yang berubah dan standar. Di bawah layarnya tombol fisik Home bisa ditemukan di bagian bawah yang diapit dua tombol kapasitif Back dan Menu. Sementara tombol power berada di sisi kanan dan tombol volume di sisi kiri bodi.

Layar amat baik
Seperti versi lawasnya, Samsung masih tetap mempertahankan layar Super AMOLED yang resolusinya 720p. Peningkatan cukup terlihat di bingkai layarnya yang kini dirancang lebih tipis. Walau layarnya belum Full HD, patut diakui tampilan dilayarnya amat baik. Layarnya ini mampu menyajikan visual yang tajam dan jelas dengan kontras dan warna yang amat baik.

samsung-galaxy-j5-2016-9

Untuk menyesuaikan kebutuhan, Samsung juga tidak ketinggalan menyediakan beragam mode pengaturan layar seperti misalnya basic, Photo dan Cinema untuk menonton film.
Satu kelemahan dari layarnya hanyalah agak sulit terlihat saat digunakan di bawah pencahayaan matahari yang sangat terik. Untuk mengatasi hal ini, Samsung telah menyediakan mode “Outdoor” yang cukup efektif mengatasi masalah tersebut dengan mendongkrak kecerahan layarnya ke tingkat maksimum selama beberapa saat.

Antarmuka standar, fitur cukup lengkap


Samsung Galaxy J5 2016 hadir dengan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow yang dipercantik dengan antarmuka Samsung Touch Wiz yang menjadi andalan Samsung. Kami tidak akan membahas banyak mengenai antarmukanya ini karena memang tampilannya masih terlihat sama dengan gaya minimalis dan desain ikon yang agak membulat. Walau begitu banyak fitur menarik yang bisa ditemukan langsung di smartphone ini. Salah satunya adalah S Bike.

samsung-galaxy-j5-2016-ui-5

Jumlah pengendara motor di Indonesia memang sangat banyak dan kebanyakan berada di segmen menengah dan menengah bawah. Jadi, tidak heran Samsung menyiapkan fitur ini dan menurut kami cukup efektif dan sesuai dengan segmen yang ingin disasarnya.

S Bike bisa membantu para pengendara motor untuk berkendara dengan aman. Saat mode ini aktif Anda tidak diperbolehkan menggunakan smartphone. Pada prakteknya fitur ini memang berhasil membantu kami lepas dari smartphone dan bisa tetap konsentrasi saat berkendara. Namun, bagi yang sangat sibuk dan sering menerima panggilan telepon fitur ini nampaknya akan kurang bermanfaat.

Samsung pun merangcangnya agar mudah digunakan. Dengan dukungan NFC Anda hanya perlu menempel sticker S Bike di motor. Saat ingin menggunakan mode ini smartphone hanya perlu ditempelkan ke stikernya dan mode ini akan aktif.

Saat S Bike aktif semua panggilan telepon yang masuk akan dijawab secara otomatis oleh mode ini dan hanya panggilan yang mendesak saja yang akan diinformasikan ke Anda selama berkendara.

S Bike juga menyediakan fitur Smart Reply. Fitur ini secara otomatis akan mengirimkan pesan ke orang di daftar kontak Anda yang berisi informasi perkiraan perjalanan Anda ketika mereka melakukan panggilan.

Selain S Bike masih banyak fitur menarik lain yang bisa ditemukan di smartphone ini. Untuk menghemat kuota data internet hadir fitur Ultra Data Saving. Sementara untuk menghemat penggunaan baterai, Samsung menyediakan fitur Power Saving dan Ultra Power Saving mode.

Selain beragam aplikasi bawaan Samsung seperti misalnya S Finder, S Planner, S Health dan S Lime, sejumlah aplikasi Microsoft yang komplit dari Word, Excel, OneNote, Skype hingga Powerpoint juga bisa ditemukan di sini untuk menunjang produktivitas. Yang terasa kurang, Samsung nampaknya melewatkan fitur sensor sidik jari meski fitur ini tengah menjadi tren di segmen smartphone kelas menengah.

Kamera memadai
Untuk mengabadikan momen Samsung melengkapinya dengan kamera belakang 13 megapixel dan lensa berdiafragma F1.9.

samsung-galaxy-j5-2016-8

Fitur kameranya memang tergolong standar dan relatif sedikit. Tapi hasil fotonya cukup tajam dengan kontras dan saturasi warna yang cukup baik di kondisi pencahayaan ideal. Kinerja autofokusnya juga cukup cepat. Di kondisi pencahayaan lowlight, kinerja fokusnya akan terasa sedikit lambat dan hasil fotonya memang akan mengalami penurunan terutama pada detil dan warna yang kurang konsisten.

20160910_142839

20160828_071520

20160911_153812

20160903_195147

Untuk selfie di bagian depan Samsung menghadirkan kamera depan 5 megapixel yang cukup memadai untuk memotret selfie. Dan dengan hadirnya dukungan LED Flash Anda pun kini bisa memotret selfie di kondisi pencahayaan yang minim.

Hasil foto lainnya dari Samsung Galaxy J5 2016 tanpa proses penyuntingan bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com di sini.

Performa Standar

Sektor dapu pacunya sedikit mendapat peningkatan dari versi lawasnya walau SoC Qualcomm Snapdragon 410 berkecepatan 1,2GHz tetap masih dipertahankan sebagai otaknya. RAM yang digunakannya kini meningkat menjadi 2GB dari 1.5GB yang digunakan versi lawasnya.

samsung-galaxy-j5-2016-ui-12

Secara keseluruhan kinerjanya cukup lumayan untuk beragam kebutuhan seperti push mail, chat, gaming hingga multimedia. Berpindah aplikasi dan navigasi menu bisa berlangsung mulus dan tidak terasa adanya sendatan atau lag. Saat mencoba bermain game dengan grafis yang cukup berat seperti misalnnya Asphalt 8, smartphone ini masih bisa menjalankannya dengan cukup baik meski lag memang agak sedikit terasa.

Baterai amat baik
samsung-galaxy-j5-2016-benchmark-1
Dengan baterainya yang berkapasitas 3100 mAh, Samsung Galaxy J5 2016 bisa tahan cukup seharian dengan pola pemakaian standar seperti browsing, bermain game, chat hingga push mail tanpa perlu repot membawa powerbank. Saat diuji dengan PCMark, daya tahan baterainya pun mencatatkan waktu sekitar 9 jam 20 menit.

Kesimpulan
Smartphone ini punya performa yang baik, fiturnya juga cukup lengkap dan fungsional di kelas harganya. Ditunjang dengan desain yang elegan, layar menawan, kamera yang cukup oke dan baterainya yang relatif tahan lama, Samsung Galaxy J5 2016 yang dibanderol RpRp 3.060.000 ini kami yakini akan mampu bersaing di segmen menengah. Walau begitu absennya fitur sensor pemindai sidik jari memang menjadi salah satu kelemahannya.

Yang Canggih
+ Baterai relatif tahan lama
+ Desain dan layar menawan
+ Tersedia NFC
+ Fitur variatif

Yang Kurang
– Belum dilengkapi sensor sidik jari
– Hasil foto di kondisi temaram kurang konsisten

Alternatif lain: Jika memerlukan sensor sidik jari sebagai pengaman tambahan di smartphone, Coolpad Max lite Rp2.859.000 bisa jadi pilihan. vivo V3 dan Huawei GR5 dengan performa yang lebih bertenaga dan dilengkapi sensor sidik jari dengan banderol harga 3 juta Rupiah juga bisa dijadikan pertimbangan. Namun, jika Anda mengincar hasil foto yang lebih baik OPPO F1s bisa dipilih dengan banderol harga Rp3.799.000.