Fresh from the oven: Video Review OPPO F11

Review Samsung Gear Fit 2

Perangkat wearable seperti smartwatch dan gelang kebugaran mulai membanjiri pasar Indonesia. Hingga saat ini sudah ada beberapa produsen yang membawa jagoannya ke Tanah Air untuk menarik minat pengguna yang ingin tampil gaya sekaligus canggih. Contohnya Samsung dengan Gear S2 dan Gear S2 Classic yang meluncur tahun lalu.

Di tahun 2016, Samsung kembali menawarkan wearable device yang menarik untuk pengguna di Indonesia. Bisa dibilang, produk yang satu ini tergolong unik karena statusnya yang seolah ingin menjembatani gap antara smartwatch dengan gelang kebugaran. Ya, kita sedang membicarakan Samsung Gear Fit 2.

Penasaran seperti apa? Simak ulasan kami berikut ini:

Desain khas gelang kebugaran

samsung-gear-fit2

Secara desain, penampilan Gear Fit 2 kurang lebih mirip dengan generasi pertamanya. Masih mengusung DNA dari sebuah fitness band, Gear Fit 2 memiliki bodi dan layar yang melengkung mengikuti pergelangan tangan. Bedanya, tidak ada lagi pinggiran bernuasa metal yang mengelilingi layar seperti pada Gear Fit pertama.

samsung-gear-fit2-float

Samsung Gear Fit 2 terlihat sporty dengan bodi yang didominasi bahan plastik. Ada dua tombol yang disediakan Samsung, satu sebagai tombol Back untuk kembali ke halaman sebelumnya, satu lagi tombol Power/Home yang juga berfungsi untuk mengakses menu.

Strap pada Gear Fit 2 berbahan semacam karet/silicone yang elastis dengan sedikit pattern agar nampak tidak polos. Strap ini sangat nyaman ketika bersentuhan dengan kulit, mudah ketika dipasang di pergelangan tangan, dan tidak mudah lepas meski ‘sistem pengunciannya’ tergolong sederhana. Seperti pada Samsung Gear S2, Anda juga dapat mengganti strap dengan mudah dan cepat.

Versi yang kami review hadir dalam balutan warna Dark Grey. Selain warna ini, Samsung juga menyediakan warna Biru. Ukurannya pun bisa dipilih antara S dan L untuk disesuaikan dengan besar pergelangan tangan Anda. Walaupun berbeda ukuran strap, ukuran layar pada size S dan L tetap sama.

Gear Fit 2 sudah memiliki sertifikasi IP68 yang artinya anti air sedalam 1,5 meter selama 30 menit. Walaupun demikian, kami tidak merekomendasikan Anda untuk mengenakan Gear Fit 2 saat berenang.

Layar menawan, performa mulus

Dibandingkan dengan gelang kebugaran kebanyakan, layar sentuh pada Gear Fit 2 menjadi fitur yang membuatnya terlihat lebih menggiurkan. Berbekal teknologi Super AMOLED, Samsung membenamkan layar melengkung berukuran 1,58 inci dengan resolusi 432 x 216 pixel yang memanjakan mata.

samsung-gear-fit-2-9

Ukurannya memang sedikit lebih kecil dibanding generasi sebelumnya yang menawarkan 1,84 inci. Meski begitu, dengan 322 pixel per inch, layar Gear Fit 2 nampak lebih tajam dan keluaran warnanya lebih kaya. Tak ketinggalan, Samsung melapisi layar ini dengan Corning Gorilla Glass 3 yang secara teori mampu melindungi dari goresan serta tidak mudah retak.

Layar ini telah mendukung wake up gesture. Artinya, layar akan menyala ketika Anda menggerakkan tangan ke posisi layaknya orang yang ingin melihat jam tangan. Ketika tangan Anda turun, layar otomatis mati kembali. Tentunya, Anda tetap bisa mengatur apakah fitur ini ingin tetap aktif atau tidak.

Penggunaan di bawah sinar matahari pun masih lumayan nyaman. Anda bisa mengatur tingkat kecerahannya sesuai kebutuhan dan pengaturannya bisa diakses dengan mudah melalui jendela yang Anda tarik dari atas ke bawah layaknya membuka jendela notifikasi pada smartphone Android. Sayangnya, Gear Fit 2 belum memiliki pengaturan kecerahan otomatis sehingga Anda harus menyesuaikannya sendiri secara manual.

gear-fit2_gps_visual

Untuk urusan performa, dukungan prosesor dual-core 1GHz dan RAM 512MB sudah mampu menyajikan kinerja yang mulus dan gesit. Anda dapat masuk dan berpindah ke berbagai aplikasi secara cepat tanpa kendala berarti. Selain itu, Gear Fit 2 juga menggunakan sistem operasi yang sama dengan Gear S2, yakni Tizen.

Anda bisa menghubungkan Gear Fit 2 dengan smartphone berbasis Android 4.4 ke atas yang memiliki RAM minimal 1.5 GB. Sayangnya untuk saat ini, Samsung belum memberikan akses kepada mereka yang menggunakan perangkat iOS seperti iPhone.

Fitur Fitness Tracker cukup komplit

Seperti disebutkan di atas, Gear Fit 2 seolah ingin menjadi penghubung jarak antara gelang kebugaran dengan smartwatch. Karena itu, Anda bisa menemukan berbagai fitur pendeteksi aktivitas tubuh yang umum ditemui pada gelang kebugaran.

gear-fit2-fitness-widget

Disebut GPS Sport Band, Gear Fit 2 dibekali sensor yang lengkap mulai dari built-in GPS, Heart Rate monitor (detak jantung), Accelerometer, Gyro, dan Barometer. Hasilnya, Gear Fit 2 dapat mendeteksi langkah kaki Anda. Anda pun bisa mengetahui informasi seperti detak jantung ketika beristirahat atau berolahraga, berapa kalori yang dibakar, dan waktu tidur.

Perangkat ini juga dapat digunakan untuk mendukung kegiatan lainnya seperti berlari, bersepeda, hiking, pilates, yoga, dan masih banyak lagi. Karena memiliki GPS secara built-in, Anda tak perlu selalu membawa smartphone Anda ketika melakukan kegiatan-kegiatan tersebut.

Anda pun bisa mengatur target dari aktivitas yang Anda lakukan. Misalnya berapa lama durasinya, berapa target kalori yang terbakar, maupun berapa jarak yang ingin ditempuh. Saat Anda sedang tidak berolahraga, Gear Fit 2 akan bergetar sebagai peringatan jika Anda terlalu lama duduk atau kurang bergerak.

 

Yang kurang adalah, fitur untuk menghitung jumlah lantai yang telah dinaiki seringkali tidak akurat. Ketika Anda menggunakan lift atau eskalator, Gear Fit 2 tetap menghitungnya sebagai pencapaian menaiki anak tangga.

Notifikasi dari aplikasi pihak ketiga

Beberapa fungsi dari smartwatch yang hadir pada Samsung Gear S2 bisa Anda temui di Gear Fit 2. Mengganti dan memodifikasi Watch Face bukan perkara sulit. Untuk fungsi yang satu ini, Anda bisa memilih beberapa watch face bawaan dari Samsung atau mengunduhnya lagi secara gratis dan berbayar.

samsung-gear-fit-2-10

Selain itu, Gear Fit 2 bisa menampilkan notifikasi seperti panggilan telepon dan SMS, ataupun dari aplikasi pihak ketiga misalnya WhatsApp, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Pesan yang masuk dapat langsung dibalas menggunakan Quick Messages yang sayangnya pilihannya sangat terbatas.

Untuk urusan aplikasi, bisa dibilang Gear Fit 2 hanya dibekali aplikasi-aplikasi dasar seperti stopwatch dan find my phone. Jumlah aplikasinya memang terbatas karena beberapa aplikasi yang kompatibel dengan Gear S2 tidak bisa ditanamkan di Gear Fit 2.

Walaupun demikian, untuk hiburan Anda dapat memanfaatkan aplikasi Music Player di Gear Fit 2 untuk memutar lagu yang ada di smartphone, maupun lagu-lagu yang tersimpan pada memori internal 4 GB yang dimilikinya.

Baterai untuk 3 hari

Gear Fit 2 mungkin bukan merupakan fitness band dengan daya tahan baterai paling baik di pasaran. Tak heran karena perangkat wearable ini memiliki banyak fungsi layaknya smartwatch. Layarnya yang tajam pun turut berperan dalam menguras daya baterai.

Meski begitu, dengan baterai 200 mAh Samsung Gear Fit 2 bisa digunakan selama kurang lebih 3 hari dengan kondisi selalu terhubung ke smartphone, semua notifikasi aktif, dan tingkat kecerahan layar di level 4. Sementara jika GPS selalu aktif, daya tahannya hanya mencapai 9 jam. Waktu untuk mengisi ulang baterai hingga 100 persen membutuhkan sekitar 1,5 jam (kami menggunakan charger 1A).

Jika dibandingkan dengan smartwatch kebanyakan, Gear Fit 2 tergolong memiliki daya tahan baterai yang baik. Tapi jika diadu dengan sesama fitness band, sektor baterai pada Gear Fit 2 bisa dibilang bukan daya tarik utama.

Kesimpulan

Samsung memang tak pernah main-main dalam menghadirkan produk terbaru di pasaran. Meski ranah wearable di Indonesia belum terlihat mengalami peningkatan popularitas yang pesat, peluncuran Gear Fit 2 tetap menjadi bukti bahwa Samsung optimis menggaet hati banyak pengguna.

samsung-gear-fit-2-dark-grey

Secara keseluruhan Gear Fit 2 adalah perangkat wearable yang lumayan komplit. Anda bisa memanfaatkan berbagai fungsinya sebagai gelang kebugaran untuk mendeteksi aktivitas selama berolahraga, namun juga dapat menikmati beberapa fitur yang biasa ditemui pada smartwatch. Layarnya yang menawan menjadi keunggulan utama yang jarang ditemui di sebagian besar fitness band lainnya.

Dibanderol Rp2.499.000, Samsung Gear Fit 2 cocok bagi pengguna yang membutuhkan sebuah fitness band sporty untuk beraktivitas, namun tetap ingin terhubung dan tidak mau melewatkan notifikasi yang masuk ke smartphone.

Kabar baik bagi Anda yang berminat, selama periode promo hingga 25 September 2016, Blibli.com menawarkan pre-order Samsung Gear Fit 2 dengan cashback hingga Rp400.000 untuk pembelian menggunakan cicilan dari bank-bank ternama. Agar lebih jelas langsung saja klik tautan berikut ini.

Yang Canggih:

+ Desain sporty dan nyaman dipakai
+ Anti air dengan sertifikasi IP68
+ Layar Super AMOLED yang melengkung dan menawan
+ Fitur fitness tracking cukup komplit
+ Built-in GPS
+ Bisa menampilkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga, sekaligus membalas pesan
+ Pilihan watch face cukup banyak dan bervariasi

Yang Kurang:

– Fitur untuk menghitung jumlah lantai yang dinaiki (Floors) tidak akurat
– Belum mendukung perangkat iOS
– Ketersediaan aplikasi masih sangat terbatas