Tawarkan Gaming 4K dan Fitur HDR, Sony Umumkan PlayStation 4 Pro

Sony akhirnya secara resmi memperkenalkan varian terbaru dari konsol gaming andalan mereka, PlayStation 4. Sempat dikabarkan menggunakan nama PlayStation 4 Neo, melalui event PlayStation Meeting dipastikan bahwa nama dari varian anyar ini adalah PlayStation 4 Pro. Lalu, apa yang membedakannya dengan versi original dari PS4?

Desain yang sedikit berbedaplaystation-4-pro-2

Dari penampilannya saja langsung terlihat bahwa PS4 Pro terlihat berbeda. PS4 Pro memiliki ‘lapisan tiga susun’ atau bertambah satu dibanding pendahulunya. DNA dari PS4 versi original masih terasa.

Bagian atasnya kini nampak lebih sederhana dengan hanya menyajikan logo PlayStation. Berbagai port yang tersedia tersusun rapi di bagian belakang dalam satu ruangan yang sama.

playstation-4-pro-4

Gaming di resolusi 4K dan fitur HDR

Menyandang nama Pro tentunya menandakan konsol baru ini hadir dengan hardware yang lebih bertenaga. Menurut Sony, CPU yang digunakan 1,3 lipat lebih kencang, sementara GPU-nya meningkat 2 kali lipat. Memory yang dibenamkan adalah GDDR5 8 GB dengan storage 1 TB.playstation-4-pro-1Tujuannya tak lain untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih baik dengan resolusi hingga 4K, serta frame rate yang lebih smooth dan stabil. Sony mengklaim, game pada PS4 Pro akan menampilkan visual yang jauh lebih kaya dengan detail yang lebih tajam.

Tak hanya itu, PS4 Pro juga mendukung fitur High Dynamic Range (HDR) yang menjanjikan tampilan lebih nyata. Untuk fitur yang satu ini, gamer yang memiliki versi original dari PS4 tak perlu berkecil hati karena nantinya akan ada update yang membawa fitur tersebut ke konsol mereka.

Beberapa judul game yang akan meluncur ke pasaran dipastikan akan hadir dengan dukungan penuh terhadap fitur-fitur di PS4 Pro. Sebut saja Call of Duty: Infinite Warfare, Horizon: Zero Dawn, Mass Effect: Andromeda, Days Gone, dan masih banyak lagi.

Namun jika gamer belum memiliki TV yang mendukung 4K atau HDR, memainkan PS4 Pro di TV 1080p tetap dapat merasakan peningkatannya. Misalnya game akan berjalan dengan frame rate yang lebih tinggi dan stabil.

PlayStation 4 Pro dijadwalkan akan meluncur ke pasaran pada 10 November 2016 dengan banderol US$399 atau sekitar 5,2 juta rupiah. Selain PS4 Pro, Sony juga mengumumkan ketersediaan versi yang lebih ramping dengan nama PS4 Slim.

Verified by MonsterInsights