Aplikasi Video Call Google Duo Resmi Dirilis

Google akhirnya resmi meluncurkan aplikasi video call terbarunya yang diberinama Duo. Seperti diketahui, Google Duo diluncurkan untuk dua platform terpopuler di dunia, yakni Android dan iOS, dan bisa diunduh secara gratis.

Antarmuka yang sederhana

Google Duo

Google Duo dikembangkan dengan antarmuka yang sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh siapa pun. Untuk memulainya, pengguna hanya membutuhkan nomor telepon yang dituju dan bisa langsung mengaksesnya dari daftar kontak.

Tidak ada akun terpisah yang harus dibuat. Proses registrasinya pun sangat sederhana. Dengan sekali tap saja, pengguna sudah bisa langsung menghubungi teman dan keluarganya melalui panggilan video.

Cepat walaupun internet lambat

Google mengklaim bahwa Duo bisa memberikan pengalaman video call yang cepat meski pengguna berada di jaringan internet yang lambat. Kualitas panggilan video akan otomatis menyesuaikan kondisi jaringan penggunanya.

Ketika bandwidth sangat terbatas, Google Duo langsung menurunkan resolusi dari video agar komunikasi tetap lancar. Duo juga bisa beralih dari koneksi WiFi ke cellular data secara otomatis tanpa harus memutuskan panggilan terlebih dahulu. Artinya, pengguna bisa memulai panggilan video dengan WiFi di rumah sebelum bepergian dan terus melanjutkannya hingga tiba di lokasi tujuan.

Dibekali fitur Knock-knock

Salah satu fitur yang membuatnya berbeda dengan aplikasi video call lainnya adalah Knock-Knock. Fitur ini memungkinkan si penerima telepon untuk melihat terlebih dahulu apa yang sedang dilakukan oleh si penelepon.

Dengan fitur Knock-Knock, orang yang menerima panggilan video setidaknya dapat mengetahui alasan mengapa orang tersebut menelepon lewat video call, lalu memutuskan apakah panggilan video tersebut penting untuk diterima atau tidak.

Google Duo saat ini sudah bisa diunduh di Play Store atau App Store di beberapa negara di dunia. Ketika tulisan ini dibuat nampaknya pengguna di Indonesia masih harus sedikit bersabar. Google menjelaskan bahwa dalam beberapa hari ke depan Duo akan tersedia secara global.

Verified by MonsterInsights