Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Acer Predator 17 X (GX-791)

Seri Predator di jajaran laptop Acer memang layak ditujukan untuk para gamer kelas enthusiast. Bagaimana tidak, hardware yang dibenamkan sangat bertenaga dan sanggup menjalankan game-game kelas berat terbaru dengan frame rate yang tinggi.

Salah satunya adalah Acer Predator 17 X (GX-791), varian berbeda dari seri Predator yang pernah kami review beberapa waktu yang lalu, yakni G9-791. Perbedaan paling mencolok dari keduanya adalah Acer Predator 17 X menggunakan kartu grafis yang lebih gahar.

Ingin tahu seperti apa performa dan fitur-fiturnya? Simak ulasannya berikut ini:

Desain tetap keren dan pastinya, tetap bongsor

Acer Predator 17 GX-791 (11)Secara desain tidak ada perbedaan yang berarti antara GX-791 dengan G9-791. Bahkan bisa dibilang, sangat mirip. Acer tetap menawarkan tampilan khas perangkat gaming yang gagah berbalut warna hitam yang dominan dan dipadukan dengan sedikit ornamen warna merah di beberapa sisi. Karena materialnya sama dengan saudaranya, maka Acer Predator 17 X (GX-791) pun mudah kotor oleh sidik jari.

Berlayar 17 inci dan dibekali hardware serta fitur kelas atas, tak heran kalau Acer Predator 17 X (GX-791) menjadi bongsor dan pastinya berat. Menurut data dari website Acer, bobot laptop ini mencapai 4,5 kilogram. Tentunya tidak nyaman jika digendong di dalam tas untuk waktu yang lama.

Acer Predator 17 X (GX-791) memiliki 4 port USB 3.0 yang terbagi masing-masing dua di sisi kiri dan kanan, port Thunderbolt 3 combo, Display port, HDMI, dan Ethernet. Namun kali ini Acer tak menyediakan optical drive.

Sementara di belakang, Anda kembali akan menemukan lubang ventilasi yang menurut kami letaknya sangat baik agar pembuangan panas tidak mengganggu. Namun berbeda dengan Acer Predator 17 G9-791, versi yang kami review ini tidak hadir dengan Predator Frostcore, kipas tambahan garapan Cooler Master yang bisa disisipkan lewat slot optical drive.

Keyboard dilengkapi tombol macro

Acer Predator 17 GX-791 (1)

Acer Predator 17 X (GX-791) menyediakan full-sized keyboard bergaya chiclet. Tombol WASD disajikan dalam balutan warna merah di sekelilingnya. Selain itu, Acer juga menyediakan beberapa tombol macro yang bisa diatur sesuai kebutuhan melalui software PredatorSense. Pastinya, sensasi mengetik maupun bermain game yang ditawarkan oleh keyboard ini tetap mantap dan nyaman.

Acer Predator 17 GX-791 (2)

Acer juga masih membenamkan tombol khusus untuk menonaktifkan touchpad. Sangat membantu ketika Anda sedang bermain game dan tak ingin touchpad tersentuh secara tidak sengaja.

Layar mantap, audio dengan 4 speaker dan subwoofer

Sama seperti G9-791, Acer Predator 17 X (GX-791) juga menggunakan layar 17 inci dengan resolusi Full HD. Meski begitu, menurut kami dengan hardware pendukung performa yang tertanam di dalamnya, akan lebih menarik jika resolusi yang ditawarkan lebih tinggi dari Full HD.

Audionya sendiri terdengar menggelegar berkata adanya 4 buah speaker dan satu subwoofer serta dukungan fitur Dolby Audio. Jernih dan bertenaga. Perpaduan layar dan audio ini membuat Acer Predator 17 X (GX-791) menjadi perangkat yang cocok untuk digunakan menikmati konten multimedia.

Performa gaming sangat memuaskan

Inilah sektor yang membedakan Acer Predator 17 X (GX-791) dengan saudaranya yakni G9-791. Acer menanamkan prosesor Intel Core i7 6820HK berkecepatan 2.7 GHz dan ditemani kartu grafis Nvidia GeForce GTX 980 dengan VRAM 8 GB GDDR5. Ya, GTX 980 tanpa M!

Fallout 4

Tak hanya itu, Acer Predator 17 GX-791 juga dibekali RAM 32 GB DDR4. Kinerjanya terasa semakin cepat karena ruang penyimpanan data yang tersedia sudah menggunakan SSD 512 GB. Jika masih kurang, Anda bisa menyimpan file-file berukuran besar di HDD 1 TB.

Dengan spesifikasi di atas, tak heran jika laptop ini mampu menyajikan performa gaming yang sangat memuaskan. Kami pun mencoba memainkan beberapa game berat yang semuanya berjalan di resolusi 1920 x 1080. Berikut hasilnya:

PredatorSense

(catatan: walaupun Acer Predator 17 GX-791 memiliki fitur Predator Sense yang mampu meningkatkan kinerja laptop dengan mengubah mode ke Faster dan Turbo, kami tetap memainkan game di setting Normal) 

1. Call of Duty Black Ops 3: Berjalan dengan setting Extra yang merupakan pengaturan paling tinggi, game dengan genre First-Person Shooter ini cukup stabil di 90 hingga 100an fps.

2. Project CARS: Game racing ini kami atur ke setting High yang akan menampilkan visual luar biasa. Ternyata, frame rate yang didapat pun tetap tinggi dan nyaman untuk bermain, yakni di kisaran 70 hingga 80an fps.

3. Fallout 4: Sebagai salah satu game Open-World yang cukup berat, Fallout 4 mampu berjalan di frame rate 80 hingga 90an di setting Ultra. Meski begitu, ketika adegan peperangan dengan NPC (Non-Playable Character) yang ramai, terkadang fps turun ke 70an. Masih dalam kisaran yang sangat nyaman untuk dimainkan.

4. Grid Autosport: Pada setting Ultra, kami mendapat rata-rata fps di angka 103.77.

Grid Autosport setting Ultra

Yang lebih menarik, sistem pembuangan panas di Acer Predator 17 X (GX-791) bekerja sangat baik. Pada kondisi menjalankan game yang membutuhkan kinerja komputasi tinggi, suhu yang tercatat berada sekitar 70 hingga 80 derajat. Bagian palm rest dan area sekitar keyboard tidak terasa panas sama sekali. Ini membuat Anda akan tetap merasa nyaman saat bermain game selama berjam-jam.

Tidak hanya untuk gaming, spesifikasi di atas juga sanggup untuk mendukung pekerjaan-pekerjaan berat seperti editing foto dan video, maupun rendering 3D. Untuk lebih menggambarkan performa dari laptop ini, berikut hasil dari beberapa software benchmark yang kami jalankan:

Baterai 8-cell

Laptop gaming memang rakus daya. Tak heran jika Acer Predator 17 X (GX-791) hanya bertahan sekitar 2 hingga 2,5 jam untuk bermain game dengan menggunakan baterai 8-cell berkapasitas 6000 mAh. Namun jika Anda menggunakannya untuk mengetik diselingi berselancar di dunia maya, laptop ini bisa menyala hingga 4 sampai 4,5 jam. Masih tergolong lumayan untuk sebuah laptop gaming.

Kesimpulan

Acer Predator 17 GX-791 (9)

Sebagai versi dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibanding G9-791, tak dapat dipungkiri bahwa Acer Predator 17 X (GX-791) adalah salah satu laptop gaming dengan performa paling bertenaga yang ada di pasaran saat ini.

Perpaduan hardware yang dibenamkan mampu menangani game-game kelas berat terbaru. Layarnya yang lebar dan audio yang bertenaga pun menjadi nilai plus tersendiri. Secara keseluruhan, Acer Predator 17 X (GX-791) adalah sebuah laptop yang komplit baik untuk hiburan maupun pekerjaan yang membutuhkan performa komputasi tinggi.

Dibanderol di atas 30 jutaan rupiah, Acer Predator 17 X (GX-791) adalah pilihan paling menarik bagi Anda yang mencari laptop gaming dengan performa yang tak kalah dengan desktop.

Yang Canggih:

+ Performa gaming sangat memuaskan
+ Tidak terasa panas di palm rest atau keyboard ketika bermain game
+ Desain tetap keren khas perangkat gaming
+ Layar lebar dan memanjakan mata
+ Audio bertenaga berkat 4 speaker dan subwoofer
+ Keyboard nyaman untuk bermain game maupun mengetik
+ Keyboard dilengkapi tombol macro
+ Ada tombol khusus untuk menonaktifkan touchpad

Yang Kurang:

– Bodi bongsor dan berat, bahkan charger-nya pun berukuran besar
– Permukaan laptop mudah kotor oleh sidik jari

Alternatif Lain:

Seperti disebutkan di atas, Acer juga memiliki versi Predator lainnya yakni G9-791. Dengan harga 30 juta rupiah, laptop ini juga menawarkan performa gaming mumpuni dan telah dibekali Predator Frostcore untuk mendukung sistem pendingan.

Ada pula Asus ROG Strix GL-502VT jika Anda termasuk gamer yang menginginkan laptop dengan desain ramping dan tipis. Asus membanderolnya di harga Rp25.299.000.

Bagi yang memiliki budget lebih rendah, ada alternatif lain yakni Lenovo IdeaPad Y700. Dibanderol Rp20.799.000, Y700 merupakan salah satu laptop gaming dengan harga kompetitif dan masih menawarkan performa yang sanggup menangani game terbaru.

Back to top button