Quantcast
KomputerNewsPC Desktop

Rilis di Indonesia, AMD Radeon RX 480 Tawarkan Performa Gaming dan VR Premium di Harga yang Terjangkau

Sejak diperkenalkan secara global beberapa waktu yang lalu, AMD Radeon RX 480 sangat menarik perhatian para gamer PC di seluruh dunia. Bagaimana tidak. AMD Radeon RX 480 mampu memberikan performa yang mumpuni untuk gaming maupun VR di rentang harga yang sangat menggiurkan.

Melalui acara peluncuran di Jakarta, Selasa (19/7), AMD akhirnya meresmikan kehadiran kartu grafis berbasis aristektur Polaris dengan teknologi 14nm FinFET ini di Indonesia.

Launching AMD Radeon RX Series (4)

VR yang lebih terjangkau dan konsumsi daya yang efisien

Dengan banderol US$199 untuk versi 4 GB dan US$239 untuk versi 8 GB, AMD menjanjikan bahwa Radeon RX 480 sanggup untuk diajak menjalankan game-game kelas atas secara maksimal. Bahkan, untuk konten Virtual Reality yang dikenal sangat berat pun bisa difasilitasi.

Berbekal teknologi Liquid VR, AMD menyebut Radeon RX 480 adalah solusi paling terjangkau untuk pengalaman VR premium dengan headset Oculus Rift maupun HTC Vive.

Launching AMD Radeon RX Series (1)

Arsitektur Polaris (Graphics Core Next generasi ke-4) sendiri terbilang revolusioner. Melalui fabrikasi 14nm FinFET, Radeon RX 480 mampu memberikan lebih dari 15 persen performa per compute unit dan tenaga hingga 5,8 triliun perhitungan dalam satu detik.

Tidak hanya menawarkan performa yang bertenaga sebagai VGA kelas mainstream, Radeon RX 480 juga menawarkan efisiensi daya yang lebih baik. Dengan graphic card power sebesar 150 watt, kartu grafis ini memiliki rasio hingga 2.8x performance per watt dibandingkan AMD Radeon R9 200 series.

Teknologi yang future-proof

AMD menjelaskan bahwa Radeon RX 480 unggul ketika menjalankan game di DirectX 12 maupun game yang berbasis Vulkan API. Dikombinasikan dengan AMD Freesync Technology, gamer dapat menikmati framerate yang lancar pada resolusi 1440p di hampir semua game populer.

Launching AMD Radeon RX Series (5)

Kartu grafis ini juga memiliki teknologi display dan video generasi berikutnya. Sebut saja HDMI 2.0b, DisplayPort 1.3 HBR3, dan DisplayPort 1.4. Berbekal decoder video terbaru, pengguna dapat menikmati film HDR yang jernih menggunakan 10-bit HEVC, accelated H.264 dari video streaming seperti Twitch, accelerated VP9 dari YouTube, dan panggilan video yang tajam memanfaatkan HEVC dan MJPEG pada aplikasi Skype. Yang lebih menarik, Radeon RX 480 juga sanggup mendukung resolusi 5K di 60Hz.

Radeon RX 470 dan RX 460 segera menyusul

Tidak hanya memamerkan RX 480, di kesempatan yang sama AMD tak lupa memperkenalkan duo Polaris lainnya yakni RX 470 dan RX 460. Khusus untuk nama yang disebut belakangan, AMD mengajak gamer untuk mencoba menjalankan game Overwatch dengan resolusi 2K di setting High.

Radeon RX 460
Radeon RX 460

Hasilnya cukup mengejutkan karena Overwatch dapat berjalan di framerate yang amat baik dan mulus. Menurut AMD, Radeon RX 460 memang ditujukan sebagai solusi yang efisien untuk eSports Gaming. Sayang, belum ada kepastian kapan kartu grafis murah ini akan meluncur di Indonesia.

Back to top button