Nissan Pro Pilot: Teknologi Berkendara Otomatis yang Aman dan Pintar

Pabrikan mobil asal Jepang, Nissan, nampaknya tidak ingin ketinggalan dengan tren mobil yang bisa berkendara otomatis. Ini dibuktikan dengan diumumkannya Pro Pilot, teknologi berkendara otomatis miliknya.

Nissan pro pilot-2

Nissan Pro Pilot diklaim Nissan akan sangat bermanfaat saat berkendara di kemacetan atau jalan tol. Cocok untuk Anda yang gemar bekendara jarak jauh atau sering terjebak macet di jalanan.

Nissan-ProPilot-Serena-1

Nissan Pro Pilot memanfaatkan kamera yang menempel di bagian atas kaca depan untuk membaca kondisi jalan, Engine Control Modul (ECM), Electronic Power Steering (EPS), ECU Advanced Driver Assistance System (ADAS), Vehicle Dynamic Control (VDC) yang berfungsi untuk kendali pengereman, dan rem tangan elektronik. Dengan kolaborasi semua komponen tersebut fitur ini mampu menganalisa kondisi jalanan dan mengidentifikasi garis pembatas yang ada di aspal sehingga dapat bekerja menjaga sistem akselerasi, pengereman dan kendali mobil secara otomatis.

Meski otomatis, Nissan menegaskan teknologi Pro Pilot belum sepenuhnya otomatis dan hanyalah fitur pendukung untuk pengendara. Nissan Pro Pilot bukan dirancang sebagai pengganti pengendara. Pasalnya, untuk menikmati fitur ini pengendara harus mengaktifkannya lewat tombol kendali yang ada di stir kemudi. Pengendara pun masih tetap wajib mengambil peran kemudi dan bisa langsung menyetir kembali secara manual untuk menjaga aspek keselematan berkendara.

Nissan Pro Pilot direncanakan akan memulai debut perdananya di mobil Nissan Serena terbaru yang akan meluncur bulan Agustus nanti. Jika hadir di Indonesia, nampaknya teknologi ini akan sangat bermanfaat untuk mengurangi stress saat terjebak di kondisi jalanan Jakarta yang super macet. Setuju?

Verified by MonsterInsights