Quantcast
Foto & VideoKamera MirrorlessNews

Hasselblad X1D: Kamera Mirrorless dengan Sensor Medium Format Pertama di Dunia

hasselblad X1D-1

Dengan mengusung jargon “Game Changer”, Hasselblad kembali mendobrak dunia fotografi digital dengan mengumumkan Hasselblad X1D. Inilah kamera mirrorless pertama di dunia yang menggunakan sensor medium format.

Sistem modular dari kamera medium format Hasselblad H6D
Sistem modular dari kamera medium format Hasselblad H6D

Sesuai jargon “Game Changer” yang diusungnya, Hasselblad X1D memang sangat inovatif. Setidaknya, kemunculannya ini bisa membuktikan kamera medium format yang bersistem modular dan punya bodi bongsor kini mampu dikemas dengan wujud yang lebih praktis.

Sama-sama memiliki sensor medium format 50 megapixel. Perbandingan sistem kamera Hasselblad H6D-50C dan Hasselblad X1D.
Sama-sama memiliki sensor medium format 50 megapixel. Perbandingan sistem kamera Hasselblad H6D-50C dan Hasselblad X1D.

Lewat Hasselblad X1D, Hasselblad memang nampaknya ingin semua orang akan bisa memiliki kamera medium format yang lebih ringkas. Bobotnya yang hanya 725gram termasuk baterai pun lebih ringan dari kamera medium format konvensional.

hasselblad X1D-4

Masuk ke sektor spesifikasinya, Hasselblad X1D dibekali dengan sensor CMOS Medium Format yang resolusinya 50 megapixel. Sensornya ini menjanjikan cakupan dynamic range hingga 14 stop dan pengaturan ISO maksimum hingga 25600. Selain bisa menghasilkan foto dengan resolusi tinggi, kamera ini pun bisa digunakan untuk merekam video di resolusi Full HD 30p.

hasselblad X1D-3

Tidak terlalu mengejutkan dengan desain yang lebih kompak, Hasselbald X1D juga hadir dengan mount lensa baru yaitu X-Mount. Lensa yang nantinya kompatibel dengan Hasselblad X1D ini adalah varian lensa baru bernama XCD. Untuk saat ini Hasselblad baru merilis 2 lensa XCD bersamaan dengan Hasselblad X1D. Diantaranya lensa 45mm f/3.5 dan 90mm f/4.5. Kendati demikian, kamera ini tetap bisa kompatibel dengan 12 koleksi lensa dengan mounting H dari Hasselblad namun harus menggunakan adapter tambahan.

hasselblad X1D-a5

Di sektor eksterior, bodi Hasellbald X1D datang dengan fitur tahan cuaca dan debu. Jadi Anda tidak perlu khawatir membawanya saat memotret di luar ruangan. Di bagian atas tersedia hot shoe yang kompatibel dengan flash Nikon, belakangnya bisa ditemukan layar sentuh LCD 3 inci dan jendela bidik elektronik. Selain itu, di bodinya ini juga telah dilengkapi 2 slot kartu memori SD, GPS, WiFi, USB 3.0 Type C, dan mini HDMI.

Lalu mungkin Anda bertanya apa keunggulannya dari kamera dengan sensor medium format? Seperti yang kita ketahui, fotografi sangat erat kaitannya dengan cahaya. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat. Di kamera digital sensorlah yang bertugas untuk menangkap cahaya menggantikan rol film di kamera lawas.

Perlu diketahui sensor medium format pada umumnya memiliki ukuran yang 1.7x lebih besar dari kamera dengan sensor full frame. Secara otomatis, semakin besar ukuran sensor maka akan semakin baik pula kualitas foto yang bisa dihasilkan karena kamera mampu menangkap cahaya yang lebih banyak.

Artinya, kamera dengan sensor medium format punya beberapa keunggulan. Diantaranya, kamera bisa menghasilkan foto yang lebih minim noise di pengaturan ISO tinggi sekalipun. Dynamic range atau cakupan tingkat gelap terang yang bisa ditangkap sensor pun akan semakin baik. Selain itu, dengan ukuran sensor lebih besar dan mengemas jumlah pixel yang lebih banyak, kamera dengan sensor medium format tentu saja akan mampu menghasilkan foto resolusi tinggi yang sangat sempurna untuk pencetakan dalam ukuran besar seperti billboard. Atau, jika Anda ingin melakukan crop pada foto hasilnya pun bisa tetap terlihat tajam dan tidak pecah.

Setelah Sony yang berhasil melahirkan segmen baru dengan jajaran kamera mirrorless full frame miliknya, Hasselblad X1D kini secara resmi membuka segmen baru kamera mirrorless dengan sensor medium format di pasaran. Sebagai pelopor di segmen ini Hasselblad tidak ragu-ragu menjual Hasselblad X1D dengan harga mencapai US$8995 hanya bodinya saja. Atau tersedia juga opsi US$11,290 kit dengan lensa 45mm f/3.5 dan US$13,985 dengan lensa 45mm f/3.5 dan 90mm f/4.5. Berminat?

[table] Spesifikasi; Hasselblad X1D
Sensor; CMOS Medium format (44x33mm)
Autofocus; Contrast Detect (sensor), Multi-area, Center, Selective, single-point, Tracking, Single, Continuous, Touch, Face Detection, Live View
Lens mount; Hasselblad X-Mount
Layar; Layar sentuh 3-inci, 920.000 titik
Viewfinder; Elektronik, 2.360.000 titik
Video; Full HD 1920 x 1080 pixel 30p
Kartu memori; Dual SD/SDHC/SDXC slots
Konektivitas; USB 3.0 type C, mini HDMI, WiFi
GPS; YA
Baterai; 3200 mAh
Bobot; 725gram
Dimensi; 150 x 98 x 71 mm
[/table]
Back to top button