Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Apple Resmikan iOS 10, Inilah Fitur-fitur Terbarunya

Apple secara resmi mengumumkan versi terbaru dari sistem operasi mereka, yakni iOS 10. Seperti pada versi-versi sebelumnya, iOS 10 hadir dengan banyak fitur anyar. Bahkan Apple menyebut peluncuran iOS 10 merupakan yang terbesar sejauh ini. Apa saja fitur barunya?

Pesan yang lebih personal dan ekspresif

Di iOS 10, Apple menghadirkan aplikasi Messages menjadi lebih ekspresif dan menyenangkan dengan menambahkan animasi dan fitur yang lebih personal. Beberapa animasi yang tersedia misalnya balon dan kembang api yang bisa digunakan ketika merayakan sesuatu.

Pengguna juga bisa mengirim pesan menggunakan tulisan yang tidak terlihat, dan baru akan muncul ketika si penerima melakukan swipe. Ada pula fitur untuk mengirimkan pesan berupa tulisan tangan. Pengguna juga akan lebih mudah merespon sebuah pesan menggunakan emoji dan melihat konten multimedia secara langsung tanpa harus meninggalkan percakapan.iPhone_Lockup_Apps_PR-PRINTYang lebih menarik, di iOS 10 Apple mengintegrasikan App Store dengan aplikasi Messages sehingga membuka kemungkinan bagi developer untuk menciptakan berbagai cara yang lebih fun untuk berkomunikasi, termasuk mengirimkan stickers dan GIF, mengedit foto, mengirimkan pembayaran, mengirim jadwal makan malam atau jadwal film, dan sebagainya. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi Messages.

Perubahan pada user interface

Apple mendesain ulang tampilan lockscreen. Selain itu, ada pula fitur yang memungkinkan layar untuk otomatis menyala ketika perangkat diangkat. Pengguna juga diberi kemudahan untuk lebih cepat mengakses kamera, yaitu hanya dengan swipe ke arah kiri. Jika melakukan swipe ke kanan, pengguna akan menemukan halaman widget.

Area notifikasi kini tampil dengan bubble dan widget. Control Center hadir dengan dua panel, satu dengan toggles dan satu lagi dengan music control.

Maps dengan desain baru

Maps di iOS 10 hadir dengan desain yang lebih menarik dan membuatnya lebih sederhana dan intuitif untuk digunakan. Maps pun kini terbuka untuk developer, yang artinya memungkinkan aplikasi lain seperti Uber untuk terhubung dengan Maps. Dengan begitu, pengguna bisa mem-booking Uber tanpa perlu keluar dari aplikasi Maps.

Menurut Apple, Maps kini juga lebih pintar dan aktif memberikan arahan ke tujuan selanjutnya, berdasarkan rutinitas sehari-hari atau jadwal di kalender.

Siri terbuka untuk developer

iPhone_Lyft_PR-PRINTApple kini membuka fungsi Siri agar dapat digunakan di berbagai aplikasi garapan developer lain. Contohnya, mengirim pesan melalui aplikasi yang bukan milik Apple, memesan Uber, mencari foto di aplikasi third-party, melakukan panggilan VoIP (Voice over Internet Protocol), dan yang lainnya.

Keyboard didukung kecerdasan Siri

Keyboard di iOS 10 telah ditingkatkan fungsinya melalui kecerdasan Siri, dan seolah-olah mengerti apa yang ingin penggunanya katakan. Keyboard pun kini dapat membaca keseluruhan pesan yang diterima dan memberi saran untuk berbagai lokasi, membuat jadwal, memberi informasi terkait kontak, dan sudah mendukung multilingual typing.

Foto dengan Memories

iPhone_Photos_PR-PRINTAplikasi Photo di iOS 10 memudahkan pengguna untuk menelusuri koleksi foto mereka. Dengan dukungan Memories, semua foto dan video akan dikelompokan berdasarkan lokasi, orang yang difoto (menggunakan face recognition), objek yang ada dalam foto, momen tertentu, dan kriteria lainnya.

iPhone_Lockup_Photos_PR-PRINT

Desain baru Apple Music dan News

Apple Music hadir dengan desain baru untuk memberikan pengalaman yang lebih maksimal, dan memudahkan navigasi serta pencarian musik. Tidak hanya Apple Music, aplikasi News pun memiliki tampilan baru untuk memudahkan pengguna mencari informasi yang mereka inginkan.

Aplikasi Home kini lebih multifungsi

iOS_Watch_Lockup_Home_PR-PRINTiOS 10 menghadirkan peningkatan pada aplikasi Home yang memungkinkan pengguna mengendalikan semua yang ada di rumah lewat aplikasi tersebut, misalnya lampu, pintu garasi, AC, kamera, air purifier, kunci, sensor, dan masih banyak lagi. Dukungan 3D Touch pun kini disediakan.

Back to top button