Moto Z dan Moto Z Force: Duo Smartphone Modular dengan Snapdragon 820 dan Layar 5.5 Inci QHD

Smartphone lainnya yang juga diperkenalkan Lenovo di ajang Tech World 2016 adalah Moto Z dan Moto Z Force. Keduanya merupakan smartphone modular dan dibekali spesifikasi yang gahar.

Aksesori MotoMods

Sebagai smartphone modular, Moto Z dan Moto Z Force mendukung penggunaan MotoMods, aksesori yang bisa dengan mudah dibongkar-pasang dengan cara menempelkannya ke bagian belakang smartphone.

MotoModzUntuk terhubung dengan smartphone, MotoMods memanfaatkan magnet kuat berupa 16 magical dots yang terdapat di sisi bawah bagian belakang Moto Z dan Moto Z Force. Singkatnya, menggunakan MotoMods mirip dengan memasang casing tambahan.

MotoMods sendiri terdiri dari banyak pilihan dengan fungsi yang beragam. Mulai dari menambah kapasitas baterai, meningkatkan kualitas audio dengan speaker JBL, hingga menyisipkan sebuah proyektor.

Moto Z

Moto Z dan Moto Z Force pada dasarnya adalah dua smartphone yang sangat mirip. Meski begitu, secara desain Moto Z lebih tipis dengan ketebalan hanya 5,2 mm. Smartphone ini dibuat menggunakan material aluminium dan stainless steel dengan grade yang sama yang digunakan untuk membuat pesawat terbang.Moto Z Front_Back ComboSoal spesifikasi, Moto Z hadir dengan layar AMOLED 5,5 inci dengan resolusi QHD. Performanya didukung Qualcomm Snapdragon 820 dan RAM 4 GB. Perpaduan yang sangat menggiurkan ditambah lagi dengan kapasitas memori internalnya yang cukup besar, yakni 32 GB atau 64 GB.

Urusan fotografi, Moto Z dibekali kamera belakang 13 megapixel dengan dukungan autofocus, Optical Image Stabilization, dan dual-tone LED flash. Sementar untuk selfie, ada sensor 5 megapixel dengan lensa wide-angle di depan.Moto Z BackYang tak kalah menarik, smartphone ini memiliki baterai sebesar 2600 mAh dengan fitur quick charge yang diklaim mampu membuatnya menyala selama 8 jam, hanya dengan mengisi daya selama 15 menit. Fitur lainnya yang juga tersedia adalah sensor sidik jari dan USB Type-C.

Moto Z Force

Seperti disebutkan sebelumnya, Moto Z Force memiliki bodi yang lebih tebal, yakni 6,99 mm, dengan layar yang dilengkapi ShatterShield agar mampu melindungi agar tidak mudah retak meski terjatuh. Baterai yang dibenamkan pun memiliki kapasitas yang lebih besar, 3500 mAh.

Perbedaan lainnya terletak pada kamera. Moto Z Force menggunakan sensor 21 megapixel d belakang dengan aperture f/1.8, Phase Detection Autofocus, Laser Autofocus, dan Optical Image Stabilization.

Selain beberapa perbedaan tersebut, spesifikasi Moto Z dan Moto Z Force tetap sama. Perlu diketahui pula bahwa kedua smartphone ini tidak memiliki port audio jack 3.5 mm. Meski begitu, dalam paket penjualannya nanti tersedia adapter USB Type-C to audio jack 3.5 mm.

Moto Z dan Moto Z Force berserta MotoMods rencananya akan lebih dulu hadir di Amerika Serikat pada musim panas tahun ini. Untuk negara-negara lainnya, Lenovo baru akan membawanya pada September 2016 mendatang. Belum ada keterangan soal harga.

[table]Spesifikasi;Moto Z
SoC;Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core 2.2 GHz Kryo
GPU;Adreno 530
Layar;AMOLED 5.5 inci (1440 x 2560)
RAM;4 GB
Memori Internal;32 GB / 64 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 13 megapixel (laser autofocus, OIS, dan dual-tone LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;2600 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.1, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n/ac, USB Type-C
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;MotoMods, Sensor sidik jari, fast charging
Dimensi;153.3 x 75.3 x 5.2 mm (135 gram)
[/table]

[table]Spesifikasi;Moto Z Force
SoC;Qualcomm Snapdragon 820 Quad-core 2.2 GHz Kryo
GPU;Adreno 530
Layar;AMOLED 5.5 inci (1440 x 2560) with ShatterShield
RAM;4 GB
Memori Internal;32 GB / 64 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 21 megapixel f/1.8 (PDAF, laser autofocus, OIS, dan dual-tone LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;3500 mAh
Konektivitas;4G LTE, Bluetooth v4.1, A-GPS, GLONASS, WiFi a/b/g/n/ac, USB Type-C
OS;Android 6.0 Marshmallow
Fitur;MotoMods, Sensor sidik jari, fast charging
Dimensi;155.9 x 75.8 x 6.99 mm (163 gram)
[/table]

Verified by MonsterInsights