Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Coolpad Max

Nama Coolpad di ranah smartphone Android mungkin tidak sepopuler brand lainnya yang sudah lama mengadu peruntungan di Indonesia. Meski begitu, bukan berarti Coolpad tidak memiliki jajaran produk yang menarik.

Salah satunya adalah Coolpad Max, sebuah smartphone berbalut metal dengan penampilan yang membuatnya layak untuk dilirik. Ya, Coolpad Max adalah saudara dari Coolpad Max Lite. Tanpa nama Lite, smartphone ini hadir dengan wajah yang lebih premium. Langsung saja simak ulasannya.

Desain mewah

Coolpad memang menyebut desainnya yang mewah merupakan nilai jual utama dari Max. Tak dapat dipungkiri bahwa smartphone ini memang nampak cantik dan memukau dalam balutan warna Gold dan Rose Gold.

Lekukan yang ergonomis dengan material berbahan metal membuatnya terlihat lebih menonjol jika dibandingkan dengan smartphone lainnya di kelas yang sama. Selain itu, Coolpad Max juga nyaman dan mantap digenggamam serta tidak licin. Ukurannya pun tergolong tipis sehingga mudah dimasukkan ke dalam saku. Sekilas rasa iPhone memang cukup kental di smartphone ini.

Di depan, Anda akan menemukan lapisan Gorilla Glass 3 dengan desain 2.5D yang belakangan cukup populer diterapkan oleh para produsen untuk membuat smartphone-nya tampil lebih menarik. Sementara di belakang terdapat sensor sidik jari untuk memberikan sistem keamanan yang lebih baik.

UI sederhana dengan fitur Dual Space

Coolpad Max hadir dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow dengan Cool UI 8.0. Meski Theme-nya berbeda, secara keseluruhan antarmuka ini sama dengan yang digunakan di Max Lite.

Seperti pada saudaranya, Coolpad Max juga memiliki fitur Dual Space yang memungkinkan untuk menampung dua profile sekaligus. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk memisahkan mana profile yang Anda gunakan untuk mendukung pekerjaan, dan mana yang untuk pribadi.

Coolpad mengklaim fitur Dual Space tersebut hanya tersedia di produk mereka dan belum dimiliki smartphone lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Keberadaan Dual Space ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dua akun sosial media (Facebook, Path, Twitter, dan yang lainnya) hanya dengan menggunakan satu smartphone. Tak hanya itu masing-masing akun pun juga bisa dibenamkan Whatsapp, LINE, dan BBM yang berbeda. Singkatnya, Anda seperti memiliki dua smartphone.

Untuk berpindah dari satu akun ke yang satunya lagi cukup mudah. Anda hanya perlu menekan icon Private Space untuk berpindah ke akun yang sifatnya pribadi. Sebaliknya, untuk kembali ke akun utama cukup tap pada icon Main Space.

Sensor sidik jari yang cepat

Fitur unggulan lainnya yang dimiliki Coolpad Max adalah sensor sidik jari. Sensor yang terletak di bagian belakang smartphone ini berguna untuk meningkatkan keamanan termasuk untuk Private Space Anda sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya.

Coolpad Max UI (4)

Coolpad mengklaim sensor mereka mampu membaca sidik jari Anda secara cepat dan tentunya akurat. Saat kami mencoba memang terbukti tak butuh waktu lama untuk membuka smartphone.

Layar enak dipandang

Coolpad Max dibekali layar berukuran 5.5 inci IPS dengan resolusi Full HD. Sangat responsif terhadap sentuhan dengan ketajaman yang baik dan keluaran warna yang memanjakan mata.

Coolpad Max (1)

Kami tidak menemukan kekurangan yang berarti dari kualitas layar smartphone ini. Cukup memuaskan dengan ukurannya yang lebar dan cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik itu browsing, chatting, menonton video, hingga bermain games. Tapi sayangnya, sama seperti Max Lite Anda juga akan menemukan frame hitam antara layar dan bodi smartphone.

Kamera bagus untuk outdoor

Coolpad Max dibekali kamera belakang Samsung ISOCELL 3M2 CMOS 13 megapixel dengan dukungan autofocus dan LED flash yang diyakini mampu memberikan hasil foto maksimal. Sementara di depan, ada kamera selfie 5 megapixel.

Coolpad Max UI KaMERA (2)

UI kameranya kurang lebih sama dengan Max Lite. Cukup komplit namun tidak rumit. Anda bisa mengganti mode secara cepat hanya dengan menggeser ke kiri dan kanan. Mode Pro juga tersedia untuk melakukan pengaturan secara manual pada white balance, ISO, exposure, saturation, dan sebagainya.

Soal hasil fotonya, Coolpad Max tergolong dapat diandalkan khususnya untuk pemotretan di kondisi cahaya yang cukup. Tajam dengan reproduksi warna yang natural. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hasil foto yang kami abadikan menggunakan kamera Coolpad Max. Hasil yang lebih lengkap juga bisa dilihat di akun Flickr resmi YangCanggih.com.

Hasil foto outdoor Coolpad Max (12)

Hasil foto outdoor Coolpad Max (9)

Hasil foto outdoor Coolpad Max (4)

Performa lebih bertenaga

Dibandingkan saudaranya, Coolpad Max dibekali hardware yang lebih bertenaga, yakni SoC Qualcomm Snapdragon 617 dengan prosesor octa-core Cortex-A53 berkecepatan 1.5 GHz yang ditemani dengan GPU Adreno 405 dan RAM 4 GB.

Bagi yang gemar menyimpan file seperti foto dan video, Coolpad Max memiliki memori internal yang besar, yakni 64 GB. Jika masih kurang, ada slot microSD yang bisa menampung hingga kapasitas 32 GB.

Perpaduan hardware di atas terbukti mampu menghasilkan performa yang mulus tanpa lag, dan bisa diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Kami pun tertarik untuk menjalankan game populer seperti Asphalt 8 dan Mortal Kombat X di Coolpad Max.

Hasilnya sesuai dugaan, mampu berjalan dengan frame rate yang nyaman untuk dimainkan. Namun satu hal yang kurang adalah karena bahan metalnya, suhu panas lebih cepat terasa di bodi Coolpad Max terutama ketika sedang menjalankan aplikasi yang butuh kinerja tinggi.

Untuk lebih menggambarkan bagaimana performa dari smartphone ini, berikut hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami unduh di Google Play Store:

Baterai lumayan

Coolpad Max hadir dengan baterai dengan kapasitas yang lebih besar dibanding Max Lite, yakni 2800 mAh, walaupun secara daya tahan Max Lite masih lebih baik. Baterai ini tergolong cukup untuk menemani Anda seharian dengan pemakaian normal seperti chatting, sosial media, browsing, dan sesekali bermain games serta menonton video di YouTube.

Berikut adalah hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark for Android:

Coolpad Max Benchmark (5)

Kesimpulan

Sebagai versi yang lebih mahal dibanding Max Lite, Coolpad Max hadir dengan beberapa peningkatan yang cukup signifikan. Yang menjadi daya tarik utama adalah desainnya yang mewah dan tentunya fitur andalan yang juga tersedia di Max Lite, yakni Dual Space.

Coolpad Max Rose Gold

 

Meski begitu, jika dibandingkan dengan Max Lite perbedaan harganya tergolong lumayan. Coolpad Max dibanderol 2 juta rupiah lebih mahal alias Rp4.999.000. Bagi Anda yang membutuhkan fitur Dual-Space, performa yang lebih baik, dan desain yang mewah agar tampil gaya, maka perbedaan harga tersebut masih layak untuk dipertimbangkan.

Yang Canggih:

+ Material logam dengan build quality yang sangat baik
+ Desain mewah dan menawan
+ Kamera lumayan, khususnya untuk kondisi cahaya yang cukup
+ Fitur Dual Space yang bermanfaat
+ Kapasitas RAM besar, 4 GB
+ Ruang penyimpanan data internal tergolong lega
+ Sensor sidik jari cepat dan akurat

Yang Kurang:

– Ada frame hitam antara layar dan bodi
– Lumayan panas ketika menjalankan aplikasi yang berat
– Harga kurang kompetitif

[table]Spesifikasi;Coolpad Max
SoC;Qualcomm Snapdragon 617 octa-core 1.5 GHz
GPU;Adreno 405
Layar;IPS 5.5 inci 1080p (2.5D)
RAM;4 GB
Memori Internal;64 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;2800 mAh
Konektivitas;Bluetooth, A-GPS, WiFi, microUSB
OS;Android 5.1 Lollipop (Cool UI 8.0)
Fitur;Dual Space, sensor sidik jari
[/table]
Back to top button