Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

[Computex 2016] Asus Resmi Umumkan ZenFone 3, ZenFone 3 Deluxe, dan ZenFone 3 Ultra

Setelah melalui berbagai rumor selama beberapa pekan ke belakang, menyambut ajang Computex 2016 di Taipei Asus akhirnya secara resmi mengumumkan smartphone terbarunya, ZenFone 3. Yang menarik, tidak hanya satu versi yang diperkenalkan, melainkan tiga sekaligus.

Asus ZenFone 3

Asus ZenFone 3ZenFone 3 adalah model paling basic di antara ketiganya. Smartphone ini memiliki frame berbahan aluminium dan lapisan kaca 2.5D Gorilla Glass di bagian depan dan belakang. Layarnya berukuran 5.5 inci Super IPS+ dengan resolusi 1080p, tingkat kecerahan hingga 500 nit, serta ratio layar ke bodi sebesar 77.3 persen.

Untuk urusan performa Asus mempercayakannya kepada SoC Qualcomm Snapdragon 625 yang ditemani oleh RAM sebesar 4 GB. Soal kamera, pengguna disediakan sensor 16 megapixel di belakang dengan dukungan autofocus Asus TriTech, yakni kombinasi antara laser, phase detection, dan continuous autofocus. Asus TriTech diklaim mampu mengunci fokus hanya dalam waktu 0,03 detik.

Tak mau ketinggalan dengan smartphone Android masa kini, Asus ZenFone 3 juga ditanamkan sensor sidik jari yang terletak pada bagian belakangnya.

Asus ZenFone 3 Deluxe

Asus ZenFone 3 DeluxeMengusung nama Deluxe, smartphone ini menawarkan spesifikasi yang lebih mumpuni dibanding saudaranya. Asus ZenFone 3 Deluxe hadir dengan SoC terkencang milik Qualcomm saat ini, Snapdragon 820. Kapasitas RAM-nya pun luar biasa besar, yakni 6 GB.

Kameranya pun lebih menggiurkan, Sony IMX318 23 megapixel f/2.0 di belakang, yang memiliki 4-axis Optical Image Stabilization. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 4K dan menggunakan sistem autofocus yang sama dengan ZenFone 3.

Asus ZenFone 3 Deluxe (2)Berbekal bodi full metal, ZenFone 3 Deluxe mempunyai layar Super AMOLED 5.7 inci dengan lebih dari 100 persen NTSC color gamut. Tak hanya sensor sidik jari, Asus juga membenamkan berbagai fitur pendukung lainnya yang canggih, seperti USB Type-C, Qualcomm Quick Charge 3.0, single five-magnet speaker, serta dukungan Hi-Res Audio.

Asus ZenFone 3 Ultra

Terakhir adalah ZenFone 3 Ultra, versi yang tampil dengan layar ekstra besar, yakni 6.8 inci Full HD. Cocok bagi pengguna yang menyukai ukuran layar yang lapang untuk menikmati berbagai konten multimedia. Apalagi, layar tersebut memiliki teknologi bernama Tru2Life+ Video yang menggunakan image processor kelas high-end dengan grade 4K UHD TV.

Sektor audio pun menjadi nilai jual utama. ZenFone 3 Ultra dibekali dua five-magnet speaker lengkap dengan dukungan Hi-Res Audio. Serunya lagi, ZenFone 3 Ultra diklaim sebagai smartphone pertama yang mempunyai virtual 7.1 channel surround sound dengan DTX Headphone: X.Asus ZenFone 3 UltraUntuk spesifikasi lainnya, Asus membenamkan SoC dan RAM yang sama dengan ZenFone 3. Meski begitu, kameranya disamakan dengan versi Deluxe. Smartphone ini hadir dengan baterai 4600 mAh dan telah mendukung Quick Charge 3.0.

Harga yang kompetitif

Walaupun menawarkan spesifikasi yang mumpuni, ketiga anggota keluarga ZenFone 3 tetap dijual dengan harga yang kompetitif. ZenFone 3 versi standar dibanderol mulai dari US$249 atau sekitar 3,4 juta rupiah. ZenFone 3 Deluxe meminta tebusan dengan dana yang lebih besar, yakni US$ 499 atau sekitar 6,8 juta rupiah. Sementara ZenFone 3 Ultra dijual seharga US$479 atau sekitar 6,5 juta rupiah.

Back to top button