Quantcast
Mobile GadgetNewsReviewSmartphone

Review Coolpad Max Lite

Seperti diketahui beberapa waktu yang lalu Coolpad secara resmi meluncurkan smartphone Android terbarunya di Indonesia, yakni Coolpad Max. Smartphone ini terdiri dari dua versi, yakni versi standar dan versi Lite yang dibanderol lebih murah.

Meski ada perbedaan hardware yang cukup mencolok, Coolpad Max Lite tetap dibekali berbagai spesifikasi dan fitur yang menarik. Berikut ulasannya.

Desain bagus

Coolpad Max Lite (2)

Satu perbedaan dengan versi non-lite yang paling mudah terlihat adalah dari segi desain. Coolpad Max Lite tidak menggunakan material full metal, melainkan kombinasi dengan bahan plastik. Walaupun begitu, build quality-nya sangat baik sehingga tidak terkesan murahan.

Coolpad Max Lite tergolong cukup tipis dengan ketebalan hanya 8,6 mm. Bodinya yang ergonomis nyaman digenggam dan tidak licin. Framenya memiliki finishing dengan sentuhan metal yang dibalut warna gold. Ini cukup membantu untuk memberikan rasa premium.

Bagian depan didominasi oleh layar dengan konsep 2.5D yang belakangan memang cukup populer digunakan oleh berbagai brand. Coolpad tak lupa melindunginya dengan Corning Gorilla Glass 3. Di bagian belakang, Anda akan menemukan sensor sidik jari yang terletak di bawah kamera.

Layar yang nyaman dan responsif

Coolpad Max Lite menawarkan layar IPS 5.5 inci dengan resolusi HD. Kualitasnya tidak perlu diragukan. Tajam, responsif, dan dengan keluaran warna yang natural dan enak dipandang. Akan tetapi, layar berukuran 5.5 inci tentunya akan lebih menarik jika dibenamkan resolusi Full HD.Frame hitam di layar Coolpad Max LiteYang perlu digarisbawahi, layar pada Coolpad Max Lite memiliki frame berwarna hitam yang mengelilinginya dengan ukuran lumayan lebar. Keberadaannya membuat ratio layar terhadap bodi menjadi lebih kecil. Mungkin bagi sebagian orang, hal ini cukup mengganggu.

Walaupun demikian, Anda masih tetap bisa menikmati semua kegiatan dengan layar tersebut, seperti browsing, chatting, menonton video, hingga bermain games.

UI tanpa app drawer

Coolpad menyediakan user interface Cool UI 8.0 yang sederhana tanpa keberadaan app drawer. Desainya UI-nya memudahkan pengguna untuk mengakses banyak hal, termasuk untuk urusan pengaturan. Sekilas tidak ada yang spesial dari user interface ini. Coolpad memang tidak terlalu banyak melakukan modifikasi yang membuatnya jauh berbeda dari kebanyakan smartphone Android lainnya.

Meski begitu, ada fitur unik bernama C Button yang jika diaktifkan akan tampil sebuah tombol dengan huruf C di sisi kanan layar. Ketika disentuh, C Button akan menampilkan beberapa shortcut berupa Back, Home, Lock, Mute, bahkan untuk mengambil Screenshot. Ya, inti dari fitur C Button ini adalah memudahkan penggunaan smartphone dengan satu tangan.

Dual Space, dua akun dalam satu smartphone

Inilah fitur yang menjadi andalan Coolpad Max Lite. Melalui Dual Space, Anda bisa menggunakan dua akun yang berbeda sekaligus dalam satu smartphone. Misalnya yang satu ditujukan khusus untuk pekerjaan, dan yang satunya lagi untuk kehidupan pribadi.

Coolpad Max Lite Cool UI (8)

Coolpad mengklaim fitur Dual Space tersebut hanya tersedia di produk mereka dan belum dimiliki smartphone lainnya yang ada di pasaran saat ini.

Keberadaan Dual Space ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dua akun sosial media (Facebook, Path, Twitter, dan yang lainnya) hanya dengan menggunakan satu smartphone. Tak hanya itu masing-masing akun pun juga bisa dibenamkan Whatsapp, LINE, dan BBM yang berbeda. Singkatnya, Anda seperti memiliki dua smartphone.

Untuk berpindah dari satu akun ke yang satunya lagi cukup mudah. Anda hanya perlu menekan icon Private Space untuk berpindah ke akun yang sifatnya pribadi. Sebaliknya, untuk kembali ke akun utama cukup tap pada icon Main Space.

Anda bisa memanfaatkan sensor sidik jari yang terletak di bagian belakang smartphone untuk meningkatkan keamanan dari space pribadi Anda sehingga tidak sembarang orang bisa mengaksesnya. Sensor ini tergolong cepat dan akurat, sehingga tidak butuh waktu lama untuk mengenali sidik jari Anda.

Kamera lumayan

Tidak hanya fitur yang unik, sektor kamera pun menjadi salah satu yang cukup dipertimbangkan oleh Coolpad dalam meluncurkan Max Lite. Kamera belakangnya menggunakan sensor 13 megapiksel lengkap dengan dukungan autofocus dan LED Flash.Coolpad Max Lite UI Kamera (1)UI kameranya cukup komplit namun tidak rumit. Anda bisa mengganti mode secara cepat hanya dengan menggeser ke kiri dan kanan. Ada mode Pro yang memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan secara manual pada white balance, ISO, exposure, saturation, dan sebagainya.

Hasil jepretannya termasuk lumayan khususnya di kondisi cahaya yang cukup. Bagus untuk menangkap detail dan reproduksi warnanya pun nampak natural. Meski begitu, untuk pemotretan di kondisi cahaya minim hasilnya bisa dibilang kurang wah, walaupun masih dalam taraf yang bisa ditoleransi.

Beralih ke kamera depan, Anda yang gemar selfie bisa memanfaatkan sensor 5 Megapixel. Di kondisi cahaya yang cukup hasilnya pun lumayan, setidaknya untuk Anda pamerkan di media sosial. Berikut beberapa hasil foto dari kamera Coolpad Max Lite. Hasil yang lebih lengkap bisa dilihat di akun Flickr resmi Yangcanggih.com.

Hasil foto outdoor Coolpad Max Lite (4)

Hasil foto indoor Coolpad Max Lite (5)

Hasil foto indoor Coolpad Max Lite (1)

Performa standar

Berdasarkan informasi yang ditampilkan CPU-Z, Coolpad Max Lite berbekal SoC Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor octa core dan GPU Adreno 405. Namun sesungguhnya, SoC yang ditanamkan adalah Snapdragon 415. Coolpad menyediakan RAM 3 GB untuk memfasilitasi kebutuhan pengguna akan multitasking. Memori internal yang tersedia sebesar 16 GB. Cukup untuk menyimpan file dan aplikasi. Tapi jika masih kurang, Anda bisa memanfaatkan slot microSD.

Jika dibandingkan smartphone di kelas yang sama, Coolpad Max Lite menawarkan hardware yang tergolong biasa saja. Bahkan bisa dibilang kurang menggiurkan khususnya dari segi chipset. Tapi yang wajib diingat, kombinasi di atas sesungguhnya masih cukup untuk mendukung berbagai kegiatan, termasuk bermain game.

Ini dibuktikan saat kami memakainya sehari-hari. Coolpad Max Lite mampu memberikan performa yang cukup mulus. Transisi antar layar maupun aplikasi tidak lag dan nampak nyaman. Kami pun tertarik untuk mencoba menjalankan game 3D populer seperti Asphalt 8. Hasilnya sesuai dugaan, lancar tanpa masalah yang berarti.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa benchmark yang kami jalankan di Coolpad Max Lite:

Baterai cukup untuk seharian

Meski memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibanding versi non-Lite, smartphone ini tetap mampu menemani Anda untuk beraktivitas seharian. Dengan baterai 2500 mAh, Coolpad Max Lite bisa menyala sejak pagi hingga menjelang malam dengan pemakaian standar seperti chatting, sosial media, browsing, dan sesekali bermain games serta menonton video di YouTube.

Berikut hasil dari aplikasi PCMark for Android (battery test) untuk memberikan gambaran lebih tentang baterai dari Coolpad Max Lite:

Kesimpulan

Sebagai versi yang lebih murah, Coolpad Max Lite memang mengalami banyak pemangkasan di sana-sini. Tidak hanya dalam hal desain, hardware yang dibenamkan pun memiliki perbedaan yang cukup terasa dibanding versi non-Lite. Tak heran karena Coolpad Max Lite dibanderol Rp2.999.000, atau berbeda 2 juta rupiah dibanding saudaranya.

Sedikit membahas soal konektivitas, perlu diketahui bahwa saat ini Coolpad Max Lite belum mendukung 4G LTE karena tersandung peraturan tentang TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri). Tapi tak perlu khawatir, Coolpad siap mengoperasikan pabrik di Indonesia dalam waktu dekat dan segera membuka akses 4G di Max Lite setelah mendapat lampu hijau dari pemerintah.

Kesimpulannya, sebagai sebuah smartphone kelas menengah Coolpad Max Lite tetap layak untuk Anda lirik. Dual Space jelas masih menjadi daya tarik utamanya. Karena itu, smartphone ini cocok bagi Anda yang membutuhkan perangkat yang mampu mengelola dua akun yang berbeda sekaligus tanpa harus membawa dua buah smartphone.

Yang Canggih:

+ Bodi cukup tipis dengan material yang enak untuk digenggam
+ Desain menawan
+ Kamera lumayan, khususnya untuk kondisi cahaya yang cukup
+ Fitur Dual Space yang bermanfaat
+ Baterai bisa diandalkan
+ Sensor sidik jari cepat dan akurat

Yang Kurang:

– Resolusi layar masih 720p
– Ada frame hitam cukup tebal antara layar dan bodi
– Saat ini belum mendukung 4G LTE karena tersangkut TKDN
– Akan lebih menarik jika SoC yang digunakan lebih bertenaga

[table]Spesifikasi;Coolpad Max Lite
SoC;Qualcomm Snapdragon 415
GPU;Adreno 405
Layar;IPS 5.5 inci 720p (2.5D)
RAM;3 GB
Memori Internal;16 GB (ada slot microSD)
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan LED flash) / Depan 5 megapixel
Baterai;2500 mAh
Konektivitas;Bluetooth, A-GPS, WiFi, microUSB
OS;Android 5.1 Lollipop (Cool UI 8.0)
Fitur;Dual Space, sensor sidik jari
Dimensi;154, 65 x 77 x 8,6 mm
[/table]
Back to top button