Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphoneTablet Android

Inilah Beberapa Fitur Baru di Android N

Dalam acara Google I/O 2016, Google tak lupa membahas beberapa hal tentang sistem operasi mereka selanjutnya, yakni Android N. Ya, Android N adalah penerus dari Marshmallow. Saat ini, Google belum menemukan nama resmi yang akan mereka gunakan untuk OS tersebut.

Satu hal yang pasti, Android N akan menawarkan banyak peningkatan dibanding pendahulunya, serta fitur-fitur terbaru. Berikut beberapa yang sudah terungkap sejauh ini:

Peningkatan performa

Google menjelaskan bahwa Android N mengalami peningkatan performa dalam dua hal, yaitu grafis dan runtime. OS ini dibekali 3D rendering API Vulkan yang dijanjikan mampu menghadirkan grafis yang lebih baik dengan efisiensi yang juga lebih baik.

Selain itu, Android N juga diklaim 75 persen lebih cepat dan mampu mengurangi kebutuhan ruang penyimpanan data dari aplikasi yang di-install. Artinya, setiap aplikasi akan mengonsumsi storage lebih sedikit.

Splitscreen Multitasking

Android N akan memudahkan pengguna yang gemar multitasking. Di OS baru tersebut, Google menambahkan fitur splitscreen yang dapat diakses dengan cepat dengan cara menekan tombol Recent Apps selama beberapa detik.

Splitscreen Android N

Selain itu, tombol Recent Apps juga memiliki fungsi untuk mendukung fitur Quick Switch. Dengan melakukan double-tap, layar akan langsung berpindah ke aplikasi sebelumnya yang terakhir digunakan. Tak ketinggalan, Android N kini mempunyai tombol ‘Clear All’ untuk menutup semua aplikasi yang berjalan secara background sekaligus.

Data Saver

Google memperkenalkan mode baru bernama Data Saver yang sesuai namanya, akan membantu pengguna untuk meminimalisir pemakaian data, terutama dari aplikasi. Mode ini akan memblokir pemakaian data secara ‘diam-diam’ yang biasa terjadi di beberapa aplikasi.

datasaver android N

Data Saver juga akan membatasi bit rate ketika streaming, menurunkan kualitas gambar yang muncul saat browsing, dan yang lainnya. Intinya, pengguna akan merasakan penggunaan data menjadi jauh lebih hemat ketika mengaktifkannya.

Perubahan pada notifikasi

Notifkasi juga menjadi bagian yang dipoles oleh Google di Android N. Tampilannya lebih rapat. Icon yang digunakan berukuran lebih kecil sehingga ruang yang dipakai lebih efisien. Notifikasinya pun kini lebih fungsional. Penggguna bisa membuka jendela notifikasi dalam dua ukuran. Ada pula tombol tambahan ekstra untuk membuka setiap notifikasi.

Menariknya lagi, pengguna juga bisa melakukan tap selama beberapa detik pada notifikasi yang masuk untuk menuju ke pengaturan tentang bagaimana notifikasi dari aplikasi tersebut akan muncul selanjutnya. Misalnya ingin diblokir atau tetap masuk tapi tidak muncul secara pop-up di layar.

Perubahan desain menu Settings

Settings kini didesain agar setiap opsi menampilkan informasi yang diperlukan tanpa mengharuskan pengguna masuk lebih dalam ke opsi tersebut, misalnya Storage menampilkan sisa memori internal yang tersedia, Apps menampilkan berapa aplikasi yang ter-install, dan Sound menampilkan volume ringtone yang sedang digunakan.

Selain itu, pengguna juga akan disajikan beberapa anjuran tentang sesuatu yang belum mereka lakukan dengan smartphone-nya, misalnya mengaktifkan email. Setiap pengaturan yang diubah pun akan menampilkan tanda tertentu, contohnya ketika mengaktifkan tethering atau fitur Data Saver terbaru, pengguna akan melihat toggle berwarna turqoise.

Siap dukung VR

Semakin populernya teknologi Virtual Reality membuat Google ingin memberikan perlakukan khusus padanya di Android N. Melalui Google Daydream yang merupakan penerus dari Cardboard, pengguna akan dibawa pada pengalaman VR yang lebih memukau.

Google Daydream

Daydream sendiri merupakan sebuah sistem mobile VR yang ditenagai oleh perangkat berbasis Android N. Setiap perangkat harus memiliki sertifikasi Daydream agar bisa berjalan dengan maksimal. Karena itu, perangkat tersebut harus memiliki sensor tertentu dan layar dengan spesifikasi tertentu. Google juga telah mengembangkan VR Mode khusus agar aplikasi berbasis VR berjalan lebih optimal.

Soal headset-nya, belum ada desain yang pasti. Namun Google akan memadukannya dengan wireless motion controller sederhana. Setiap perusahaan nantinya diperbolehkan untuk memproduksi headset mereka sendiri yang sesuai standar Daydream. Nama-nama besar seperti Samsung, HTC, LG, Xiaomi Huawei, ZTE, dan Alcatel dipastikan siap untuk membuat smartphone yang kompatibel dengan Daydream.

Modifikasi tampilan keyboard

Di Android N pengguna diberi kebebasan untuk memodifikasi tampilan keyboard virtual mereka. Pengguna bisa memilih warna, menambahkan atau menghilangkan pembatas antar tombol, bahkan memasang foto sebagai background.

Emoji Baru

Google tak lupa untuk memberi update pada emoji di Android N agar pengguna tidak bosan. Akan ada banyak emoji baru di OS tersebut.

New Emoji Android N

Selain fitur-fitur di atas, tentunya masih akan ada banyak hal baru lainnya yang akan dihadirkan Google di Android N. Seiring berjalannya waktu, Google pasti akan mengungkapnya lebih jauh. Terkait nama, pengguna pun bisa berpartisipasi untuk menyumbangkan idenya soal nama resmi dari OS anyar tersebut nanti

 

Images: Google, The Verge, Lifehacker

Back to top button