Home Review Review Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless

Review Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless

Lini Bowers & Wilkins Zeppelin memang bukanlah barang baru. Di segmen premium, produk ini telah meluncur sukses di dunia audio dengan mengedepankan desain uniknya di era keemasan speaker portabel yang dilengkapi docking khusus untuk iPod atau iPhone. Kini, seiring berkembangnya teknologi dan bergesernya tren ke koneksi nirkabel yang lebih praktis, Bowers & Wilkins menghadirkan varian Zeppelin Wireless.

B&W Zeppelin Wireless-1

Desain Unik dan Minimalis
Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless bisa dibilang merupakan evolusi dari generasi Zeppelin Air. Sebagai info, Zeppelin Air adalah generasi Zeppelin yang telah dilengkapi wireless guna mendukung fitur AirPlay yang ekslusif hanya untuk streaming dari perangkat iPad, iPod atau iPhone yang mendukung AirPlay. Bedanya, Zeppelin Wireless kini lebih kompatibel dengan banyak perangkat karena punya koneksi Bluetooth sebagai opsi konektivitas nirkabel.

Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless masih hadir dengan desain berbentuk oval yang sekilas terlihat seperti peluru. Mengedepankan koneksi wireless, docking untuk menancapkan iPod atau iPhone di bagian muka yang biasanya ada di produk Zeppelin kini resmi ditiadakan. Tampilannya pun langsung terlihat jauh lebih minimalis dan tambah elegan.

B&W Zeppelin Wireless-2

Bowers & Wilkins juga amat memperhatikan seluruh elemen tombol di bodinya. Tombol navigasi di bodi Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless hadir dengan gaya modern. Setiap tombolnya dirancang menonjol dan sangat nyaman untuk ditekan. Agar tampilannya terlihat tetap minimalis tombol ini ditempatkan di bagian belakang atas bodinya. Yang menurut kami sangat unik adalah penempatan tombol Bluetooth yang bersembunyi tepat di samping kanan logo Bowers & Wilkins yang ada di bagian bawah bodinya.

B&W Zeppelin Wireless-3

Sementara di bagian belakang, juga bisa ditemukan sederetan port konektivitas. Untuk opsi konektivitas selain wireless, Bowers & Wilkins tetap menyertainya dengan input analog kabel jack 3.5mm serta port ethernet RJ45 untuk terhubung ke jaringan.

B&W Zeppelin Wireless-4

Opsi koneksi Wireless lengkap, Kualitas Audio Prima
Seperti yang sudah kami infokan sebelumnya, dengan mengusung konektivitas Wireless Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless bisa terhubung ke gadget apapun lewat koneksi Bluetooth. Untuk terhubung ke jaringan Anda dirumah, bisa memanfaatkan fitur WiFi atau melalui kabel ethernet. Selain itu, perangkat ini juga telah dilengkapi dengan fitur AirPlay dari Apple dan Spotify Connect.

Saat mencobanya, melakukan streaming dari smartphone ke Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless juga sangat mudah dan cepat lewat koneksi Bluetooth. Nyaris kami tidak menemukan masalah saat menghubungkannya ke smartphone yang kami gunakan. Untuk pengguna iPod, iPad atau iPhone, bisa memanfaatkan fitur AirPlay dan pengaturan bisa lebih cepat dengan memanfaatkan aplikasi pendampingnya. Yang cukup disayangkan, aplikasi pendampingnya ini tidak tersedia untuk pengguna Android.

B&W Zeppelin Wireless-5

Dibalik desainnya tersebut speaker ini dibekali dengan 2 tweeter berukuran 1 inci, 2 driver midrange berukuran 3.5 inci dan subwoofer berukuran 6.5 inci yang semuanya masing-masing masih ditenagai oleh amplifier class D. Tidak ketinggalan, hadir juga chip DSP (Digital Signal Processing) untuk memastikan keluaran sinyal suaranya lebih detil dan minim distorsi.

Untuk mencoba Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless kami memutar koleksi lagu dari smartphone Lenovo Vibe P1 Turbo dengan file audio Hi-Res berformat FLAC. Dari lagu bergenre audiophile yang dinyanyikan Susan Wong, musik kekinian ala Daft Punk hingga Bohemian Rhapsody dari Queen semuanya bisa tersaji dengan sangat apik. Di pengaturan volume tertinggi suara yang dihasilkan pun terdengar jernih dan nyaris minim distorsi.

Secara keseluruhan kualitas suaranya cukup berimbang dengan porsi sektor mid yang bertenaga. Nada-nada tinggi bisa dihasilkan dengan sangat nyaman ditelinga, begitu juga gebukan bass yang terasa sangat mantap. Sementara separasi dan staging juga sangat baik. Di setiap lagu yang kami putar, separasi setiap instrumen alat musik dan suara vokal penyanyi bisa terdengar dengan sangat jelas dan stagingnya terasa lebar.

Kesimpulan
Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless tidak hanya menawarkan konektivitas wireless yang lengkap tapi juga desain cantik dan elegan serta kualitas suaranya yang sangat baik. Kendati demikian, dengan banderol harganya yang mencapai Rp13.000.000 jelas speaker ini tidak ditujukan untuk semua orang dan menyasar para penikmat audio yang berkocek tebal. Jika dana bukan menjadi masalah dan Anda rela merogoh kocek puluhan juta untuk sebuah speaker wireless, Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda bawa pulang.

Yang Canggih
+ Kualitas suara amat baik
+ Konektivitas Lengkap
+ Mudah Digunakan

Yang Kurang
– Belum tersedia aplikasi Android
– Harga relatif mahal

Review Bowers & Wilkins Zeppelin Wireless 1
Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com
Menulis tentang gadget sejak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan berbagai teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.