Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Lenovo Vibe K4 Note

Meramaikan booming perangkat Virtual Reality (VR), Lenovo meluncurkan smartphone bertitel Vibe K4 Note. Resmi diluncurkan sejak beberapa waktu lalu di Indonesia, smartphone ini tidak dijual secara standalone, melainkan dipaketkan dengan perangkat VR buatan AntVR.

Harga-Lenovo-K4-Note-specMasuk ke segmen yang berbeda dari perangkat yang mendukung Samsung Gear VR (Galaxy S6, S6 Edge, S7, dan S7 edge), Lenovo memang terbilang berani memperkenalkan teknologi VR melalui Vibe K4 Note. Namun, apakah sensasi dunia VR yang ditawarkan cukup layak untuk dinikmati lewat perangkat yang harganya tidak lebih dari 3 juta rupiah ini? Simak saja review kami berikut ini:

Desain minimalis sekaligus modern

Ketika banyak perangkat di kelas mid-range sudah mengusung desain berbasis metal, Lenovo Vibe K4 Note justru tetap mengikuti pendahulunya yang datang dengan material plastik di sekujur bodi. Meskipun begitu, kesan ‘wah’ tidak dapat ditampikkan begitu saja dari smartphone ini, karena desainnya terlihat minimalis sekaligus modern. Seolah, kesederhanaan penampilannya justru menyiratkan kecanggihan yang ditawarkan.

Lenovo Vibe K4 Note ini memiliki tekstur matte pada bagian belakang bodinya sehingga terkesan ergonomis, mantap digenggam, dan juga bebas sidik jari. Tidak seperti pendahulunya, yakni K3 Note, smartphone ini memiliki fitur fingerprint scanner alias pemindai sidik jari untuk keamanan tingkat tinggi dalam mengakses smartphone, selain opsi pattern, dan password konvensional.

Panel bodi belakang Lenovo Vibe K4 Note yang berbahan plastik membuatnya begitu mudah dibuka, jadi Anda tidak perlu membutuhkan banyak tenaga ketika ingin memasang kartu SIM atau microSD. Ketika panel dibuka, Anda bisa melihat dengan jelas baterai yang terpasang. Sayangnya baterai ini tidak bisa dilepas, sekalipun desain smartphone ini tidak unibody.

Mengusung material plastik, Lenovo Vibe K4 Note diuntungkan dari segi bobotnya yang terbilang ringan yakni 160 gram untuk dimensinya yang sebongsor 153,7 x 76,5 x 9,1 mm. Dengan begitu Anda bisa menggunakannya setiap hari tanpa harus banyak menguras energi.

Layar lebar, nyaman untuk menonton video

Lenovo-vibe-k4-note-front-upDengan layar IPS seluas 5,5 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel serta kerapatan piksel 401 ppi, tidak dapat dipungkiri jika Lenovo Vibe K4 Note merupakan perangkat yang mengasyikan untuk multimedia, khususnya menonton video. Anda bisa menyaksikan berbagai konten video dengan gambar yang tajam dan natural dari sisi warna.

Untuk ketenangan pengguna, layar Lenovo Vibe K4 Note dilindungi dengan Gorilla Glass 3. Jadi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan layarnya dari segala jenis goresan yang tidak diinginkan.

Performa kompetitif

Secara standalone, Lenovo Vibe K4 Note bisa meladeni berbagai kebutuhan mobile, mulai dari gaming, chatting, hingga multitasking. Hal ini dikarenakan adanya dukungan chipset octa-core 64-bit MediaTek MT6753, yang dipadukan dengan RAM 3 GB, memori internal 32 GB yang bisa ditambah hingga 128 GB via microSD, serta berjalan di OS Android 5.1.1 Lollipop pada sektor dapur pacunya.

Dioperasikan dengan Vibe UI, Anda akan menemukan banyak kemudahan dalam penggunaan dan kostumasi Lenovo Vibe K4 Note, sekalipun untuk pengguna pertama smartphone berbasis Android. User interface ini memang tidak semutakhir yang dibayangkan, tapi cukup memberikan Anda pengalaman Android Lollipop ‘murni’ karena tidak membuang app drawer dan carousel layer, seperti yang dilakukan beberapa vendor China lewat user interface pada smartphone buatannya.

Masuk ke segmen mid-range, apa yang diusung Lenovo Vibe K4 Note pada sektor hardware dan software-nya ini memang sangat kompetitif. Anda hampir tidak akan menemui banyak kendala berarti ketika digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan yang disebutkan di atas.

Virtual reality cukup menghibur

Lenovo Vibe K4 Note dihadirkan bersama perangkat VR dari AntVR sebuah perusahaan penyedia konten VR bernama TheatreMax. Bahkan, smartphone ini diklaim sebagai smartphone pertama yang menggunakan teknologi yang mampu mengubah konten multimedia menjadi konten VR tersebut.

Perangkat AntVR yang dihadirkan mengusung material plastik matte yang ringan dengan strap yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala pengguna. Perangkat ini memiliki dua lensa asperikal yang akan menjadi perantara konten-konten VR ke mata.

Lenovo-vibe-k4-note-fullJadi, untuk menikmati konten VR, Anda cukup memasang smartphone Lenovo Vibe K4 Note ke perangkat AntVR dengan layar smartphone menghadap ke lensa. Perangkat ini mengusung konsep folding design, di mana pengguna hanya perlu membuka kedua lipatan pada bagian depannya yang digunakan untuk menjepit smartphone. Dengan begitu, bodi smartphone akan tertahan ketika pengguna menjalankan aplikasi-aplikasi VR.

Sayangnya, konsep desain seperti ini sedikit membuat khawatir jika sewaktu-waktu smartphone akan terlepas karena tidak terjepit dengan sempurna, apalagi perangkat terbilang cukup ringkih. Sejauh pengalaman kami, memang kekhawatiran itu tidak terjadi. Tapi tidak ada salahnya jika kita sedikit berhati-hati, bukan?

Yang mengasyikan, ketika konten VR diaktifkan pada Lenovo Vibe K4 Note, Anda akan diajak mengarungi dunia VR yang seru, mulai dari pantai yang indah, hutan yang teduh, hingga naik roller coaster yang mengerikan. Pengalaman dalam penggunaan perangkat dirasakan semakin maksimal dengan adanya teknologi audio Dolby Atmos pada speaker smartphone yang mampu memberikan sensasi sinematik.

Lenovo-vibe-k4-note-VRBersama kolaborasi kedua perangkat tersebut, Anda memang seolah-seolah sedang berada di dalam kondisi dan lingkungan yang diinginkan. Namun, untuk beberapa konten dirasakan terlalu menyiksa mata, sehingga terasa kurang nyaman.

Kamera bukan sekedar pelengkap fitur

Sebuah smartphone tentu tidak lengkap tanpa adanya fitur kamera yang mumpuni. Untungnya, Lenovo Vibe K4 Note dilengkapi dengan fitur kamera yang cukup bisa diandalkan untuk berbagai kondisi dan situasi.

IMG_20160327_071456Pada bagian belakangnya, hadir kamera 13 megapiksel yang diperkuat dengan Dual-LED untuk pengambilan gambar pada kondisi low-light. Fitur autuofocus (Phase detection) yang dimilikinya juga terbilang tanggap dan cepat menangkap objek dan fokus gambar. Sayangnya, untuk beberapa kasus pengambilan gambar, masih ada beberapa noise yang terpapar.

IMG_20160330_143047Bagi mereka yang suka selfie, terdapat kamera depan 5 megapiksel yang terbilang cukup mumpung menangkap fitur wajah pengguna ketika selfie maupun video call. Anda bisa melakukan selfie maupun wefie dengan hasil yang cukup memuaskan.

Untuk mengetahui beberapa hasil foto yang ditangkap dari kamera Lenovo Vibe K4 Note, Anda bisa mendapatkannya lebih detil di akun Flickr YANGCANGGIH.COM.

Baterai besar dan tahan lama

Dengan baterai berkapasitas 3.300 mAh, tidak dapat dipungkiri jika Lenovo Vibe K4 Note menjadi perangkat smartphone yang tahan lama. Dalam penggunaan normal, berdasarkan pengujian kami, smartphone ini bisa bertahan di atas 10 jam untuk penggunaan normal.

Yang disayangkan, untuk pengisian ulang baterainya terbilang cukup lama. Memakan waktu sekitar 2,5 jam dari kondisi 0% hingga 100%. Namun, untuk daya tahan sepanjang hari, tampaknya pengisian ulang seperti ini bisa dibilang jadi kompensasi yang pantas.

Kesimpulan

lenovo-vibe-k4-note-frontSebagai debut di dunia VR, Lenovo melalui perangkat Vibe K4 Note memang terbilang mampu mencatat sebuah performa yang cukup memuaskan. Secara standalone, smartphone ini hampir tidak memiliki kekurangan yang berarti. Apalagi dari harganya yang sangat kompetitif, membuat smartphone ini jadi ‘kuda hitam’ di segmen mid-range yang telah diramaikan oleh vendor-vendor pesaing.

Yang Canggih
+ Desain minimalis
+ Kinerja cepat
+ Layar cukup tajam untuk kebutuhan konten video
+ Dolby Atmos membuat pengalaman sinematik yang menyenangkan
+ Spesifikasi melebihi harganya
+ Hasil foto cukup baik

Yang Kurang
– Baterai tidak bisa diganti
– Konten VR bawaan kurang beragam
– Perangkat VR sedikit ringkih
– Hasil foto pada kondisi minim cahaya rentan kabur dan terpapar noise

[table]Spesifikasi; Lenovo Vibe K4 Note
Dimensi; 153,7 x 76,5 x 9,1 mm
Berat; 160 g
Layar; 5,5 inci (1080 x 1920), 401 ppi
Frekuensi; GSM/UMTS/LTE (Dual-SIM)
Sistem Operasi; Vibe UI (Android 5.0.1 Lollipop)
Prosesor; MediaTek MT6754 octa-core 1,5 GHz
GPU; ARM Mali-T720 MP3
RAM; 3 GB
Storage; 32 GB (support microSD card up to 128 GB)
Kamera; 13 MP (belakang) AutoFocus, 5 MP (depan)
Battery; 3.300 mAh
[/table]
Back to top button