6 Cara Menghindari Kebangkrutan Akibat Sering Internetan di Smartphone

Bagi pengguna smartphone, pengeluaran pulsa pasti lebih banyak dihabiskan untuk akses internet dibandingkan melakukan panggilan suara. Dengan semakin banyaknya aplikasi yang keren, penggunaan data internet semakin tak terkendali yang pada akhirnya menguras isi kantong.

Angry-woman-on-phone
Anda tidak ingin pengeluaran bulanan lebih banyak dihabiskan oleh akses data internet? Simak saja tips berikut ini yang akan menyelamatkan Anda dari kebangkrutan karena internetan:

1. Ketahui aplikasi yang rakus data

Anda bisa mengetahui aplikasi-aplikasi apa saja yang paling menguras kuota internet. Bagi pengguna iPhone cara yang dilakukan adalah membuka Settings dan pilih Cellular, sedangkan bagi pengguna Android bisa dengan cara membuka Setting dan Data usage.

Jika Anda sudah mendapatkan aplikasi apa saja yang paling rakus data, sebaiknya tap untuk melakukan pembatasan akses. Pasalnya, tidak semua pengguna smartphone sadar bahwa aplikasi yang digunakannya tersebut ternyata berpotensi membuatnya bangkrut setiap bulan.

2. Pilih akses streaming dengan kualitas rendah

Saat ini banyak aplikasi streaming yang cukup adiktif, seperti NetFlix, Spotify, Joox, Hooq, dan sebagainya. Bahayanya, aplikasi-aplikasi tersebut paling cepat menguras kuota internet.

Untungnya, aplikasi-aplikasi streaming tersebut telah memiliki pengaturan mengenai kualitas video atau audio yang ingin ditampilkan. Jadi, sebaiknya pilih saja kualitas streaming yang rendah untuk mengirit akses data, terutama jika Anda telah memasuki tanggal tua.

3. Jangan terlalu sering menggunakan fitur voice-call dan video-call

Memang aplikasi messenger seperti Line, BlackBerry Messenger, dan Skype punya layanan voice-call dan video-call yang seru. Bahkan aplikasi populer WhatsApp saat ini juga sudah bisa melakukan voice-call.

Tapi, jika bukan urusan yang penting, sebaiknya hindari fitur-fitur tersebut. Jika tidak, siap-siap saja, kuota internet Anda akan habis lebih cepat dari biasanya.

Tentunya jika Anda memakai paket data yang memberikan keleluasaan melakukan video call atau panggilan suara tanpa memotong kuota seperti paket Smartplan Limitless dari Smartfren, hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi.

4. Kurangi upload foto dan video

Bagi Anda yang suka akses social media, tentu sering meng-upload foto dan video untuk menyemarakkan timeline sekaligus unjuk eksistensi. Jika peduli dengan kondisi keuangan, sebaiknya kebiasaan ini dikurangi dari sekarang.

Ketika Anda pergi ke suatu tempat dan melakukan banyak sesi foto, sebaiknya jangan langsung di-upload keseluruhan foto tersebut. Sebaiknya pilih yang terbaik saja, terkecuali akses internet Anda unlimited.

5. Waspadai game yang menggunakan koneksi Internet

Game mobile yang seru saat ini memang lebih banyak menggunakan internet sebagai aksesnya. Saking serunya banyak yang tidak sadar bahwa ketebalan dompet penggunanya terancam.

Sebaiknya, kurangi hobi Anda bermain game yang menggunakan internet, karena Anda terus digiring untuk melakukan dowload versi dan level terbaru. Untuk menjaga agar hemat kuota data, pastikan Anda melakukan update atau hanya bermain dengan koneksi Wi-Fi saja.

6. Gunakan akses Wi-Fi daripada seluler

Cara ini memang paling populer digunakan banyak pengguna smartphone dalam mengirit kuota internet selulernya. Ketika sedang berada di rumah atau kantor, pastikan Anda mengalihkan akses internet ke jaringan Wi-Fi.

Untuk berbagai kepentingan yang sudah disebutkan dalam poin-poin di atas, sebainya dilakukan pada jaringan Wi-Fi dibandingkan seluler. Yang patut dicatat, gunakan kuota internet mobile Anda hanya ketika berada di luar rumah atau kantor atau dalam kondisi penting.

Verified by MonsterInsights