Home Mobile Gadget Review Smartfren Andromax M2Y

Review Smartfren Andromax M2Y

Dengan tujuan mempercepat penetrasi 4G LTE di Tanah Air, Smartfren tidak hanya meluncurkan jajaran smartphone terbarunya di seri Andromax. Produk-produknya di ranah MiFi (Mobile WiFi) yang menjadi solusi bagi pengguna yang membutuhkan koneksi Smartfren 4G di berbagai perangkat pun layak dilirik. Salah satunya adalah Andromax M2Y.

Desain mungil dan sederhana

Seperti pada seri MiFi yang lainnya, Andromax M2Y hadir dengan desain yang mungil dan sangat mudah untuk dibawa. Dengan material plastik, produk hasil kerjasama dengan Haier ini memiliki build quality yang solid dan berkualitas tinggi.Smartfren Andromax M2Y (4)Bentuknya ergonomis dengan dominasi warna silver (ada pula versi warna hitam) dan garis merah tipis yang mengelilinginya. Dari luar Anda hanya akan menemukan dua tombol fisik, satu untuk power dan satunya lagi untuk mengaktifkan WPS (Wi-Fi Protected Setup).

Ada enam lampu indikator di bagian depan Andromax M2Y. Empat yang berada di posisi atas adalah lampu indikator untuk sinyal, sambungan atau koneksi, Wi-Fi, dan WPS. Sementara dua di bawah adalah lampu indikator untuk tombol power yang jika berkedip menandakan MiFi aktif, serta indikator untuk sisa baterai.

Khusus untuk lampu indikator sinyal, jika berwarna hijau menandakan sinyal Smartfren 4G LTE yang didapat sangat bagus. Jika berwarna kuning berarti sinyalnya lemah. Merah menandakan tidak ada sinyal sama sekali. Sementara apabila merah berkedip, maka tidak ada SIM-card Smartfren yang terpasang.

Cover belakang dari Andromax M2Y bisa dibuka. Ketika Anda melepas baterai, Anda akan menemukan slot SIM-card dan slot microSD. Ada tombol reset untuk mengembalikan Andromax M2Y ke pengaturan awal yang berlokasi sedikit tersembunyi di dekat slot microSD.

Mampu menampung hingga 32 perangkat

Yang menjadi daya tarik dari MiFi Andromax M2Y adalah kemampuannya untuk menampung hingga 32 perangkat sekaligus, baik itu PC, smartphone, tablet, maupun yang lainnya. Pengaturan dan aktivasi awalnya pun sangat mudah. Smartfren menyediakan tutorial singkat di paket penjualan yang bisa Anda ikuti dengan cepat tanpa kesulitan. Terlebih lagi, Andromax M2Y juga mendukung Mobile WiFi App untuk mengatur lewat smartphone.Smartfren Andromax M2Y (1)Secara spesifikasi, Andromax M2Y memiliki WiFi 2.4 GHz. Slot microSD yang tersedia bisa difungsikan sebagai wireless storage untuk berbagi file seperti musik, video, atau apapun dengan pengguna lainnya. Slot microSD ini mampu mendukung hingga kapasitas 32 GB.

Kami pun tertarik mencoba kualitas Smartfren 4G LTE Advanced di beberapa lokasi di Jabodetabek. Hasilnya cukup memuaskan. Jarang sekali kami menemukan sinyal berwarna kuning. Smartfren memang membuktikan janjinya sebagai penyedia layanan 4G LTE paling luas dan stabil di Indonesia saat ini. Untuk digunakan browsing, mengakses media sosial, bahkan menonton video di YouTube dengan resolusi 720p pun kami tidak pernah menemukan kendala alias lancar.

Soal kecepatan, berikut pengujian menggunakan aplikasi SpeedTest dari Ookla yang kami lakukan di beberapa tempat.

Baterai lumayan awet

Berbekal baterai 2000 mAh, Smartfren menjanjikan Andromax M2Y mampu digunakan hingga 10 jam. Hasil yang kami dapat tidak sesuai dengan informasi tersebut, namun masih dalam kategori cukup memuaskan. Dari kondisi baterai penuh, pemakaian aktif untuk terhubung ke sebuah smartphone yang digunakan untuk chatting, browsing, dan terkadang menonton video di YouTube, Andromax M2Y mampu menyala selama kurang lebih 8 jam.

Kesimpulan

Produk MiFi garapan Smartfren dan Haier yang satu ini terbilang menarik. Tidak hanya karena mampu menampung hingga 32 perangkat sekaligus, melainkan juga karena desainnya yang ringkas dan baterainya yang lumayan untuk menemani Anda internetan sehari-hari. Jaringan Smartfren 4G yang luas dan cukup stabil pun menjadi nilai plus tersendiri. (Untuk lebih jelasnya tentang cakupan area Smartfren 4G di Indonesia, langsung saja klik tautan berikut ini)

Dengan banderol Rp299.000, Anda akan mendapatkan tidak hanya MiFi Andromax M2Y, tetapi juga kartu Smartfren 4G dengan kuota utama 1.5 GB ditambah 3 GB internet malam, serta bonus isi ulang 2 GB (minimal Rp100.000) selama 12 bulan atau 12 kali.

Andromax M2Y cocok bagi Anda yang selalu mobile dan membutuhkan dukungan internet yang memadai untuk semua perangkat Anda.

Yang Canggih:

+ Mampu menampung hingga 32 perangkat
+ Tersedia fitur wireless storage
+ Lampu indikator sangat membantu dalam memberikan informasi
+ Baterai lumayan awet
+ Aktivasi dan pengaturan MiFi tergolong mudah
+ Cakupan jaringan Smartfren 4G sangat luas
+ Harga murah

Yang Kurang:

– Terasa sedikit panas setelah digunakan lebih dari satu jam

Review Smartfren Andromax M2Y 1
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.