10 Game Android Gratis Terbaik di bulan April 2016

Kami tahu Anda punya sekian banyak kesibukan yang membuat kepala penat. Jadi, mungkin Anda butuh hiburan dengan bermain game-game di ponsel ataupun tablet kesayangan Anda. Namun memilih game-game Android yang berkualitas terkadang juga membuat Anda pusing kepala karena begitu banyaknya pilihan.

Karena itulah, kami kembali lagi memilihkan 10 Game Android gratis terbaik yang bisa Anda coba di bulan April 2016 ini. Selamat bermain…!

1. Barrier X

1.-barrier-x

Mungkin memang formula dasar dari game ini sangat sederhana atau bahkan mirip dengan game-game runner semacam Subway Surfer.

Namun yang membuat Barrier X berbeda adalah gaya grafisnya yang unik dan berbeda dengan kebanyakan game-game Android lainnya. Kebanyakan game-game Android lain menggunakan gaya kartun ataupun anime.

Sedangkan Barrier X menawarkan grafis psychadelic dicampur dengan grafis futuristis ala Tron. Dari tampilannya saja, Anda akan tahu bahwa game ini memang bertujuan untuk mencuri perhatian dengan keunikannya, bukan dengan mencuri ide game-game lainnya (seperti kebanyakan game-game Android lainnya).

Gameplay-nya, jika Anda suka dan merasa jago bermain game-game runner, Anda mungkin akan menemukan kesenangan sekaligus tantangan baru dalam memainkannya. Pasalnya, ritme game ini jauh lebih cepat ketimbang game-game sejenisnya.

2. Run Bob Run

2.-run-bob-run

Berbeda dengan game sebelumnya, Run Bob Run menawarkan grafis gaya kartun yang bahkan mungkin terlihat lebih cocok untuk dimainkan oleh anak-anak.

Namun demikian, kami tidak peduli… Kami sangat menyukai gameplay yang ditawarkan. Game ini mungkin memang tidak sesulit Barrier X di atas tapi ia tetap akan menghibur Anda di kala senggang.

Di sini, Anda akan berperan sebagai seorang perampok bank yang baru saja berhasil merampok. Tugas Anda adalah menghantarkan sang perampok tadi ke tempat persembunyian.

Tentunya, tugas Anda tidak akan semudah membalikkan telapak tangan. Mobil Anda akan memiliki bahan bakar yang terbatas, polisi akan mengejar Anda, dan Anda bisa mengumpulkan poin-poin lebih dengan melewati jalan-jalan tertentu.

Jadi, Anda harus berpikir dan bermanuver dengan cepat agar tetap bisa sampai di tujuan tanpa tertangkap dan kehabisan bensin.

3. Equinox

3.-equinox

Kami mungkin memang menyadari bahwa game ini sepertinya dibuat untuk para nerd yang tidak peduli dengan grafis bombastis.

Namun begitu, kami menilai kualitas sebuah game berdasarkan gameplay-nya, bukan grafisnya. Di Equinox, Anda akan menggerakkan sebuah bulatan putih (yang juga dapat berubah warna jadi hitam) berekor panjang yang mirip dengan ehm…

Namun justru kesederhanaan grafisnyalah yang membuat game ini mencuri perhatian kami. Game ini hanya akan menyajikan bulatan dan kotak-kotak sebagai tempat berpijak namun kami benar-benar tak bisa berhenti memainkannya.

Tugas Anda sebenarnya simple. Anda diharuskan bergerak menuju pintu keluar di setiap levelnya, yang biasanya terletak di bagian atas tiap level. Namun Anda diharuskan bergerak dengan cepat namun terukur.

Oh iya, asiknya lagi, game ini tidak memiliki In-App Purchase! Yeah…!! Jadi, selamat melatih jari-jemari Anda.

4. Basketball Stars

4.-basketball-stars

Mungkin, salah satu genre tersulit yang coba dibuat di platform touchscreen gaming adalah sport. Pasalnya, biasanya genre sport membutuhkan kendali yang sempurna agar bisa dinikmati para gamernya. Sedangkan platform mobile biasanya hanya memiliki akses ke layar sentuh.

Namun demikian, akhirnya kami menemukan game sport baru yang cukup mengasikkan dimainkan di Android. Basketball Stars dari Miniclip ini menggunakan mekanisme geser (swipe) dan ketuk (tap) sebagai kendali utamanya.

Plus, Anda juga tidak akan mengendalikan satu tim ataupun bermain tim vs tim. Namun Anda hanya akan mengendalikan satu pemain di permainan 1 on 1. Jujur saja, kami lebih menyukai ide yang sederhana namun dengan implementasi sempurna ketimbang ide yang muluk dengan implementasi buruk.

Basketball Stars merupakan salah satu contoh game dari ide yang sederhana dengan implementasi sempurna tadi.

5. Marvel Avengers Academy

5.-marvel-avengers-academy

Game ini sebenarnya sudah dirilis beberapa waktu yang lalu. Namun, akhirnya kami memutuskan untuk memasukkannya karena memang keunikan dan keasikkannya.

Pertama, mungkin inilah game pertama yang ‘berbau’ Marvel yang tidak ada pertarungannya sama sekali. MAA mungkin lebih tepat dikategorikan sebagai game sims atau tycoon.

Anda akan ditugaskan untuk mengembangkan kampus yang berisikan para jagoan Marvel. Kami benar-benar mengagumi ide dari TinyCo sebagai sang developer. Pasalnya, di sini, jagoan-jagoan Marvel tadi juga digambarkan ketika mereka masih di usia mudanya.

6. White Day Lite

Game selanjutnya datang dari genre horor. Percaya kami, game besutan developer asal Korea ini akan membuat Anda susah tidur di malam hari.

Game ini menyuguhkan kualitas grafis dan atmosfir yang benar-benar di atas kebanyakan game-game free-to-play.

Namun game ini memang sebenarnya adalah game premium namun Anda bisa mendapatkan versi gratisannya dengan sejumlah batasan. Saran kami, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu.

Jika Anda suka dengan White Day Lite, Anda bisa langsung membelinya untuk mendapatkan semua konten di dalamnya.

Jika Anda tidak suka atau game ini terlalu menakutkan, Anda mungkin bisa mencari game lainnya yang lebih ‘bersahabat’.

7. Spirit Master

7.-spirit-master

Berbeda dari game-game sebelumnya dari daftar kita kali ini, yang bisa dimainkan di kala senggang tanpa butuh investasi waktu yang berkepanjangan, Spirit Master merupakan game Role Playing yang akan menuntut banyak waktu Anda.

Namun demikian, salah satu keunggulan Spirit Master dibanding RPG-RPG free to play Android lainnya yang jumlahnya ribuan, game ini menawarkan kustomisasi karakter yang cukup menarik.

Salah satu alasan lain kami menyukai game ini adalah grafisnya yang unyu-unyu. Kompleksitas gameplay-nya pun juga cukup tinggi. Sayangnya, layaknya RPG Android free-to-play lainnya, ada elemen pay-to-win yang bisa Anda temukan di sini. Namun, kami tetap bisa menikmati permainannya tanpa merogoh kocek sekalipun.

8. Driving Zone: Rusia

8.-driviing-zone-rusia

Pernahkah Anda berandai-andai seperti apa rasanya mengemudikan mobil di Rusia? Well, game ini juga tidak akan menawarkan pengalaman itu… Jujur saja, kami juga tidak tahu mengapa game ini ada kata Rusia di belakangnya.

Game ini juga tidak punya tujuan atau tantangan yang jelas. Anda hanya perlu mengendarai mobil sejauh mungkin dalam waktu yang telah Anda tentukan sendiri sebelumnya. Sungguh, awalnya kami juga mengira game ini hanyalah game setengah jadi. Bahkan UI di menu utamanya pun sangat minta ampun jeleknya.

Namun, begitu kami masuk ke dalam permainan, grafisnya terlihat sangat mulus (meski Anda tidak bisa berharap dengan tingkat detil setingkat game-game konsol ataupun PC). Physics di dalam game ini pun terasa sangat riil.

Mengemudikan mobil di sini membuat kami jadi tidak bosan lagi menemani istri saat belanja sepatu… ^,^

9. Papa Bravo

9.-papa-bravo

Sebelum Anda bertanya, kami akan langsung menjawabnya, “kami juga tidak tahu mengapa namanya sama sekali tidak relevan dengan game-nya…”

Namun begitu, kami cukup menikmati permainan yang ditawarkan oleh game 3rd person shooter yang satu ini. Feel setiap tembakannya terasa mantab, grafisnya cukup sedap, dan gameplay-nya pun juga cukup lengkap.

Satu-satunya kekurangan yang bagi kami cukup mengganggu adalah kontrolnya yang menggunakan virtual-pad. Mungkin memang hal ini sangat subyektif dari kami karena kami memang mungkin tidak akan pernah terbiasa menggunakan gamepad di sebuah layar sentuh.

10. Angry Birds Action!

10.-angry-birds-action

Siapakah yang tidak mengenal nama Angry Birds sebelumnya? Salah satu game yang mengawali era keemasan mobile gaming ini terus melebarkan franchise-nya – ia bahkan akan menjadi salah satu film layar lebar pertama yang diangkat dari game mobile.

Sembari menunggu filmnya tayang di bioskop bulan Mei nanti, Anda bisa menikmati permainan baru Angry Birds dalam Angry Birds Action!

Lalu apa bedanya dengan Angry Birds yang sebelum-sebelumnya? Pertama, mungkin inilah game pertama Angry Birds yang menggunakan karakter yang juga digunakan di filmnya nanti.

Kedua, game ini sedikit lebih kompleks ketimbang game Angry Birds standar dimana Anda hanya diharuskan menghancurkan markas para babi. Di sini, selain sudut pandangnya berubah jadi top-down, sebelumnya side-scroll, ada lebih banyak tujuan dan target yang bisa Anda kejar.

Verified by MonsterInsights