Quantcast
KomputerLaptopReview

Review Acer Aspire F15 F5-572G

Di saat laptop gaming yang umumnya memiliki layar 17 inci tengah berevolusi dan berusaha mengembalikan pamornya dengan menawarkan desain bodi lebih langsing dan performa yang bertenaga, laptop dengan layar 15 inci pun ikut bangkit kembali. Imbasnya, notebook dengan layar 15 inci dari berbagai brand kini mulai bermunculan dengan menawarkan konsep yang lebih menarik. Salah satunya adalah Acer Aspire F15 F5-572G yang akan kami review berikut ini.

Desain Tampil Beda
acer F15-1

Acer Aspire F15 F5-572G tampil percaya diri dengan desain kemasan yang cukup trendi. Bagian casenya yang terbuat dari bahan plastik hadir dengan permukaan yang bertekstur. Membuatnya tampil lebih atraktif dan menarik perhatian dibandingkan laptop kebanyakan yang umumnya tampil polos dengan bahan casing mate atau glossy.

Bodinya yang berdimensi 381.6 x 256 x 24.9/29.2 mm dan bobot sekitar 2.4 Kg memang terlihat bongsor dan relatif berat. Kendati demikian, laptop ini masih cukup ideal untuk diajak berpergian dengan catatan Anda memiliki ukuran tas yang cukup besar.

acer quick acess-2

Di sektor layar, Acer Aspire F15 F5-572G hadir dengan layar Full HD 1920 x 1080 pixel berukuran 15.6 inci. Tampilan di layarnya sendiri cukup tajam dengan kontras dan saturasi warna yang cukup baik. Cocok untuk bekerja, bermain game hingga menikmati konten multimedia lain. Untuk menjaga kenyamanan mata Anda saat menatap layarnya dalam waktu yang lama, Acer telah melengkapi laptop ini dengan teknologi Acer Bluelight Shield. Saat mode ini aktif, patut diakui fiturnya memang cukup efektif membantu memaksimalkan tampilan di layar agar mata tidak cepat lelah. Tentunya ini sangat penting terutama untuk pengguna yang gemar bermain game atau bekerja.

acer F15-2

Selain tampilan luar yang memikat, sentuhan desain bergaya metal juga terlihat mendominasi di area keyboard dan touchpadnya. Ini langsung mendongkrak tampilannya yang menjadi terlihat lebih premium. Acer melengkapi laptop ini dengan keyboard yang berukuran penuh lengkap dengan tombol numlock. Ukuran tombolnya yang besar dan menonjol menjadikan mengetik di keyboardnya terasa nyaman. Selain itu, ukuran trackpadnya yang besar dan respon dengan sapuan jari juga amat membantu saat jari melakukan navigasi.

Sektor konektivitasnya pun cukup lengkap. Untuk terhubung ke perangkat lain tersedia 2 port USB 3.0, 1 port USB 2.0, HDMI dan ODD DVD Super Multi. Khusus untuk port USB, Acer turut menghadirkan fitur Power-Off USB yang memungkinkan pengguna isi ulang baterai smartphone melalui port USB saat laptop dalam kondisi mati atau tidak menyala. Selain itu tersedia juga port ethernet, slot kartu memori SD dan headphone jack yang semuanya sangat mudah diakses dan tidak menggangu satu sama lain.

Performa memadai
Bermodalkan prosesor Intel generasi keenam, Intel Core i7-6500U yang disokong RAM 8GB, menjadikan kinerjanya memang cukup bisa diandalkan. Beragam tugas komputasi dasar yang kami kerjakan seperti mengetik dokumen, browsing, hingga mengolah foto bisa dituntaskannya dengan tanpa masalah.

spec acer F15-1

Untuk multimedia, Anda pun tidak perlu meragukannya. Koleksi film dengan resolusi Full HD bisa dijalankan laptop ini dengan mulus. Berbekal sepasang speaker dan dukungan fitur Acer True Harmony, suara yang dihasilkannya juga cukup lantang dan membuat menonton film atau bermain game menjadi lebih maksimal. Menyesuaikan kebutuhan pengguna, Acer True Harmony dapat mengoptimalkan pengaturan suara secara otomatis dengan suara surround virtual yang bisa disesuaikan untuk menonton film, main game dan mendengarkan musik.

Lalu apakah laptop ini bisa diajak untuk bermain game? Jawabannya, bisa. Dengan dukungan kartu grafis Nvidia GeForce 940M 2GB kami berhasil menjalankan beberapa judul game yang tengah populer saat ini. Game sekelas Metal Gear Solid V: Phantom Pain, laptop ini bisa menjalankannya di resolusi Full HD dengan cukup mulus di pengaturan High dengan mencatakan rata-rata 18-20fps. Sementara di pengaturan medium berhasil mendapat 28-30fps. Untuk hasil benchmark bisa dilihat berikut ini.

Baterai rata-rata
Dengan membawa baterai Li-ion 37 Wh 4-cell, saat kami gunakan dengan skema terhubung terus ke WiFi, pengaturan tingkat gelap terang layar maksimum, mengerjakan dokumen sambil streaming video di Youtube nonstop di resolusi Full HD, notebook ini hanya bisa bertahan hingga sekitar 2.5jam.

Kesimpulan
acer F15-6

Memadukan spesifikasi mumpuni berbekal prosesor Intel Core i7 generasi keenam dan layar Full HD yang lapang, menjadikan laptop ini ideal untuk beragam kebutuhan. Cocok untuk Anda yang mengidamkan laptop layar besar dengan harga yang tidak terlalu menguras kantong. Pasalnya, harganya yang dibanderol sekitar Rp11.999.000 cukup sepadan dengan spesifikasi yang ditawarkannya. Apalagi, dengan dukungan sektor grafis yang cukup mumpuni bisa menjadikannya sebagai alternatif laptop gaming untuk para gamer yang punya dana terbatas.

Yang Canggih
+ Performa memadai untuk multimedia dan gaming
+ Desain unik
+ Kualitas audio Oke
+ Harga relatif terjangkau

Yang Kurang
– Bobot relatif berat
– Rancangan bodi kurang kokoh

Back to top button