Home Review Review Smartfren Andromax R2

Review Smartfren Andromax R2

Sejak masuk ke ranah 4G, Smartfren gencar meluncurkan smartphone-smartphone terbarunya yang telah mendukung internet berkecepatan tinggi itu. Bahkan, belum lama ini mereka menghadirkan Andromax R2, satu dari dua smartphone Android pertama Smartfren yang telah mendukung VoLTE (Voice over LTE). Seperti apa kecanggihannya? Simak ulasannya berikut ini.

Desain ramping dan ringan

Smartfren Andromax R2 memiliki desain unibody yang ramping dan stylish dengan bentuk yang ergonomis. Meski masih didominasi bahan plastik, bagian frame dari smartphone ini menggunakan material metal yang membuatnya terlihat sedikit lebih premium.

Bodinya cukup ramping dan ringan. Sangat nyaman untuk digenggam maupun dimasukkan ke dalam saku. Tidak licin sehingga meminimalisir kemungkinan lepas dari genggaman. HiSense selaku partner dari Smartfren dalam membuat Andromax R2 lagi-lagi mampu menghadirkan produk dengan build quality yang baik dan tidak murahan.

UI yang memudahkan, banyak aplikasi bawaan

Smartfren tidak menghadirkan user interface khusus di Andromax R2. Tampilannya kurang lebih sama dengan beberapa seri Andromax lainnya. Cukup sederhana dan memudahkan Anda untuk mengakses berbagai pengaturan.

Seperti seri Andromax lainnya, Smartfren menanamkan aplikasi-aplikasi bawaan di Andromax R2 yang mungkin tidak semuanya dibutuhkan pengguna, seperti Smart Play, SmartCall, Smart Face Call, SmartShield, MySmartfren, Uangku, dan masih banyak lagi. Khusus untuk MySmartfren, aplikasi ini memiliki widget yang bisa menampilkan informasi terkait nomor Smartfren Anda, misalnya sisa saldo maupun sisa kuota.

Andromax R2 juga memiliki fitur motions and gestures, yang sesuai namanya, berguna untuk memberikan akses cepat. Contohnya ‘Double tap to awake’ untuk menghidupkan layar dengan menyentuhnya dua kali.

Layar enak dipandang

Berbekal teknologi IPS dengan ukuran 5 inci dan resolusi HD, layar dari Andromax R2 sudah sangat mencukupi untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan. Tajam dengan tingkat kecerahan yang baik dan keluaran warna yang sedap dipandang. Satu hal yang perlu digarisbawahi, smartphone ini belum memiliki pengaturan tingkat kecerahan layar secara otomatis.Smartfren Andromax R2 (7)Selain itu, Smartfren tak lupa memberikan perlindungan khusus pada layar tersebut. Dragon Trail Glass dipilih untuk melapisi bagian depan Andromax R2 dengan tujuan meminimalisir kemungkinan tergores atau pecah.

Di sektor audio, Smartren membekali Andromax R2 dengan teknologi Dolby Digital Plus. Fitur ini memungkinkan Anda untuk merasakan pengalaman audio yang lebih sinematik ketika menonton film. Walaupun demikian, kualitas speaker internalnya terbilang standar. Cukup jernih di pengaturan volume rendah hingga menengah, namun kurang enak didengar di volume tertinggi.

Kamera belakang dan depan dibekali LED flash

Tak dapat dipungkiri bahwa sektor kamera selalu menjadi salah satu pertimbangan utama dari para pengguna ketika membeli smartphone. Smartfren jelas tidak mau mengesampingkan hal itu. Hasilnya, Andromax R2 memiliki kamera belakang BSI Sensor 13 megapixel dan kamera depan 5 megapixel.

Untuk pemotretan di kondisi minim cahaya Anda akan dibantu LED flash ganda (white dan amber) di belakang. Tak hanya itu, Smartfren juga memfasilitasi para penggemar selfie dengan membenamkan sebuah lampu flash untuk mendukung kamera depan.

Soal UI kamera, tak banyak mode yang tersedia di smartphone ini. Hanya Auto, Portrait, Candelight, dan Night. Meski begitu, Anda masih bisa menemukan pengaturan seperti ISO, White Balance, filter, HDR, dan sebagainya.

Hasil jepretannya sendiri tergolong bagus di kondisi cahaya yang mencukupi. Jika dibandingkan dengan smartphone lainnya di range harga yang sama, kamera Andromax R2 bisa dibilang salah satu yang paling menarik untuk dipertimbangkan. Ketika mengambil gambar di kondisi cahaya yang minim, hasilnya memang kurang tajam. Untungnya semua kamera Andromax R2 ditemani lampu flash.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa foto yang kami abadikan menggunakan kamera Smartfren Andromax R2. Anda juga bisa melihat hasil yang lebih lengkap di akun Flickr resmi YangCanggih.com:

Perfoma cukup untuk harian

Sesuai data dari website resmi Smartfren, Andromax R2 menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 415 dengan prosesor octa-core Cortex A53 berkecepatan 1.4 GHz, dan GPU Adreno 405. Walaupun demikian, CPU-Z salah membacanya sebagai Snapdragon 615. Ditemani RAM 2GB, kombinasi ini sudah lebih dari cukup untuk mendukung berbagai aktivitas standar di smartphone Android pada umumnya. Bahkan untuk gaming pun tergolong lumayan. Yang tak kalah menarik, Andromax R2 memiliki sensor yang cukup komplit (lihat screenshot CPU-Z).

Kami menggunakan Andromax R2 selama sekitar satu pekan dan tidak menemukan masalah berarti terkait performa. Responsif dan lancar untuk diajak menjalankan aplikasi apapun.

Andromax R2 menyediakan memori internal sebesar 16GB yang cocok digunakan untuk menyimpan foto, video, musik, atau aplikasi berukuran besar. Jika masih kurang, Anda dapat memanfaatkan slot microSD yang bisa disisipkan hingga kapasitas 32GB.Andromax R2 Asphalt 8Seperti pada review-review smartphone sebelumnya, kami juga mencoba menjalankan game 3D populer yakni Asphalt 8 dan Mortal Kombat X di Andromax R2. Keduanya mampu berjalan mulus dan responsif, dan sangat jarang sekali ditemukan lag.

Berikut kami sajikan hasil dari beberapa aplikasi benchmark yang kami gunakan di Andromax R2:

Panggilan telepon lebih jernih dengan VoLTE

Ya, salah satu nilai jual utama dari Andromax R2 adalah kemampuannya mendukung VoLTE alias Voice over LTE. Bagi Anda yang belum mengenal teknologi ini, sesuai namanya VoLTE memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan telepon lewat jaringan 4G. Kelebihannya adalah kualitas suara HD yang jauh lebih jernih dan sambungan ke nomor tujuan yang lebih cepat.

Melalui VoLTE Anda juga bisa berpindah ke layanan video call dengan mudah. Serunya lagi, selagi menggunakan VoLTE Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas yang terkait data, seperti browsing atau download.

Inilah yang coba ditawarkan oleh Smartfren lewat Andromax R2. Namun karena Smartfren merupakan yang pertama menghadirkan VoLTE di Indonesia, saat ini layanan tersebut hanya bisa digunakan ke sesama pengguna Smartfren yang juga menggunakan Andromax R2 atau E2.

Untuk mengaktifkan VoLTE sangat mudah. Anda hanya perlu membuka jendela pengaturan yang menjadi satu dengan notifikasi. Pilih icon VoLTE. Jika sudah aktif, maka akan muncul logo VoLTE di status bar (bagian atas layar).

Baterai lumayan awet

Smartfren tidak membekali Andromax R2 dengan baterai besar. Hanya 2320 mAh. Meski begitu, ini sudah cukup untuk membuat smartphone ini menemani aktivitas Anda dari pagi hingga sore. Tentunya dengan pemakaian standar seperti browsing, chatting, sosial media, dan sesekali menelepon, menonton video di YouTube, dan bermain game.

Berikut hasil pengujian baterai menggunakan aplikasi PCMark for Android (battery test):

Kesimpulan

Sebagai sebuah perusahaan yang berniat mempercepat penetrasi 4G di Tanah Air, Smartfren lagi-lagi berhasil menyediakan perangkat pendukung jaringan mereka yang cukup menarik. Tetap berada di harga yang kompetitif, namun mampu menawarkan kualitas yang bagus di kelasnya dan dukungan teknologi terkini, yakni VoLTE.Smartfren Andromax R2Dengan banderol harga Rp1.699.000 yang dipadukan dengan paket Internet True Unlimited yang kencang dan bebas kuota, Smartfren Andromax R2 dapat menjadi pilihan bagi Anda yang membutuhkan solusi Internet 4G yang cepat dan terjangkau.

Yang Canggih:

+ Desaing ramping dan ringan
+ Telah mendukung VoLTE
+ Performa cukup baik di kelasnya
+ Hasil foto di kondisi cahaya ideal bagus
+ Mendukung USB OTG
+ Sensor yang tersedia cukup komplit
+ Harga tetap kompetitif

Yang Kurang:

– Cover belakang mudah kotor dengan sidik jari
– Banyak aplikasi bawaan yang mungkin tidak dibutuhkan

[table]Spesifikasi;Smartfren Andromax R2
SoC;Qualcomm Snapdragon 415 dengan prosesor octa-core 1.4 GHz
GPU;Adreno 405
Layar;IPS 5 inci 720p
RAM;2 GB
Memori Internal;16 GB
Kamera;Belakang 13 megapixel (autofocus dan dual-LED Flash) / depan 5 megapixel (LED flash)
Baterai;2320 mAh
Konektivitas;4G, Bluetooth 4.0, A-GPS, WiFi 802.11 b/g/n, microUSB (support USB OTG)
OS;Android 5.1 Lollipop
Fitur;VoLTE (Voice over LTE), Dolby Digital Plus
[/table]

Review Smartfren Andromax R2 1
Yossie Dwi Pranantohttps://www.yangcanggih.com
Penggemar game dan musik ini adalah Channel Editor untuk Mobile Gadget.