Home ApplianceHome GadgetNews

Kini Robot Bisa Dipekerjakan Sebagai Resepsionis Hotel

Dibandingkan negara lainnya, sepertinya Jepang yang paling agresif melibatkan robot sebagai pelengkap industri dan kehidupan sehari-hari. Kali ini, sebuah robot canggih dipekerjakan sebagai resepsionis untuk menyambut tamu yang menginap di hotel Hilton.

connie-robotRobot hasil kolaborasi Hilton dan IBM ini bernama Connie, yang tak lain nama panggilan dari Conrad Hilton, pemilik jaringan hotel Hilton. IBM mengklaim Connie sebagai robot Nao berbasis teknologi Watson pertama di dunia yang masuk ke industri hospitality.

Untuk saat ini, Connie tidak benar-benar sepenuhnya menggantikan fungsi manusia sebagai staf hotel di front desk. Namun, kehadirannya dianggap bisa menambah pengalaman yang menyenangkan bagi tamu hotel karena sanggup memberikan banyak informasi yang dibutuhkan seputar rencana penginapan.

Hal tersebut memungkinkan karena Connie dibenamkan teknologi Watson dari IBM yang terdiri dari fitur-fitur Watson’s Dialog untuk kemampuan berbicara, Speech to Text, Text to Speech, dan Natural Language Classifier API yang memungkinkan robot ini berbicara fasih dalam bahasa lokal seperti halnya manusia.

Connie juga memiliki otak berbasis WayBlazer yang mampu memberikan rekomendasi kuliner lokal, tempat hiburan, dan sebagainya di sekitar lokasi hotel. Robot ini bahkan sanggup mempelajari kebiasaan manusia mulai dari cara berbicara hingga kegemarannya. Jadi, semakin banyak dia berinteraksi dengan manusia maka kepandaiannya semakin tinggi.

connie-robot-ibm-hiltonKolaborasi ini nantinya tidak hanya akan berlangsung di Jepang saja, karena pihak IBM berencana memasok robot Nao di berbagai negara. Jadi, sepertinya untuk Indonesia siap-siap saja bakal kehadiran ‘Connie’ lainnya dengan bahasa lokal di hotel-hotel terkemuka. Menggunakan Bahasa Betawi atau Jawa? Mungkin saja.

Back to top button