Quantcast
AplikasiNews

Inilah Daftar Perangkat dan Platform Mobile yang Bakal Ditinggalkan WhatsApp

Harus diakui, WhatsApp merupakan aplikasi messaging paling populer saat ini dan seolah menjadi aplikasi wajib yang harus terinstal di sebuah smartphone maupun tablet. Sayangnya, WhatsApp tidak akan lagi memberikan dukungan ke beberapa perangkat mobile untuk tahun ini. 

whatsappYa, berdasarkan informasi yang kami kutip dari blog resminya, Kamis (3/3/2016), WhatsApp hanya ingin melakukan pengembangan produknya ke platform mobile yang paling banyak digunakan. Dengan begitu, hingga akhir tahun 2016, pihaknya tidak akan lagi hadir di beberapa platform dan perangkat, yakni:

– BlackBerry, termasuk BlackBerry 10
– Nokia S40
– Nokia Symbian S60
– Android 2.1 dan Android 2.2
– Windows Phone 7.1

“Meskipun perangkat mobile tersebut telah menjadi bagian penting dari eksistensi kami, mereka tidak bisa memberikan kemampuan yang kami minta untuk memperluas fitur unggulan di masa depan,” demikian bunyi pernyataan resmi WhatsApp tersebut.

Sekedar membalik waktu, pada 7 tahun silam, WhatApp memang lebih banyak digunakan pada smartphone BlackBerry dan perangkat Nokia, di mana pangsa pasarnya mencapai sekitar 70% pengguna. Sementara platform mobile yang ditawarkan Google, Apple, dan Microsoft masih di bawah 25%, di mana kondisinya kini berbalik karena ketiganya (jika digabungkan) telah menguasai pangsa pasar hingga 95,5% pengguna.

WhatsApp mengakui keputusan yang dibuatnya ini sangat sulit karena adanya semacam keterikatan sejarah dengan perangkat-perangkat yang kelak ditinggalkannya itu. Namun, hal ini juga menjadi keputusan yang tepat untuk memberikan pengalaman yang lebih baik lagi kepada pengguna untuk selalu terhubung dengan aplikasi populer tersebut.

“Jika Anda menggunakan salah satu perangkat mobile yang terkena dampak tersebut, kami sarankan upgrade ke Android, iPhone, atau Windows Phone terbaru sebelum akhir 2016 agar bisa terus menggunakan WhatsApp,” saran WhatsApp menutupi pernyatannya.

Artikel terkait

Back to top button