[CES 2016] Ehang 184: Drone Pertama di Dunia dengan Satu Penumpang

Produsen drone asal Cina, Ehang, menggebrak CES 2016 dengan meluncurkan drone pertama di dunia yang sanggup membawa satu penumpang.

ehang 184-2

Drone bernama Ehang 184 ini diklaim sebagai solusi transportasi udara otonom jarak pendek dan menengah yang paling aman, pintar sekaligus ramah lingkungan. Ini terbukti dengan rancangan desainnya yang memang tidak memerlukan bahan bakar. Bahkan dengan teknologi canggih yang diusungnya memungkinkan semua orang bisa terbang tanpa perlu bantuan seorang pilot.

Ehang 184 hadir dengan tinggi sekitar 1.4 meter. Bodinya terbuat dari bahan fibre-epoxy komposit dengan tulang dan kaki-kaki yang terbuat dari alumunium. Untuk terbang drone ini mengandalkan motor elektrik dengan 4 kaki baling-baling ganda dengan total 8 baling-baling. Keempat kaki baling-balingnya ini juga bisa dilipat keatas untuk mempermudah Anda menyimpannya.

ehang 184-1

svg%3E

Sebagai pengganti bahan bakar, Ehang 184 mengandalkan baterai untuk terbang. Baterainya ini bisa digunakan untuk terbang hingga sekitar 23 menit dengan waktu isi ulang baterai sekitar 4 jam.

Dengan mengusung konsep drone, Ehang 184 dirancang sangat mudah digunakan. Untuk menerbangkannya, Anda hanya perlu mengisi tujuan destinasi di layar sentuh miliknya yang ada di depan kursi penumpang. Kemudian, secara otomatis komputer Ehang 184 akan menghitung jarak tercepat dan teraman untuk menerbangkan Anda sampai ke tujuan. Kecepatan maksimum terbangnya mencapai 100 kilometer per jam dan bisa terbang hingga ketinggian 3400 meter.

ehang 184-3

Tentunya Anda akan bertanya, bagaimana dengan faktor keamanan drone ini? Dengan teknologi pintarnya, Ehang mengklaim jika salah satu baling-baling rusak, Ehang 184 tetap masih bisa terbang. Sementara dengan dukungan fitur Ehangen fail safe system yang dimilikinya, jika sistem Ehang 184 mengalami malfungsi secara otomatis drone ini akan mendarat ke area terdekat di sekitar.

Ehang 184 akan mulai tersedia di tahun 2016 ini. Harganya pun tidak murah. Ehang 184 akan dijual dengan harga mulai dari US$200.000 hingga US$300.000. Berminat?

Verified by MonsterInsights