[CES 2016] Google Berkolaborasi dengan Lenovo Hadirkan Smartphone Project Tango Berbasis 3D Augmented Reality

Di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2016 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat, Lenovo melakukan gebrakan tersendiri. Ya, vendor China ini berkolaborasi dengan Google untuk mewujudkan sebuah smartphone berteknologi augmented reality 3-dimensi (3D) atau yang biasa disebut Project Tango.

foto: slashgear.com

Menurut Johny Lee, smartphone berbasis Project Tanggo memanfaatkan ruang dan gerak untuk mengoptimalkan fungsinya. Dalam jumpa pers yang digelar di Aquaknox, Hotel Venetian, Las Vegas, Kamis (7/1/2016) waktu setempat, pria yang merupakan anggota dari proyek Google tersebut mendemonstrasikan sensor Tango untuk mengukur seberapa tinggi dinding di ruang tersebut.

“Kita bisa menggunakan ruang di sekitar kita untuk bermain game dan bersembunyi di balik perabotan rumah,” ujarnya seperti dikutip dari VentureBeat.

Dalam kesempatan yang sama, Jeff Meredith, VP Lenovo mengungkapkan tujuan dari kolaborasinya dengan Google adalah untuk menciptakan perangkat mainstream yang bisa digunakan siapa saja.

“Kami telah mengunci senjata bersama Google untuk menghadirkan konsumen sebuah perangkat berbasis Tango,” tandasnya.

Nantinya, perangkat berbasis Tango tersebut akan ditenagai chipset dari Qualcomm Snapdragon. Rupanya, Google dan Lenovo telah melibatkan pembuat chipset tersebut lebih dari bertahun-tahun untuk proyek prestisius ini.

Meredith sedikit memberikan bocoran mengenai smartphone Project Tango yang diusungnya itu. Tidak cuma ditenagai chipset Snapdragon, smartphone ini juga akan memiliki layar berdiagonal 6,5 inci.

Sebagai langkah memperkuat ekosistem di dalamnya, sebanyak 5.000 developer telah dilibatkan untuk membuat aplikasi pendukung. Misalnya saja, Lowes yang sedang membuat aplikasi e-commerce augmented reality berbasis Project Tango. Aplikasi ini memungkinkan calon pembeli untuk memastikan apakah kulkas yang ingin dibelinya akan muat dengan ruang dapurnya.

Aplikasi buatan Lowes yang siap digunakan pada perangkat Project Tango (foto: VentureBeat)
Aplikasi buatan Lowes yang siap digunakan pada perangkat Project Tango (foto: VentureBeat)

Mengenai ketersediaan aplikasi, Google memberikan deadline hingga 15 Februari mendatang bagi developer untuk menyerahkan aplikasi buatannya. Smartphone Project Tango juga dijadwalkan akan beredar musim panas tahun ini dengan harga di bawah US$ 500.

Verified by MonsterInsights