Mengenal Fitur Post Focus dari Panasonic

Panasonic dalam waktu dekat akan menghadirkan pembaruan firmware untuk kamera DSLM miliknya. Pembaruan tersebut nantinya akan membawa satu fitur baru yang dinamakan Post Focus. Lalu apa fungsinya fitur Post Focus ini? Anda bisa temukan ulasannya berikut ini.

post focus-1

Post Focus adalah sebuah fitur yang memungkinkan fotografer untuk mengatur fokus setelah foto diambil. Di dunia fotografi mobile fitur sejenis bukanlah hal yang baru. Fitur ini bisa dijumpai di smartphone papan atas saat ini dengan sebutan refocus, selective focus dan lain sebagainya. Bahkan, ada produsen kamera yang memang khusus mengembangkan kamera yang bisa mengatur fokus setelah foto diambil yaitu Lytro.

svg%3E

Fitur Post Focus dari Panasonic memanfaatkan fitur focus bracketing di kamera. Dengan menggunakan fitur ini, kamera akan secara otomatis menghasil satu set foto tanpa henti dengan jarak fokal yang berbeda-beda di resolusi 4K dan kecepatan 30fps.

Untuk melihat hasilnya, Anda hanya perlu memilih menu Post Focus Play. Kemudian, Anda hanya perlu sentuh layar dengan jari untuk menentukan area fokus yang diinginkan dari foto yang sudah diambil.

Fitur Post Focus akan muncul di update firmware versi 2.0. Dan kamera yang kebagian fitur ini nantinya yaitu Panasonic Lumix GX8, G7 dan FZ300. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video berikut ini.