Quantcast
OperatorSmartfren

Menguji Jaringan 4G LTE Smartfren di Cirebon dan Bandung

Medio Agustus lalu, Smartfren secara resmi meluncurkan layanan 4G LTE Advanced. Untuk menindaklanjuti dari program edukasi, Smartfren melakukan test-drive di beberapa wilayah yang sudah dijangkau jaringan 4G LTE keluarannya. Salah satunya adalah wilayah Jawa Barat, Cirebon dan Bandung.

Secara nasional, Smartfren sudah dapat melayani 4G LTE di 22 kota besar di Indonesia. Sedangkan untuk Jawa Barat, Smartfren sudah dapat melayani di 19 kota yakni Bandung, Sukabumi, Indramayu, Cirebon, Sumedang, Majalengka, Subang, Ciamis, Purwakarta, Kuningan, Cianjut, Garut, Tasikmalaya, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Sukabumi, Kota Cirebon, Kota Banjar dan Kota Tasikmalaya.

“Smartfren bukan sekedar memberikan layanan 4G LTE dari sisi kecepatan saja. Yang penting bagi kami adalah memberikan ke stabilan dan kenyamanan dalam melakukan berbagai kegiatan yang dibutuhkan oleh pelanggan dengan menggunakan layanan 4G LTE. Terutama dalam bentuk file video, video streaming,” ujar Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren Telecom menjelaskan.

Di wilayah Jawa, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan pengguna mobile data tertinggi di Indonesia dan Bandung sebagai kota yang memiliki pertumbuhan industri kreatif yang cukup maju sehingga membutuhkan koneksi internet cepat dan stabil.

Seperti biasanya, Smartfren tidak sekedar menawarkan layanan saja, tetapi juga menyediakan beragam pilihan smartphone Andromax 4G LTE dan MiFi 4G LTE. Dengan demikian, masyarakat tidak perlu bingung ketika akan menyicipi layanan dari Smartfren 4G LTE Advanced.

Target smartfren dari sisi revenue dengan adanya 4G LTE ini secara nasional adalah 30% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka ini merefer dari Negara lain yang sudah mengimplementasikan 4G LTE.

“Selain itu, dari sisi ARPU diharapkan ada kenaikan. Dari yang biasanya antara 40 ribu sampai 50 ribu, bisa mencapai 60 – 70 ribu,” ujar Roberto Saputra, Direktur Smartfren menjelaskan.

smartfren 4g lte test cirebon bandung

Rangkul Komunitas dan Dunia Pendidikan
Selain menguji kehandalan jaringan 4G LTE Advanced, smartfren juga melakukan kegiatan community development dengan megundang para pengajar daru perwakilan beberapa sekolah dan komunitas. Di antaranya adalah SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, SMAN 6, SMAN 9, SMKN 1 dan SMAK Penabur. Serta komunitas FK PKBN Kota Cirebon, Rumah Kertas, Mom’s Community, Klise Cirebon, Cimul Jeh, Taci, Hijabers dan beberapa blogger setempat. Kegiatan tersebut bertajuk “Pemanfaatan Smartphone dan Teknologi 4G LTE di Bidang Pendidikan”.

Di Bandung, hal serupa juga dilakukan dengan mengajak SMA 2, SMKN 1, SMAN 19, SMKAN 6 serta komunitas Hijabers, Earth Hours, Homey Korean, Donor Darah dan FK PKBM Bandung.

Hasil Uji Jaringan
Selama melakukan uji jaringan, baik di Cirebon maupun di Bandung, beragam kegiatan yang menggunakan koneksi internet sangat lancar. Nonton beragam film blockbuster melalui YouTube, streaming, cek email, download dan upload file semuanya lancar dan cepat.

Untuk nonton film melalui YouTube pun tidak terasa ada jeda. Semuanya lancar dan stabil seperti kita nonton film di bioskop. Hanya saja, di layar kecil. Dan, kualitas gambar yang disajikan juga sudah HD atau High Definition.

Total BTS 4G LTE Smartfren di seluruh Jawa Barat adalah 696 BTS. Di Cirebon terdapat 66 BTS FDD (Frekuensi Division Duplex) atau sudah 90% wilayah Cirebon sudah dapat menggunakan layanan 4G LTE. Dengan jumlah BTS yang ada, 35 kecamatan yang ada di Cirebon dan sekitarnya sudah dapat menggunakan layanan 4G LTE dari Smartfren. Sedangkan di Indramayu, terdapat 24 kecamatan yang dapat menikmati layanan koneksi cepat dari Smartfren.

Sedangkan di Bandung dan sekitarnya yang sudah dijangkau oleh layanan 4G LTE Smartfren adalah 85%. Dengan total 441 kecamatan, ada 335 kecamatan yang dapat menikmati layanan. Di wilayah Cianjur terdapat 26 kecamatan dan yang tercover 4G LTE baru 54% atau 14 kecamatan. Sisanya, masih belum menjadi target market karena berupa hutan dan jumlah penduduk sedikti.

Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced
Teknologi yang diaplikasikan oleh Smartfren memang sedikit berbeda dengan yang diimplementasikan oleh operator lain. Itu sebabnya, ada kata ‘Advanced’. Smartfren 4G LTE Advanced ini adalah memanfaatkan teknologi LTE Radio, Time Division Duplex (TDD) di pita frekuensi 2300 MHz dan Frekuensi Division Duplex (FDD) pada pita 850 Mhz. Dengan keunikannya,Smartfren percaya diri untuk mampu menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan yang lebih baik dibandingkan teknologi 4G LTE lainnya di Indonesia.

Untuk menunjang kegiatan pelanggan dalam menjalankan kegiatan keseharian menggunakan layanan 4G LTE, Smartfren memperkenalkan paket ‘Smartplan Limitless”. Kelebihannya adalah, pelanggan tetap dapat menggunakan layanan data tanpa ada biaya tambahan walaupun kuota utamanya telah habis digunakan.

Selain itu, pelanggan juga dapat menikmati bonus kuota dua kali lipar pada semua paket “Smartplan Limitless” dengan pembelian di atas Rp50 ribu/bulan hingga 31 Oktober 2015.

Back to top button