Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review vivo X5 pro

Sekali lagi, Indonesia kembali di gempur dengan produk ponsel dari negeri tirai bambu. Kualitas yang semakin baik, fitur lengkap dan banderol harga yang terjangkau kini menjadi resep jitu untuk brand-brand tiongkok tersebut bersaing dengan brand global lain yang sudah populer di Indonesia. Seperti misalnya produk terbaru dari vivo yang akan kami review berikut ini, vivo x5 Pro.

Konsep Desain

vivo x5 pro-1
Dengan bodi yang tipis dan ringan, Vivo X5 Pro memang cukup memikat. Walaupun desainnya sekilas amat mirip dengan iPhone 6, ada yang istimewa dari bodi vivo X5 Pro ini. Jika diperhatikan lebih detil, vivo telah menambahkan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3 2.5D di bagian depan dan belakang. Selain untuk melindunginya dari goresan, lapisan ini berhasil membuat tampilannya terlihat lebih kilap dan menawan. Kekurangannya, bodi vivo x5 Pro terasa licin di tangan saat digunakan dan menyerap sidik jari.

Mengusung resolusi Full HD, layar Super Amoled berukuran 5.2 incinya memiliki tingkat kerapatan pixel yang mencapai 424 PPI. Dari pengujian, layarnya mampu menyajikan kualitas visual yang tajam dan jelas dengan kontras dan tingkat gelap terang yang baik saat digunakan di dalam atau di luar ruangan.

vivo x5 pro-2

Tombol-tombol navigasi smartphone ini ditempatkan di sebelah kanan bodi. Meski tidak terlalu menonjol, tombolnya tersebut masih nyaman dan mudah untuk ditekan. Bergeser sedikit ke bawah, dapat ditemukan slot kartu dual SIM. Untuk slot kedua, Anda harus memilih untuk memasanginya dengan kartu SIM atau microSD.

Antarmuka Funtouch OS yang segar

funtouch os-1funtouch os-2

vivo x5 pro hadir dengan antarmuka funtouch OS 2.1 yang dirancang berbasis Android Lollipop 5.0. Patut diakui antarmuka funtouch OS 2.1 dari vivo ini sangat menarik dengan gaya flat icon bernuansa iOS yang cukup kental. Funtouch OS 2.1 tidak menyediakan app drawer. Ini artinya semua shortcut aplikasi akan langsung terkumpul di home screen. Uniknya lagi, untuk mengakses kumpulan tombol pintas pengaturan, di funtouch OS ini pengguna bisa sapu layar dari bawah layar ke arah atas.

Performa rata-rata
Diotaki chipset Qualcomm Snapdragon 615 dan RAM 2GB, kinerjanya cukup bisa diandalkan. Dalam penggunaan sehari-hari, ponsel ini cukup responsif. Namun saat menjalankan aktivitas yang cukup berat, bodinya menjadi panas dan kurang nyaman untuk dipegang. Kinerja multitasking juga kurang gegas, apalagi saat membuka web browser dengan banyak tab dalam kondisi beberapa aplikasi sedang berjalan. Dengan chip grafis Adreno 405 beberapa judul game berat seperti misalnya Modern Combat 5 atau Injustice pun bisa dijalankannya dengan mulus tanpa masalah. Untuk daya tahan baterai, dengan pola penggunaan standar seperti chat, push mail, sesekali mendengarkan musik dan bermain game, smartphone ini hanya bisa bertahan sekitar hingga 8 jam. Hasil benchmark vivo X5 Pro bisa dilihat berikut ini.

benchmark-1

benchmark-2

Kamera lumayan
Fitur kamera pun tidak ketinggalan menjadi andalan vivo x5 pro. Di lengkapi dengan kamera belakang 13 megapixel dengan lensa berdiafragma f/2.0, vivo x5 pro cukup handal digunakan untuk memotret di luar atau di dalam ruangan. Kameranya mampu menghasilkan foto yang cukup tajam dengan tonal warna yang cukup akurat di kondisi pencahayaan ideal. Selain itu, dengan teknologi fokus PDAF, kinerja autofocusnya juga terasa lebih cepat. Untuk pecinta selfie, kamera depannya mampu menghasilkan foto selfie hingga resolusi 8 megapixel dengan dukungan mode Smart Beauty untuk hasil foto selfie yang lebih maksimal. Hasil foto dari vivo X5 Pro bisa dilihat di akun FLICKR resmi yangcanggih.com

Audio nyaris sempurna

BBE custom EQ  + preset headphone untuk berbagai brand headphone
BBE custom EQ + preset headphone untuk berbagai brand headphone

Tidak seperti smartphone lain, vivo telah melengkapi x5 pro dengan chip audio tambahan Cirrus Logic DAC AK4375. Di atas kertas, dengan tambahan chip audio terpisah suara yang dihasilkan akan lebih baik. Tapi, dari pengujian kami kualitas suaranya tidaklah terlalu istimewa. Kualitas suara vivo X5 Pro terasa lebih optimal jika menggunakan in-ear headphone bawaannya sendiri yaitu vivo XE600i. Karakter suara yang dihasilkan cenderung bright dan cocok untuk telinga para penggemar musik pop atau rock. Jika merasa suara yang dihasilkan kurang pas ditelinga, ada fitur BBE yang berguna untuk mendongkrak performa suaranya yang bisa diatur sesuai selera.

Kesimpulan
Dengan fitur dan cita rasa premium yang ditawarkannya, vivo X5 Pro memang tampil cukup menonjol dibandingkan dengan smartphone lain sekelasnya. Kinerjanya cukup berimbang dengan aspek audio dan kamera yang diunggulkannya, membuat smartphone ini layak menjadi pertimbangan bagi Anda yang tidak keberatan dengan banderol harganya yang dipatok di angka Rp4.999.000.

Yangcanggih
+ Desain inovatif
+ Audio lumayan
+ Hasil foto kamera utama cukup baik
+ Antarmuka Funtouch OS menarik

Yang Kurang
– Agak licin saat digenggam
– Relatif cepat panas

Back to top button