Mengandalkan Kamera LG G4 untuk Menemani Liburan

Munculnya budget airlines yang menawarkan tiket penerbangan lebih murah menjadi salah satu penyebab meledaknya industri pariwisata di seluruh dunia. Dengan harga tiket yang lebih terjangkau, kita akan dapat tinggal lebih lama di satu tempat atau menjelajah beberapa tempat dengan lebih terjangkau.

Salah satu perangkat yang wajib dibaca saat bepergian atau berlibur adalah kamera digital. Namun biasanya dibutuhkan tas khusus untuk membawa kamera dengan nyaman. Salah satu solusi untuk meringankan beban kita saat bepergian adalah dengan menggunakan kamera pada smartphone. Kualitas hasil foto smartphone memang semakin baik, walaupun belum dapat menyaingi kamera prosumer atau kamera mirrorless apalagi DSLR. Namun bagi sebagian pengguna yang mungkin jarang mencetak hasil foto atau sudah puas dengan hasil foto ponselnya, maka mengandalkan kamera smartphone sebagai teman setia untuk mengabadikan berbagai momen seru saat liburan merupakan pilihan yang masuk akal.

lg-g4-camera-manual

Kali ini YANGCANGGIH.COM berlibur ke Bali dan mencoba mengandalkan LG G4 sebagai kamera utama. Sedikit menyegarkan ingatan, dari sisi spesifikasi LG G4 cukup impresif untuk sebuah smartphone. Kamera LG G4 telah mengemas sensor 16 megapixel, lensa dengan bukaan f/1.8 serta fitur O.I.S (penyetabil gambar) 3 sumbu. Aplikasi kamera LG G4 juga telah mendukung manual mode yang memberikan fasilitas pengaturan white balance, ISO, fokus, serta kecepatan rana. Bahkan ada pilihan penyimpanan foto dalam format RAW sehingga dapat disunting di PC dengan lebih leluasa. Menarik kan?

Kondisi cahaya ideal di luar ruangan
Dalam kondisi cahaya melimpah, kamera LG G4 dapat menghasilkan foto yang berkualitas tinggi. Penguncian fokus dapat dilakukan dengan baik. Pada kondisi cahaya dengan kontras tinggi, kamera LG G4 juga dapat memutuskan untuk menggunakan mode HDR atau tidak (setting dapat diubah) untuk hasil terbaik. Ketajaman juga amat baik, dengan fokus yang akurat. Berikut contoh crop 100% foto LG G4.

crop 100% LG G4

Jika dibutuhkan, Anda juga dapat memotret secara beruntun. Misalnya jika ingin mengabadikan aksi anak yang sedang melempar bola atau melompat ke kolam renang.
20150707_162340_Burst05

Reproduksi warna juga amat baik, dengan warna yang cukup natural. Terlihat pada beberapa hasil foto warna merah dan warna hijau dapat ditangkap dengan pas, tidak terlalu mencolok dan terlihat “palsu”. Perlu diingat, penggunaan mode HDR juga akan berpengaruh pada warna yang ditampilkan.

Secara keseluruhan, performa kamera LG G4 di kondisi cahaya ideal di luar ruangan amat baik. Berikut beberapa hasil foto LG G4 tanpa penyuntingan di kondisi cahaya ideal.

20150707_153851_HDR
20150709_181403
20150711_175424
20150708_131013

svg%3E

Kondisi cahaya cukup di dalam ruangan
Salah satu contoh kondisi cahaya cukup di dalam ruangan adalah saat makan di restoran atau tempat dengan penerangan cukup terang atau banyak kaca sehingga cukup banyak cahaya luar yang masuk. Dalam kondisi tersebut, LG G4 tidak mengalami banyak kesulitan. Penguncian fokus tetap berjalan cepat dan akurat, dengan hasil foto yang baik dan relatif rendah noise.

Berikut hasil foto dalam ruangan dengan kondisi cahaya cukup. Semua hasil foto tidak melalui proses penyuntingan.

20150708_100047
20150709_160742
20150709_123540

Kondisi minim cahaya
Saat memotret dalam kondisi gelap di malam hari atau di dalam ruangan yang minim penerangan, LG G4 juga cukup baik. Detail pada foto sedikit berkurang akibat fitur pengurang noise. Namun untuk ukuran smartphone, hasil foto pada kondisi minim cahaya tergolong amat baik. Jika diperlukan, Anda dapat beralih ke mode manual sehingga dapat menyimpan foto dalam format RAW yang memberikan fleksibilitas lebih saat disunting di komputer.

Satu hal yang perlu diperhatikan, tangan Anda harus stabil saat memotret untuk mendapatkan hasil terbaik. Walaupun LG G4 telah dilengkapi fitur Optical Image Stabilization, guncangan tangan yang berlebihan tetap akan menghasilkan foto yang kabur.

Berikut hasil foto LG G4 pada kondisi minim cahaya. Sekali lagi, semua hasil foto ini tidak melalui proses penyuntingan dan langsung dari ponsel. Bagi yang ingin melihat semua hasil foto LG G4 selama di Bali, dapat melihat di akun Flickr resmi YANGCANGGIH.COM.

20150709_203328
20150712_182015
20150707_191924
20150707_193559

Kesimpulan
Perkembangan pesat teknologi kamera pada ponsel sukses menjadikannya sebagai salah satu alat fotografi yang mudah dibawa dan tidak membebani saat bepergian. Hasil foto yang semakin baik juga membuatnya semakin diterima oleh sebagian konsumen yang memang tidak ingin membawa kamera digital atau ingin belajar fotografi.

LG G4 merupakan contoh ideal kemajuan teknologi kamera pada smartphone. Selain mampu menghasilkan foto yang baik di berbagai kondisi cahaya, penggunaan aplikasi penyuntingan foto yang tersedia gratis dalam jumlah sangat banyak mampu menjadikannya sebagai kamera andalan saat berlibur. Jika ada yang perlu diperhatikan, pastikan Anda membawa powerbank atau baterai ekstra jika ingin menggunakannya seharian.

LG G4 telah dipasarkan di Indonesia dengan harga resmi Rp8.499.000 untuk versi Leather. Pada saat tulisan ini diturunkan, LG memberikan promo khusus baterai ekstra dan diskon 500 ribu rupiah.