Quantcast
Foto & VideoNews

Phase One Perkenalkan XF System; Kini dengan AF Lebih Cepat dan Layar Sentuh

Produsen kamera medium format, Phase One, baru-baru ini memperkenalkan sistem kamera medium format terbaru yang diberi nama Phase One XF System. Sistem kamera medium format terbarunya ini hadir dengan sederetan fitur baru yang dirancang khusus agar bisa lebih bertahan lama di era fotografi digital.

phase one XF system-1

Tiga tipe digital back baru
Phase One XF System hadir dengan modul digital back baru yaitu IQ3. Modul digital back IQ3 tersedia dalam 3 varian dengan tingkat resolusi dan sensor yang berbeda. Dua model pertama hadir dengan sensor CCD beresolusi 80 megapixel dan 60 megapixel. Opsi ISO yang disediakan dari ISO 50 hingga ISO 800 dan menawarkan rentang dynamic range hingga 13 stop. Khusus untuk model digital back dengan resolusi 80 megapixel juga telah mendukung kemampuan memotret dengan exposure panjang hingga 60 menit.

Sementara untuk model terakhir, hadir dengan sensor CMOS yang memiliki resolusi 50 megapixel. Opsi ISO yang ditawarkan dari ISO 100 hingga ISO 6400 dengan rentang dynamic range hingga 14 stop. Ketiga model modul digital back IQ3 ini pun menyediakan koneksi WiFi yang bisa dihubungkan ke perangkat iOS untuk dijadikan remote.

phase one XF system-2

Dua layar sentuh & sistem AF baru
Yang menarik, ada dua layar sentuh yang dimilikinya. Selain layar sentuh berukuran 3,2 inci di bagian digital back, juga terdapat layar sentuh berukuran 1,6 inci di area genggaman (grip) Phase One XF System. Dengan kombinasi Phase One Camera OS yang bisa diperbaharui dan antarmuka Flexible OneTouch, nantinya pengguna akan dapat mengatur berbagai fungsi dan pengaturan dengan lebih mudah menggunakan gabungan tombol fisik dan layar sentuh.

phase one XF system-3

Di sektor autofocus, Phase One XF System mengusung sistem fokus otomatis baru yang diberi nama Honeybee Autfocus Platform (HAP-1). Sistem fokus ini menjanjikan kinerja autofocus yang lebih cepat dan akurat. Selain itu, seluruh Phase XF System juga telah dilengkapi dengan modul jendela bidik prisma bergaya klasik yang hadir dengan sudut 90 derajat.

Lensa & software
Selain digital back, Phase One juga menyediakan dua lensa baru – 120mm & 35mm – yang dirancang untuk kamera dengan resolusi tinggi. Bahkan menurut Phase One, kedua lensa ini akan tetap optimal untuk resolusi di atas 100 megapixel!! Dengan begitu, jajaran lensa medium format yang tersedia kini sudah melebihi dari 20 tipe.

Untuk software, Phase One mengandalkan Capture One Pro 8.3 yang dibuat khusus untuk XF Camera System. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengatur pengendalian kamera XF dan melakukan pemotretan yang langsung terhubung ke komputer (tethered shooting).

Phase One XF System dengan Digital Back IQ3 80 megapixel harganya US$48,900 atau sekitar Rp653.304.000, 60 megapixel harganya US$41.900 atau sekitar Rp560.000.000 dan 50 megapixel harganya dipatok US$40.990 atau sekitar Rp548.000.000.

Sedangkan untuk dua lensa Schneider-Kreuznach terbaru yaitu 120mm F/4.0 dan 35mm F/3.5 akan dijual mulai dari US$6490 atau sekitar Rp86.000.000.

Back to top button