Google Photos: Tawarkan Penyimpanan Foto dan Video Tanpa Batas

Selain memperkenalkan sistem operasi Android terbaru, Android M, Google juga mengumumkan layanan penyimpanan foto terbarunya yang diberi nama Google Photos.

Google Photos-1

Layanan ini merupakan evolusi dari aplikasi Photos yang merupakan bagian dari Google Plus. Bedanya, Google Photos kini menjadi satu layanan terpisah dan langsung bisa digunakan hanya dengan memasukkan alamat akun Gmail Anda. Kabar baiknya, layanan ini bisa dinikmati siapa saja tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Berikut kami jabarkan beberapa keunggulan yang bisa dinikmati dari layanan Google Photos.

Ruang Penyimpanan Tanpa Batas
Fitur Inilah yang menurut kami sangat menarik dari layanan Google Photos. Pasalnya, Anda bisa bisa langsung menyimpan atau melakukan backup seluruh foto dan video dari perangkat apapun yang Anda miliki tanpa perlu memusingkan kapasitas ruang penyimpanan.

Syaratnya, foto yang disimpan hanya terbatas hingga resolusi 16 megapixel dan untuk video hingga resolusi Full HD 1920 x 1080 pixel saja. Jika foto atau video yang ingin disimpan melebih resolusi tersebut, secara otomatis Google Photos akan melakukan kompresi file foto atau video Anda ke resolusi 16 megapixel untuk foto atau ke resolusi Full HD untuk video. Anda pun tidak perlu khawatir dengan hasil kompresinya karena diklaim sangat terjaga dan layak untuk dicetak. Contoh hasil kompresinya bisa dilihat di bawah ini

google photos-3

Kendati demikian, Google tetap menyediakan solusi untuk Anda para fotografer atau videografer yang ingin menyimpan foto dan video dalam resolusi tinggi menggunakan Google Photos. Caranya, Google Photos akan menyita 15GB ruang dari akun Google Anda. Dengan opsi ini, foto dan video bisa disimpan tanpa dibatasi dengan ukuran file atau resolusi. Dengan dukungan ekosistem dari Google, menurut kami solusi ini amat menarik dan bisa menjadi alternatif untuk para pengguna layanan penyimpanan foto lain seperti Flickr.

Manajemen Penyimpanan dan Fitur Penyuntingan Lengkap
Mecari satu foto dari ribuan foto yang ada di ruang penyimpanan Anda tentu akan sangat merepotkan. Nah, untuk itulah Google Photos hadir dengan fitur manajemen dan pencarian foto canggih yang akan mempermudah Anda untuk mencari foto.

svg%3E

google photos-4

Secara otomatis Google Photos akan menganalisa dan langsung mengelompokkan seluruh foto Anda berdasarkan kategori tertentu seperti misalnya Orang, Lokasi, atau tanggal pengambilan foto. Jadi, sangat mudah dan tidak perlu lagi repot membuat album hanya untuk mengelompokkan foto Anda.

Selain kemampuan manajemen foto yang amat baik, Google Photos juga menawarkan fitur penyuntingan foto sederhana seperti misalnya pengaturan warna dan cropping yang sangat mudah digunakan. Dengan Google Photos Anda pun bisa langsung menggunakannya untuk membuat kolase, animasi atau sekedar membuat video dengan musik favorit Anda.

Fitur Berbagi yang Lebih Mudah
Dengan Google Photos, Google juga menyederhanakan cara berbagi foto dengan teman atau kerabat agar lebih praktis dan mudah. Selain foto dan video bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial, seluruh set foto, video atau album yang ada di Google Photos kini bisa langsung dibuat tautannya untuk dibagikan.

google photos-5

Dengan demikian, penerima bisa langsung melihat seluruh foto atau video dari tautan yang Anda berikan. Tidak hanya itu saja, jika ada foto atau video yang ingin disimpan oleh penerima, foto atau video yang dipilih bisa langsung disimpan ke memori internal perangkat penerima tanpa perlu aplikasi tambahan atau memasukkan akun.

Google Photos saat ini sudah bisa digunakan dan bisa diakses melalui laman photos.google.com atau melalui aplikasi mobilenya yang tersedia untuk Android dan iOS.

Verified by MonsterInsights