Tips: Cara Mudah Memasang WhatsApp di Tablet Android

Saat ini, WhatsApp tidak kompatibel dengan tablet Android. Setidaknya, Anda tidak dapat memasangnya dari Google Play Store. Biasanya pesan yang ditampilkan adalah perangkat yang Anda gunakan tidak didukung. Hmm…

WA tablet

Sejauh ini seperti itulah yang kita ketahui. Jika Anda mencari aplikasi atau game di Play Store langsung dari perangkat Anda, Anda tidak dapat menemukannya padahal Anda tahu aplikasi tersebut ada, atau ada keterangan “Aplikasi ini tidak sesuai dengan perangkat yang Anda gunakan”, itu berarti seperti yang tertulis. Benarkah?

Kebanyakan ya, karena kalaupun “dipaksakan” hasilnya akan tidak optimal. Namun untuk aplikasi ngobrol lintas platform populer seperti WhatsApp, yang kabarnya tidak dapat dipasang atau instal di tablet, ternyata tetap bisa dilakukan meski dengan cara yang “tidak konvensional”.

Berikut cara mudah untuk chat dengan Whatsapp di tablet Android.

1. Yang perlu Anda lakukan pertama kali adalah masuk ke menu Pengaturan (Settings) di tablet PC Anda, kemudian cari Keamanan (Security).
WA settings

2. Kemudian, di bagian “Administrasi Perangkat” (Device Administration), centang pada kotak “Sumber tidak dikenal” (Unknown sources).
WA admin

3. Kembali ke halaman utama alias Beranda, akses Peramban atau Chrome, masuk ke laman WhatsApp di http://www.whatsapp.com/.
WA

4. Klik tombol besar hijau bertuliskan Donwload WhatsApp, maka Anda akan dibawa menuju halaman berikutnya seperti di gambar berikut:
WA dwonload

5. Pilih Download untuk Android, maka pengunduhan secara otomatis berjalan. Berkas yang diunduh ini berformat .apk, merupakan format berkas aplikasi yang didukung oleh perangkat Android, layaknya berkas .exe untuk instalasi software di PC. Tunggu hingga unduhan selesai, lalu sentuh notifikasi-nya pada bilah tablet, maka akan muncul halaman pemasangan aplikasi. Instal dan selesai!

6. Jika Anda ingin mendaftarkan nomor baru, maka lebih mudah bila kartu SIM dengan nomor yang akan didaftarkan telah terpasang di tablet Anda. Namun jika ternyata tablet yang dimiliki hanya memiliki koneksi Wi-Fi saja dan tidak memiliki slot kartu SIM, maka aktifkan nomor tersebut di ponsel supaya Anda bisa memasukkan kode verifikasi aktivasi akun WhatsApp baru yang dikirimkan. Perlu diingat, satu perangkat hanya bisa digunakan untuk satu nomor saja.

Selamat ngobrol lewat WhatsApp!

WhatsApp

Verified by MonsterInsights