DJI Phantom 3: Memiliki Mode Autopilot & Bisa Terbang Tanpa GPS

Produsen Drone asal negeri tirai bambu, DJI, kembali menghadirkan produk baru yaitu DJI Phantom 3. Drone dengan kamera terbarunya ini disiapkan untuk kalangan videografer profesional dengan harga yang tetap terjangkau.

DJI phantom3-1

Kamera pada DJI Phantom 3 hadir dengan sensor Sony berukukan 1/2.3 inci yang telah perbaharui. Sensornya tersebut kini lebih sensitif terhadap cahaya dibanding dengan generasi sebelumnya. Kameranya sendiri terpasang pada sebuah gimbal 3-axis yang memungkinkan kamera untuk bergerak dengan pergerakkan yang lebih halus.

DJI menyiapkan Phantom 3 dalam 2 pilihan model. Yang pertama model Advanced membawa kamera video yang bisa merekam video Full HD 1080p hingga kecepatan 60fps. Dan untuk model Profesional hadir dengan kamera video yang bisa merekam video resolusi 4K dengan kecepatan hingga 30fps.

Selain merekam video, kamera pada kedua model DJI Phantom 3 juga bisa memotret foto dengan resolusi 12 megapixel pada format JPEG atau DNG RAW. Selain itu, lensa sudut lebarnya bisa menangkap gambar hingga 94 derajat dengan hasil yang diklaim tanpa distorsi.

DJI phantom3-2

svg%3E

Satu fitur unggulan dari Phantom 3 adalah hadirnya Visual Positioning System. Fitur ini mengandalkan sebuah sensor visual dan ultrasonic agar drone bisa tetap terbang di satu posisi dalam ruangan tanpa bantuan GPS. Ini tentu saja akan sangat mempermudah menerbangkan drone saat di area terutup atau di dalam ruang yang sempit. Untuk fitur lain, DJI Phantom 3 juga menyediakan mode bracketing, time lapse dan burst shoot.

Remote kendali DJI Phantom 3 juga tetap menyediakan dudukan untuk memasang iPad, iPhone atau tablet Android. Dengan dukungan aplikasi miliknya, Anda bisa melihat langsung rekaman video dari kamera DJI Phantom 3 saat terbang di layar smartphone. Aplikasi ini juga menyediakan fitur peta, tampilan heads-up, fitur simulasi terbang dan bisa menampilkan seluruh kegiatan penerbangan yang sudah dilakukan.

Jika belum lancar menerbangkan drone, Anda pun tidak perlu khawatir. Pasalnya, DJI Phantom 3 telah menyediakan mode autopilot. Dengan mode ini drone bisa terbang dan mendarat secara otomatis hanya dengan menekan satu tombol. Canggihnya lagi, mode low battery mode yang dimilikinya juga akan menjamin drone akan segera kembali ke posisi awal saat memulai penerbangan sehingga drone tidak akan terjatuh jika baterainya yang berkapasitas 4480 mAh ini habis.

DJI Phantom 3 versi Advance dibanderol dengan harga US$1000 atau sekitar Rp12.000.000. Sedangkan versi Profesionalnya dibanderol dengan harga US$1260 atau sekitar Rp16.000.000.

Berminat?