Aksesoris GadgetAudio VideoEars In HeavenMobile GadgetReview

Review RHA T10i

Ide gadget dengan konsep modular memang selalu menarik untuk disimak. Sebelum smartphone dihebohkan dengan konsep Modular, in-ear headphone sebenarnya telah terlebih dahulu menggunakan konsep ini. Coba perhatikan, di setiap paket penjualan in-ear headphone pada umumnya akan disertai dengan beragam model ear tips tambahan yang bisa diganti untuk menyesuaikan lubang telinga dan selera musik Anda.

Konsep modular pada in-ear headphone kini dibawa selangkah lebih maju oleh produsen audio RHA. Lewat produk perdananya, RHA T10i, Anda tidak hanya bisa melepas pasang ear-tips saja tapi karakter suara pun bisa turut diubah.

RHA T10i-1

Desain
Mampir ke meja redaksi kami, RHA T10i memang langsung menarik perhatian saya. Dalam satu paketannya saya langsung bisa menemukan satu set ear tips yang hadir dalam 10 model, 2 pilihan filter suara tambahan dan sebuah tas kecil untuk menyimpan headphone ini saat berpergian.

Tidak hanya aksesorisnya yang mencuri perhatian, kemasan RHA T10i juga sangat menarik. In-ear-headphone ini bukan berbodi plastik melainkan menggunakan material logam yang sangat kokoh. Uniknya lagi, desain RHA T10i yang berbentuk huruf L ini dirancang sesuai dengan kontur telinga. Dan saat digunakan Anda harus mengaitkannya ke telinga agar tidak mudah terlepas. Saat digunakan pun RHA T10i sangat nyaman sekali ditelinga, meski bobotnya yang mencapai 41 gram ini memang sedikit lebih berat diatas rata-rata in-ear-headphone kebanyakan.

RHA T10i-3

Di sektor kabel, RHA T10i telah dilengkapi dengan kabel multi-core oxygen-free sepanjang 1.35 meter. Anda pun tidak perlu khawatir dengan kabelnya tersebut karena memang kabelnya ini anti kusut dan sangat mudah untuk dirapihkan. selain itu, kabel tersebut juga telah dilengkapi tombol kendali dan mic untuk menjawab panggilan telepon namun hanya kompatibel untuk perangkat iPad, iPod dan iPhone.

Performa Suara
Di balik kemasannya yang keren, RHA T10i mengandalkan dynamic driver (model 770.1) buatan tangan yang mampu menghasilkan suara di rentang frekuensi 16 – 22,000 Hz. Kualitas suaranya pun sangat ciamik dengan karakter suara yang sangat hangat dan nyaman di telinga.

RHA T10i-4

Dengan filter standarnya (reference) RHA T10i mampu menyajikan suara yang cukup detil dan natural dengan komposisi suara bass, mid dan treble yang relatif berimbang. Di lagu Sometimes When We Touch yang dibawakan oleh Susan Wong, suara vokal Susan Wong yang lembut bisa terdengar dengan sangat nyata diikuti dengan seluruh musik pengiringnya yang bisa terdengar jelas dengan separasi suara yang amat rapih.

RHA T10i-5

Percobaan kemudian dilanjutkan dengan mengganti filter suaranya ke Bass. Dengan filter suara bass ini, komposisi bass dari lagu I Will Survive yang masih dinyanyikan Susan Wong komposisi cabikan bass yang terdengar memang otomatis meningkat. Hanya sedikit peningkatan yang saya rasakan. Dan saya yakin, bagi pengguna yang telinganya kurang sensitif mungkin saja tidak akan merasakan ada perbedaan. Untunglah porsi bass meningkat tidak mengorbankan sektor mid dan treble. Suara bass yang dihasilkan masih relatif aman karena alat musik pengiring lain dan vokal masih bisa dinikmati dengan cukup jelas.

Sementara di lagu When You Say Nothing at All, percobaan dilanjutkan dengan menggunakn filter Treble. Sama seperti filter bass, peningkatannya lagi-lagi hanya terasa sedikit. Dengan filter ini suara vokal Susan Wong memang terasa menjadi sedikit lebih bright dan suara petikan gitar atau suara cymbal drum menjadi lebih terasa. Singkatnya, dengan mengganti filter suara Bass atau Treble memang akan membuat suara yang dihasilkan berubah sesuai dengan karakter suara yang diinginkan, namun imbasnya secara keseluruhan musik yang tersaji menjadi kurang detil.

Terlepas dari kualitas suara dan filter suaranya yang bisa diganti sesuai selera musik yang didengarkan, RHA T10i punya keunggulan lain. Desainnya yang unik ini ternyata mampu menyajikan isolasi suara yang sangat baik. Tentu saja dengan catatan menggunakan ear tips yang sesuai dengan ukuran lubang telinga Anda.

Kesimpulan
Dengan konsep modular dan desainnya yang unik, RHA berhasil meracik sebuah in-ear-headphone istimewa yang tidak akan Anda jumpai di in-ear-headphone sekelasnya. Banderol harganya yang menyentuh kisaran harga Rp2.726.000 memang tidak murah. Dan meski filter suara yang ditawarkannya hanya mampu menyajikan sedikit peningkatan, secara keseluruhan dengan filter reference kualitas suara RHA T10i sudah sangat baik dengan komposisi suara mid, bass, treble yang relatif berimbang dan cocok untuk para pecinta musik audiophile yang mengedepankan suara detil.

Yang Canggih:
(+) Kualitas suara sangat baik
(+) Ear tips lengkap
(+) Isolasi suara amat baik
(+) Konsep modular yang inovatif

Yang Kurang
(-) Mengganti filter mengorbankan tingkat detil suara
(-) Harga relatif mahal

Back to top button