100% Canggih Award: Inilah Notebook Terbaik di Tahun 2014

tablet pic

Komputer jinjing atau laptop atau notebook kini tidak hanya menjadi alat bantu untuk bekerja, tapi juga alat bantu belajar, bermain, dan sebagai pusat hiburan. Segmen notebook juga semakin berkembang dengan rentang harga yang meluas ke atas dan ke bawah, sesuai kebutuhan dan kemampuan konsumen. Untuk itu, kami memilih notebook terbaik di tahun 2014 untuk 11 kategori.

tablet pic2
Notebook terbaik di bawah 5 juta rupiah: Acer Aspire E3-111
Notebook mungil yang dulu lebih dikenal sebagai netbook kini terus berevolusi dengan peningkatan performa dan spesifikasi yang cukup signifikan. Acer Aspire E3-111 hadir dengan layar 11,6 inci. Desainnya juga bergaya dengan konsep FlowCurve yang melengkung di bagian engselnya. Dimensinya yang relatif ringkas dan bobotnya yang ringan membuatnya ideal untuk dibawa-bawa bepergian. Untuk performa, prosesor Intel Baytrail Dual-Core N2830 yang digunakannya akan terasa lebih cepat dibandingkan prosesor Intel Atom. Walaupun ukurannya mungil, baterainya dapat bertahan cukup lama, yaitu sekitar 5 jam. Dengan desain cantik, performa relatif oke, dan harga yang terjangkau, Acer Aspire E3-111 kami pilih sebagai jawaran notebook terbaik di bawah 5 juta rupiah untuk tahun 2014.

Notebook terbaik 5-10 juta rupiah: Lenovo Flex 2
Apa yang bisa didapatkan dengan dana antara 5-10 juta rupiah? Ternyata cukup banyak. Lenovo Flex 2 yang dipasarkan di kisaran 8,9 juta rupiah merupakan salah satu notebook dengan spesifikasi dan layar terbaik di kelas harganya. Selain mengemas prosesor Intel Core i5-4210U, GPU NVIDIA GeForce GT840M 2GB, RAM 4GB, HDD 500GB, Flex 2 telah dilengkapi layar sentuh 14 inci Full HD (1920 x 1080 pixel). Ini merupakan pencapaian yang fantastis, mengingat masih jarang laptop di kelas harganya yang dilengkapi layar Full HD. Selain itu, Lenovo Flex 2 juga dapat digunakan dalam Stand mode yang ideal digunakan saat memutar video atau bermain game layar sentuh. Menilik semua keunggulannya tersebut, kami memilih Lenovo Flex 2 sebagai notebook terbaik di segmen 5-10 juta rupiah untuk tahun 2014.

tablet pic3

Notebook terbaik di atas 10 juta rupiah: Apple Macbook Pro Retina Display 2014
Walaupun cukup banyak laptop berbasis Windows dengan layar resolusi ekstra tinggi yang melebihi Full HD, namun hanya Mac OSX yang sudah dioptimalkan untuk layar resolusi tinggi. MacBook Pro Retina Display 2014 ini telah menggunakan prosesor Intel Haswell yang memiliki efisiensi daya lebih baik. Hasilnya, notebook ini mampu bertahan hingga 8 jam saat dipakai. Selain efisien, performanya juga amat baik sehingga dapat diandalkan untuk pekerjaan berat sekalipun seperti menyunting foto dan video. Kualitas tampilan tentunya tidak diragukan lagi dengan ketajaman yang baik dan reproduksi warna yang alami. Dengan perpaduan hardware dan software yang berkualitas tinggi, Apple MacBook Pro Retina Display 2014 layak menyabet gelar sebagai notebook terbaik di kelas harganya untuk tahun 2014.

tablet pic4

Notebook Bisnis terbaik: Lenovo ThinkPad T440p
Handal dan tangguh merupakan dua faktor yang diminta pelaku bisnis dari laptopnya. Dan dua faktor tersebut berhasil diberikan oleh Lenovo ThinkPad T440p. Bicara soal ketangguhan, T440p telah melewati 8 tes spesifikasi militer standar Amerika Serikat untuk kekokohan, daya tahan dan kualitas dalam berbagai kondisi mulai dari suhu tinggi hingga kelembaban tinggi. Desainnya kini juga lebih tipis dan lebih keren dibandingkan generasi terdahulu, dengan performa yang tetap handal. Keyboard dan touchpad ekstra nyaman juga menjadi nilai penting untuk penggunanya. Untuk notebook bisnis terbaik di tahun 2014, kami memilih Lenovo ThinkPad T440p.

tablet pic5

Notebook Gaming terbaik di bawah 10 juta rupiah: Lenovo Z40-70
Sebelumnya, bermain game di laptop merupakan kegiatan yang cukup mahal akibat tingginya harga laptop yang cukup mumpuni untuk keperluan tersebut. Namun kini Anda bisa membawa pulang laptop gaming dengan harga di bawah 10 juta rupiah. Pilihan terbaik untuk tahun 2014 ini jatuh pada Lenovo Z40-70 (i7) yang memadukan prosesor intel Core i7-4510U dan GPU NVIDIA GeForce GT840 4GB DDR3. Ditambah dengan layar Full HD 14 inci, laptop ini akan ideal untuk keperluan hiburan dan bermain game yang memang membutuhkan perfoma tinggi.

Notebook Gaming terbaik di atas 10 juta rupiah: ASUS ROG G750J
Bagi gamer yang serius dan tidak memiliki masalah keuangan, notebook gaming terbaik tahun 2014 dari Asus ini bisa menjadi pilihan. Asus ROG G750J dirancang untuk memberikan performa terbaik untuk keperluan bermain game. Ini terlihat dari digunakannya GPU NVIDIA GeForce GTX770M dengan VRAM 3GB. Spesifikasi di sektor lainnya juga tidak kalah ganas dengan digunakannya prosesor Intel Core i7-4700HQ 2,4GHz, RAM 8GB, serta paduan HDD 1T & SSD 256GB. Saat diuji, G750J mampu menjalankan berbagai game dengan sangat lancar pada setting grafis yang tinggi.

tablet pic6

Notebook dengan desain terbaik: ASUS UX301
Menggabungkan kecantikan dan ketangguhan, ASUS UX301 merupakan Ultrabook pertama yang dilengkapi Corning Gorilla Glass 3 sehingga lebih susah tergores. Bodi yang tipis dan minimalis memberikan pesona yang mengundang decak kagum. Bagian engsel memiliki lengkungan yang membuat engselnya tersembunyi dengan rapi saat dalam kondisi tertutup. Untuk versi warna biru, gradasi warnany cukup unik dan jarang disamai notebook lainnya. Tidak hanya cantik, ASUS UX301 juga tampil pintar dengan spesifikasi yang mumpuni. Untuk tahun 2014, inilah notebook dengan desain terbaik pilihan yangcanggih.com.

Notebook Ultraportable Terbaik: Apple MacBook Air 11 inci
Pelopor notebook tipis berbobot ringan berikut ini kembali hadir dengan perbaikan spesifikasi, tanpa perubahan desain. Salah satu yang patut diacungi jempol adalah daya tahan baterai yang jauh lebih panjang dibandingkan versi sebelumnya. Baterai MacBook Air 2014 ini mampu bertahan hingga lebih dari 10 jam, jauh lebih lama dibandingkan notebook di kelasnya yang rata-rata memiliki daya tahan baterai 7 jam. Hebatnya, selain daya tahan baterai, performanya juga meningkat berkat digunakannya prosesor Haswell terbaru.

tablet pic7
Notebook 2-in-1 Terbaik: Lenovo Yoga 2 Pro
Diperkenalkannya sistem operasi Windows 8 memunculkan kehadiran notebook 2-in-1 yang merujuk pada sebuah notebook yang bisa beralih bentuk antara notebook dan tablet. Dari beberapa konsep desain yang marak di pasaran, konsep multimode convertible yang dimiliki Lenovo Yoga 2 Pro merupakan yang terbaik karena tidak ada bagian terpisah yang harus dibawa. Lenovo Yoga 2 Pro menawarkan empat mode penggunaan yaitu Stand mode, Tablet mode, Tent mode, dan Laptop mode yang memiliki keuntungannya sendiri. Ditunjang dengan layar WQHD yang ekstra tajam serta performa prosesor Intel Core i7 dan SSD yang cepat, Lenovo Yoga 2 Pro dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan. Dengan berbagai keunggulannya tersebut, Lenovo Yoga 2 Pro layak menyandang gelar sebagai notebook 2-in-1 terbaik untuk tahun 2014.

Notebook Paling Inovatif: Lenovo Yoga 3 Pro
Desain engsel inovatif yang diperkenalkan di Lenovo Yoga dua tahun silam terus dikembangkan oleh Lenovo. Hasilnya terlihat di Yoga 3 Pro yang memiliki desain engsel putar lebih baik. Engselnya yang kini berjumlah 6 buah terbuat dari 800 potongan besi baja dan aluminium yang dirangkai secara manual dengan tangan untuk memberikan daya tahan lebih baik saat diputar. Desain engsel ini juga berimbas pada dimensi Yoga 3 Pro yang lebih tipis dan lebih ringan. Inovasi inilah yang membuat kami yakin menunjuk Yoga 3 Pro sebagai notebook paling inovatif untuk tahun 2014.

tablet pic8

Notebook Terbaik 2014: Lenovo Flex 2
Satu kejutan yang menyenangkan di tahun 2014 adalah ternyata tidak butuh terlalu banyak uang untuk membawa pulang notebook yang memiliki performa baik dan desain keren dan kokoh. Lenovo Flex 2 tidak hanya handal untuk keperluan serius seperti membuat presentasi, mengetik naskah, atau menyunting foto dan video, tapi juga handal untuk keperluan main game dan menonton film Full HD. Harga yang ditawarkan juga cukup masuk akal apalagi mengingat Flex 2 telah dibekali layar sentuh dengan resolusi Full HD yang tajam. Menilik keseimbangan antara performa, fitur, dan harga, kami menganugerahkan gelar notebook terbaik di tahun 2014 kepada Lenovo Flex 2.