80 Days: Asyiknya Berlomba Keliling Dunia dalam 80 Hari

Imajinasi manusia untuk berkeliling dunia sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan ada sebuah buku legendaris karya Jules Verne, yaitu Around the World in 80 Days yang mengisahkan petualangan Phileas Fogg mengelilingi dunia dalam waktu 80 hari.

80-Days logo

Yang dimaksud berkeliling dunia di sini bukanlah mengunjungi semua negara yang ada, tapi lebih dari bergerak ke satu arah hingga kembali ke tempat yang sama, yang dalam kasus ini adalah London.

Walaupun terinspirasi dari buku tersebut, namun game 80 Days tidak serta merta mengikuti semua detail di buku tersebut. Selain dapat memilih rute sendiri yang tentunya akan berbeda jauh dengan kisah di buku, Anda juga akan menemukan dunia yang sama sekali berbeda. Contohnya, 80 Days menghadirkan beberapa alat transportasi yang unik dan imajinatif seperti Moving City, Mechanical Elephant, balon udara, Garuda, dan sebagainya.

1 globe multiplayer

Untuk meneruskan perjalanan, Anda harus menemukan rute yang diinginkan. Caranya, Anda bisa mencari informasi dari orang-orang yang ditemui atau membeli buku jadwal transportasi yang menyita tempat di koper. Saat memulai perjalanan, Anda akan dibekali uang sebesar 4000 poundsterling yang tidak akan cukup untuk menyelesaikan perjalananan. Solusinya, Anda bisa meminjam dari bank atau berdagang berbagai barang unik di sepanjang perjalanan.

3 conversation

Dari sisi kualitas grafis, 80 Days tampil sederhana tapi menyegarkan. Tidak banyak animasi yang menghiasi, namun setelah mengulang game ini beberapa kali, tampilan yang sederhana akan membuatnya dapat berjalan cepat dan tidak mengulang-ulang animasi yang sudah pernah kita lihat.

2 city

Saat dimainkan, game ini cukup mengasyikkan. Dalam perjalanan, Anda akan dihadapkan dengan berbagai pilihan yang menentukan jalan cerita. Misalnya, ada seorang putri yang ingin kabur dan Anda mendapat pilihan untuk membantunya atau mengembalikannya. Tiap pilihan memiliki konsekuensinya sendiri terhadap perjalanan Anda. Jadi rasanya seperti menciptakan sendiri kisah petualangan Anda mengelilingi bumi.

5 choices

80 Days merupakan game yang cukup unik dan jarang ditemukan, bahkan di platform PC sekalipun. Walaupun sudah dimainkan belasan kali, 80 Days ternyata masih tetap mengasyikkan. Apalagi Inkle Studios yang menjadi pengembangnya terus menambahkan alur cerita baru yang dapat dieksplorasi.

Dengan harga 59 ribu rupiah di iTunes Store, 80 Days tergolong cukup mahal. Namun bagi Anda yang menyukai cerita bermutu dan ingin mengasah kemampuan berbahasa Inggris serta belajar mengenai geografi dunia secara singkat, 80 Days merupakan game yang amat menyenangkan dan wajib dicoba. Selain iOS, 80 Days kini juga sudah hadir di Google Play dengan harga yang sama.