Quantcast
Mobile GadgetReviewSmartphone

Review Nokia Lumia 930

Meski namanya akan segera hilang dari bursa vendor smartphone, namun Nokia masih merilis smartphone, bahkan untuk kelas wahid, seperti Lumia 930 yang banderol resminya Rp. 7 juta-an. Menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1, penerus Lumia 920 ini dibekali spesifikasi yang amat kompetitif bahkan dibandingkan dengan smartphone Android kelas atas. Sebut saja layar 5 inci Full HD 1920 x 1080 piksel, prosesor empat inti dengan clock 2,2GHz, RAM 2GB, storage internal 32GB, serta tidak ketinggalan kamera 20 megapiksel yang menanggung nama besar PureView.

Desain dan Kualitas Layar

Kebetulan kami mendapatkan Lumia 930 berwarna hitam legam. Kesan pertama, ponsel ini terlihat begitu elegan. Dari segi desain, Lumia 930 memang masih mempertahankan ciri khas desain ponsel kelas atasnya seperti Lumia 920 dan Lumia 1020. Misalnya, penampang layar yang tidak rata dan agak cembung di bagian sisi terluarnya. Kesamaan lainnya tentu adalah desain monoblok sederhana yang minimalis, seperti sebatang coklat hitam yang mahal. Material bingkainya yang terbuat dari logam juga mampu memberikan rasa mewah pada pemiliknya.

001

Tutup belakangnya terbuat dari bahan plastik polikarbonat, dengan bahan yang kesat dan tidak licin saat digenggam. Meski agak kaku, namun Lumia 930 masih nyaman dalam genggaman karena tutup belakang masih mengikuti lengkungan genggaman tangan manusia. Mengenai ukuran, Lumia 930 termasuk cukup besar untuk ponsel dengan layar 5 inci. Namun efisiensi rasio ukuran layar ke bodinya sudah jauh lebih baik dari Lumia 1020. Meskipun layar 930 yang 5 inci jauh lebih besar dari 1020 yang 4,5 inci, namun dimensinya tidak berbeda jauh.

 002

Image05

Mengenai layar, Nokia menyematkan layar OLED 5 inci resolusi 1920 x 1080 piksel yang dibekali teknologi ClearBlack. Tentu saja layarnya memiliki warna hitam yang sangat bersih, karena itulah karakteristik layar OLED, tiap piksel yang menampilkan warna hitam dimatikan sehingga lebih irit daya dan memiliki tingkat rasio kontras tanpa batas. Namun kekurangan layar OLED adalah kurang natural, dengan tingkat saturasi yang berlebihan, suatu hal yang penting jika Anda memilih Lumia 930 karena fitur kameranya. Tapi jangan kuatir, profil warna bisa diganti di menu Settings – Display – Color Profile. Ada tiga variabel yang bisa diatur, yakni temperatur warna, tint dan saturasi warna.

 003

Image12

Seperti Lumia kelas atas sebelumnya, layar Lumia 930 amat responsif. Bahan penampang pada layarnya terasa sangat smooth dan halus, serta memiliki lapisan oleofobik yang bekerja dengan baik, sehingga layar tidak mudah kotor terkena keringat pada jari Anda.

 Image06

Fitur dan Antar Muka

Soal antar muka, seluruh ponsel Windows Phone kurang lebih sama saja. Latar belakang hitam (bisa diganti menjadi putih, namun tidak direkomendasikan untuk ponsel dengan layar OLED karena memboroskan baterai jika menampilkan banyak warna putih) dengan aksen warna pilihan Anda, penggunaan Live Tile, serta huruf yang ukurannya besar-besar.

 02

Pada Lumia 930 yang sudah menggunakan versi WP 8.1, Live Tile-nya bisa menggunakan ukuran kecil sehingga layar menampilkan lebih banyak Tile. Dipadukan dengan layar Full HD 1080p ukuran 5 inci (441 piksel per inci), maka tampilannya terlihat penuh namun tetap menarik. Secara keseluruhan mudah digunakan, namun jika Anda lama menggunakan platform Android dan iOS mungkin harus beradaptasi terlebih dulu, terutama dengan urutan menu di Setting yang tidak alfabetis dan agak tidak sambung menyambung.

 01

Mengadopsi dari fitur yang ada di platform Android, kini Notification Center menampilkan beberapa pengaturan cepat (Quick Action) untuk mengaktifkan Wi-Fi, Bluetooth, Airplane Mode, dan Project (memproyeksikan layar ke TV Anda). Empat fungsi ini bisa diganti dengan fungsi lain yang lebih dibutuhkan, walaupun terbatas 4 buah saja. Selain notifikasi dan Quick Action, Notification Center juga menampilkan indikator kapasitas baterai yang masih tersisa. Fitur lain yang dimilikinya juga cukup lengkap dan tidak kalah dengan ponsel Android di kelasnya. Selain aplikasi fotografi yang mumpuni, Lumia 930 juga telah memuat aplikasi Health and Fitness, Mix Radio, Office, One Drive, One Note hingga aplikasi Data Sense untuk mengawasi kegiatan Internetan agar kuota Anda tidak lewat. Namun yang paling khas Windows Phone adalah Here Maps. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh peta Indonesia sehingga dapat menavigasi peta tempat yang dibutuhkan tanpa koneksi Internet alias offline.

 02

Salah satu keunikan Windows Phone 8.1 terletak pada mungkinnya vendor membuat ponsel tanpa tombol fisik atau kapasitif yang biasa ada di bawah layar. Tetapi Lumia 930 masih menggunakan tombol Back, Menu/Home berbentuk logo Windows dan Search. Untuk pengetikan, ponsel dengan layar 5 inci ini cukup bersahabat dan akurat. Dengan ukuran layarnya, mengetik menggunakan satu tangan terbukti menjadi tantangan tersendiri.

Image13

Performa

Windows Phone memang dikenal atas performanya yang mulus, bahkan di perangkat kelas bawah sekalipun. Maka tentumua Lumia 930 sebagai ponsel kelas atas dituntut untuk performa yang tinggi. Dari sisi spesifikasi, Lumia 930 masuk ke dalam kategori salah satu Windows Phone dengan jeroan tertinggi saat ini. Ponsel ini telah dibekali SoC Qualcomm Snapdragon 800 berkecepatan 2,2GHz dan RAM 2GB. Saat diuji, semua aplikasi dapat dijalankan dengan mulus. Salah satu imbas yang paling kentara adalah saat digunakan untuk memotret. Performa dan kecepatan memotret Lumia 930 jauh lebih baik daripada Lumia 1020, meski tentunya perlu diperhitungkan bahwa berkas foto yang ditanganinya tidak sebesar hasil foto Lumia 1020 yang mencapai 41 megapiksel.

 Image14

Dari hasil benchmark Antutu, Lumia 930 mendapatkan skor 25924 poin. Untuk yang hobi bermain game, Lumia 930 mampu memainkan game kelas berat seperti Asphalt 8 dengan amat mulus dan lancar. Menggunakan kapasitas baterai 2420mAh, angka tersebut termasuk kecil untuk ponsel dengan spek seperti Lumia 930 ini. Maka tidak heran kalau bertahannya kadang tidak sampai seharian, meski digunakan secara wajar.

Hasil Foto

Yak, inilah fitur utama Lumia 930. Kamera ponsel ini menjanjikan karena diembel-embeli nama PureView, menggunakan lensa Zeiss, dan memiliki resolusi 20 megapiksel. Sensornya memiliki fisik 1/2.5 inci (0,4 inci) cukup besar dibanding rata-rata ponsel kelas atas yang hanya 1 / 3 inci (0,33 inci), namun masih jauh lebih kecil dibanding Lumia 1020, 1 / 1.5 inci (0,66 inci). Bukaan lensanya sayangnya tidak begitu besar, f/2.4 saja. Namun yang terpenting di Lumia 930 adalah adanya Optical Image Stabilization. Jadi jika tangan Anda sedikit bergoyang saat memotret, hasil fotonya akan tetap tajam.

04

Bagaimana dengan fiturnya? Seperti biasa, ada dua aplikasi kamera bawaan di ponsel ini, yakni Camera (bawaan dari Windows Phone) dan Nokia Camera (bawaan Nokia). Perbedaannya, Camera lebih sederhana dan cocok untuk pemakai pemula. Di sini Anda akan menemukan berbagai pilihan Scenes (closeup, night, sport, backlight), mode pemotretan berkesinambungan (burst mode), ISO, White Balance dan aspek rasio. Sementara aplikasi Nokia Camera lebih ditujukan bagi pengguna dengan pengetahuan fotografi yang lebih baik. Keunggulan Nokia Camera terletak pada pilihan pengaturan yang cukup ekstensif, mulai dari White Balance, Manual Focus, Shutter Speed, ISO dan tingkat EV (Exposure Value).

05 

Hasil kamera Lumia 930 tergolong bagus, walaupun masih di bawah Lumia 1020 yang sama-sama mengusung embel-embel PureView. Tetapi tidak bisa dipungkiri, hasil foto Lumia 930 masih lebih baik dari kebanyakan smartphone lain. Apalagi telah tersedia mode manual yang biasa ditemukan di kamera mirrorless dan DSLR. Dengan pengaturan manual, Anda akan dapat menuangkan kreativitas lebih. Misalnya, Amembuat foto cahaya bergerak dengan waktu eksposure yang panjang hingga 4 detik, atau memotret dengan kecepatan 1/4000 detik untuk ‘membekukan waktu’ dan sebagainya. Ditambah kemampuan menyimpan format RAW (file yang dihasilkan memiliki ekstensi .DNG), hasil foto Lumia 930 akan memberikan fleksibilitas lebih saat Anda mengolahnya di komputer. Format RAW memungkinkan Anda mengatur parameter ketajaman, dynamic range, white balance, kecerahan dan kontras yang lebih luas dibanding format .JPG yang sudah terkompresi.

Performa kamera pada Lumia 930 ini jauh mengungguli Lumia 1020, yang sekali jepret ada jeda sekian detik saat menyimpan file sehingga Anda tidak bisa memotret lagi di jeda tersebut. Dengan Lumia 930, Anda bisa memotret secara berurutan dengan menahan tombol shutter, meskipun tidak secepat ponsel Android kelas atas. Secara default, aplikasi Nokia Camera punya fitur Living Images, kamera mampu merekam sesaat sebelum tombol shutter ditekan, sehingga menjadikan galeri foto Anda menjadi galeri foto bergerak.

Berikut hasil foto Nokia Lumia 930 tanpa proses penyuntingan. Untuk hasil foto lebih lengkap, silakan kunjungi akun Flickr resmi yangcanggih.com.

Kesimpulan

Jika Anda pecinta Nokia ataupun Windows Phone, maka Lumia 930 akan menjadi ponsel yang sangat menarik. Pengguna platform lain yang ingin ‘berubah haluan’ juga kami prediksi akan tertarik mencicipinya. Ekosistem WP sendiri kini sudah lebih baik, meski harus diakui kualitas aplikasi populer seperti Facebook, Path, BBM dan Instagram belum sebaik aplikasi yang sama pada Android atau iOS. Namun tentunya akan ada banyak perbaikan ke depannya.

Untuk pecinta fotografi ponsel, tentunya embel-embel PureView di Lumia 930 bikin penasaran. Meski secara Image Quality (IQ) masih di bawah Lumia 1020, namun lebih baik daripada sebagian besar smartphone Android dan iOS. Apalagi ada mode manual dan penyimpanan format RAW yang menantang kreativitas Anda. Dengan harga resmi Rp. 7,2 juta, Nokia Lumia 930 sangat direkomendasikan untuk Anda yang butuh ponsel kelas atas dengan desain keren, performa ngebut dan kamera canggih.

 

Yang canggih:

+Kamera PureView 20 megapiksel dengan OIS
+Pengaturan manual pada kamera dan penyimpanan format RAW
+Hardware sangat mumpuni
+Layar OLED berkualitas tinggi
+Build Quality dan Finishing berkelas
+Storage internal 32GB

 

Yang kurang:

-Tidak punya slot penyimpanan eksternal
-Belum bisa rekam video 4K (padahal hardware sudah memungkinkan)
-Kualitas aplikasi WP belum sebagus Android atau iOS

 

[table]Spesifikasi;Nokia Lumia 930
Prosesor;Qualcomm Snapdragon 800 2,2GHz
GPU;Adreno 330
Layar;5 inci HD (1920 x 1080 pixel)
RAM;2 GB
Memori;Internal 32GB
Kamera;Belakang 20 megapixel, Depan 1,3 megapixel
Koneksi;HSDPA, HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth 4.0
Baterai;2420 mAh
Dimensi;137 x 71 x 9.8 mm
Bobot;167 gram
[/table]

 

 

Editor’s Rating: Dengan harga resmi Rp. 7,2 juta, Nokia Lumia 930 sangat direkomendasikan untuk Anda yang butuh ponsel kelas atas berplatform Windows Phone dengan kamera canggih khas Nokia.

 

Desain: 8,5

Fitur: 8

Performa: 8,5

Harga: 7

 

 

3 komentar

  1. saya pengguna ponsel ini, kurang lebih sudah 2 bulan. Hal yg paling membuat saya kurang suka dengan ponsel ini adalah cepat panas jika digunakan untuk membuka aplikasi yg membutuhkan koneksi data seperti ( twitter, instagram ). Saya pernah pakai untuk merekam video, tempatnya diarea terbuka, kondisi cerah, ponselnya langsung overheat dalam waktu sekitar 4 menit saat saya rekam video. Dan seketika itu langsung close.

Back to top button