Quantcast
Aksesoris GadgetMobile GadgetNews

Apple Watch Resmi Diperkenalkan, Harga Sekitar 4 Jutaan Rupiah

Rumor atau kabar burung memang sering benar, apalagi mengenai produk Apple. Setelah berhembus selama berbulan-bulan, akhirnya Apple memperkenalkan Apple Watch. Inilah jam tangan pintar pertama Apple dengan antarmuka bergaya iOS yang khusus dirancang untuk layar kecil.

Hadir dalam tiga model
Desain kotak menjadi pilihan Apple Watch, bertolak belakang dengan Moto 360 yang memilih bundar. Dengan permukaan agak membulat di sisi-sisinya, desain Apple Watch terasa kurang greget dan kurang rapi. Setidaknya itulah kesan pertama yang saya tangkap setelah memelototi cukup banyak foto Apple Watch. Tapi setelah melihat fitur-fiturnya, Apple Watch layak disebut sebagai jam tangan pintar tercanggih saat ini. Bukan dari spesifikasinya, tapi dari beberapa inovasi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah klasik seperti navigasi menu, pengisian baterai, dan sebagainya.

apple watch 3 edition

Nantinya, produk ini akan tersedia dalam tiga pilihan menarik yaitu Apple Watch dengan bodi stainless steel dan layar kristal safir, Apple Watch Sport dengan bodi aluminium dan tali jam yang trendi, serta Apple Watch Edition dengan bodi emas 18 karat dan layar safir. Akan ada dua ukuran yaitu 38mm dan 42mm, yang saya asumsikan untuk menyesuaikan ukuran pergelangan tangan pria dan wanita.

Apple juga menawarkan koleksi tali jam yang cukup lengkap, mulai dari leather loop, link bracelet, sport band, classic buckle, dan lain-lain. Untuk tampilan penunjuk waktu, juga dapat diatur sesuai keinginan. Untuk mengisi baterainya, Apple Watch mengandalkan teknologi inductive charging sehingga tidak ada pelat yang terlihat di bagian belakangnya.

Digital Crown inovatif
Salah satu elemen desain yang dipercanggih adalah tombol putar di samping bodi jam tangan. Jika pada jam tangan biasa tombol putar tersebut digunakan untuk menyesuaikan waktu, maka di Apple Watch fungsinya jauh lebih banyak lagi.

apple watch digital crown

Tombol putar yang disebut Digital Crown ini disulap Apple menjadi alat navigasi canggih untuk menggulung, melakukan zoom, serta menavigasi tampilan di layar. Ini berarti layar Apple Watch akan lebih bersih dibandingkan jam tangan pintar lain yang hanya mengandalkan interaksi di layar untuk menjalankan fungsinya.

Untuk menjalankan berbagai fungsinya, seperti melihat foto, mengakses Siri, melihat peta, dan sebagainya, jam tangan pintar ini mengandalkan chip S1 SiP (System in Package). Fungsi lain yang dapat dilakukannya antara lain mengendalikan Apple TV, menjadi walkie-talkie, serta menjadi remote viewfinder untuk kamera iPhone. Untuk menghubungkannya ke iPhone, Apple Watch mengandalkan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth 4.0.

apple watch fitness

Mirip seperti jam tangan Android Wear dan Tizen, Apple Watch juga dapat diandalkan untuk membantu memantau kesehatan penggunanya. Bahkan Apple juga menyertakan aplikasi Fitness & Workout yang memanfaatkan gyroscope, accelerometer, GPS serta sensor deteksi detak jantung.

Force Touch & Taptic Engine
Teknologi di layar juga menarik. Layar Retina di Apple Watch ternyata dapat mengenali bedanya saat Anda mengetuk dan menekan layar, atau nama kerennya Force Touch. Bahkan ada teknologi yang lebih menarik lagi, yaitu Taptic Engine. Ini adalah teknologi getar yang dapat memberitahu jika ada notifikasi masuk.

apple watch taptic

Namun menggunakan teknologi ini, Apple Watch dapat mengirimkan irama detak jantung Anda ke pengguna Apple Watch lain. Pengaplikasian Taptic Engine sepertinya akan lebih menarik, apalagi jika pembuat aplikasi sudah dapat memaksimalkan WatchKit SDK untuk memanfaatkan fitur ini.

Kemampuan Apple Watch ternyata masih cukup banyak. Di negara asalnya, Anda bisa membeli makanan (dengan Apple Pay) serta naik pesawat menggunakan Apple Watch. Ingin mengingat sesuatu tapi tangan sedang penuh sehingga tidak memungkinkan untuk mengetik di iPhone? Cukup serukan informasi yang ingin dicatat ke Apple Watch. Ada juga fitur Smart Replies untuk membalas SMS dengan cepat. Kemudian tersedia fitur Friends untuk menampilkan daftar orang yang sering dihubungi dengan cepat.

Apple Watch sendiri baru akan hadir awal tahun 2015 dengan harga dimulai dari US$349. Untuk menggunakannya, Anda harus menggunakan iPhone 5, iPhone 5C, iPhone 5S, iPhone 6, atau iPhone 6 Plus yang menjalankan iOS 8.

Back to top button