Quantcast
Foto & VideoKamera sakuLensaNews

[ IFA 2014 ] Sony Perkenalkan QX1 dengan E-Mount & QX30 dengan Lensa Zoom 30x

Setelah menambah keluarga DSLM miliknya dengan merilis Sony a5100, Sony kembali menghadirkan kamera terbaru. Yang mendapat tambahan anggota keluarga baru yaitu lini kamera bermodel lensanya yang inovatif Sony QX-series.

QX1 dengan dukungan E-Mount
sony QX1-1

Sony QX1 merupakan evolusi dari konsep kamera berbentuk lensa yang diperkenalkan Sony tahun lalu dengan QX10 dan QX100. Kualitas sensor juga telah ditingkatkan oleh Sony menjadi berukuran APS-C. Namun hal yang paling menarik adalah absennya lensa di QX1. Sebagai gantinya, aksesori ini dapat dipasangi lensa E-Mount yang biasa digunakan di kamera mirrorless Sony seperti A5100 dan A6000.

Dari sisi spesifikasi, Sony QX1 jauh melebihi spesifikasi kamera ponsel mana pun saat ini. Dengan sensor CMOS APS-C EXMOR 20 megapixel dan prosesor BIONZ X, hasil fotonya diperkirakan akan setara dengan kamera mirrorless Sony. Beberapa fitur khas kamera sungguhan juga ada di sini seperti contrast-detect autofocus, perekaman foto dalam format RAW dan lampu flash.

Untuk terhubung ke smartphone Android dan iOS, QX1 memanfaatkan koneksi nirkabel NFC dan Wi-Fi. Agar dapat melihat apa yang sedang dibidiknya, Anda juga wajib memasang aplikasi Sony PlayMemories yang disediakan gratis. Menjepret foto juga mudah, dengan adanya dua pilihan cara; menekan tombol shutter di layar atau dengan tombol shutter fisik di QX1.

Paket pembeliannya akan menyertakan dudukan untuk di ponsel, baterai isi ulang, kabel micro USB, serta tali untuk pergelangan tangan.

QX30 dengan lensa zoom panjang
sony QX-30

Produk keduanya, Sony DSC-QX30 hadir dengan sensor BSI-CMOS 20 megapixel berukuran 1/2.3-inci. Prosesor BIONZ X yang dimilikinya menawarkan pengaturan ISO dari ISO 80 hinnga ISO 3200 dan kecepatan memotret tanpa henti dapat dilakukan hingga kecepatan 10 frame per detik. Lebih baik dari QX1 yang hanya 4fps.

Dilihat dari spesifikasinya, QX-30 akan menggantikan QX10 yang diluncurkan tahun lalu. Perbedaan utamanya, QX30 memiliki lensa yang lebih panjang, yaitu dengan jangkauan zoom optik hingga 30x. Ini menjadikan lensanya memiliki jarak setara dengan lensa 24-720mm pada kamera full frame. Sony juga telah menambahkan fitur optical image stabilization agar hasil foto tetap tajam walaupun tangan pemotretnya sedikit berguncang saat mengambil foto. Sama seperti QX1, QX30 juga mengandalkan NFC, Wi-Fi, dan aplikasi Sony PlayMemories untuk terhubung ke smartphone Android dan iOS.

Sony QX30 akan tersedia di bulan September 2014 ini dengan harga sekitar US$350. Untuk QX1 akan hadir di bulan Oktober dengan kisaran harga US$400 atau sekitar Rp4.700.000.

Back to top button