[IFA 2014] Nokia Lumia 830: Kualitas Papan Atas, Harga Papan Tengah

Solusi ponsel yang dirancang amat canggih biasanya dibanderol dengan harga yang relatif mahal; itulah kenyataan yang dijumpai di pasar smartphone akhir-akhir ini. Dengan Nokia Lumia 830, Microsoft ingin mematahkan pernyataan tersebut dengan menyediakan solusi flagship dengan harga yang relatif terjangkau.

Nokia-Lumia-830-hero1-jpg

Apabila produsen smartphone Android menyediakan versi kecil atau kompak dari produk andalannya, Microsoft ingin menghadirkan pengalaman premium menggunakan smartphone canggih tanpa membawa embel-embel ponsel sebelumnya.

Nokia Lumia 830 hadir dengan konsep desain unik yang tidak mencoba meniru Lumia 930, namun tetap mempertahankan kombinasi bahan metal dan plastik polikarbonat untuk ketahanan serta nilai estetika yang menawan.

Fitur yang diusungnya merupakan kelas atas dan mainstream sekaligus. Dari sisi kinerja potensial, Nokia Lumia 830 tidak berbeda dengan Lumia 730, dengan digunakannya prosesor Qualcomm Snapdragon 400 quad core 1.2 Ghz, dan memori RAM 1 GB.

svg%3E

Namun dari segi kemampuan kamera, Nokia Lumia 830 sudah hadir dengan teknologi papan atas, yaitu PureView yang dilengkapi dengan lensa ZEISS. Kameranya juga telah dibekali Optical Image Stabilization (OIS). Bahkan menurut Microsoft, sistem OIS miliknya merupakan sistem stabilisasi tertipis pada jajaran Lumia. Dari sisi software, Lumia Camera versi terbaru juga telah ditingkatkan kecepatannya dan dilengkapi dengan lebih banyak fitur perekaman gambar yang baru.

Layar 5” IPS Nokia Lumia 830 sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass generasi ke-3 agar lebih tahan terhadap goresan. Tampilannya juga akan cemerlang di berbagai kondisi cahaya berkat digunakannya layar Clear Black yang menjadi andalan sejak Nokia N-Series.

Lumia 830 juga telah dilengkapi teknologi pendeteksi gerak terbaru, SensorCore, yang dapat merekam pergerakan dan lokasi Anda saat disandingkan dengan aplikasi seperti Bing Health and Fitness dan Adidas miCoach. Untuk software, Lumia 830 telah menggunakan Windows Phone 8.1 Update 1 atau yang akrab dikenal dengan Lumia Denim. Dengan Denim, Anda akan menemukan Live Folders, Apps Corner, layar Glance yang baru, serta fitur jaringan yang lebih aman.

Microsoft mengumumkan harga Nokia Lumia 830 di kisaran 330 Euro atau sekitar 5 juta rupiah yang akan dipasarkan mulai bulan September 2014.

[table]Spesifikasi; Nokia Lumia 830
Chipset; Qualcomm Snapdragon 400
Prosesor; Quad core 1.2 GHz
GPU; Adreno 305
Layar; 5” (720 x 1280 Px) ClearBlack
RAM; 1 GB
Memori; 16 GB + MicroSD (128 GB)
Kamera; 10 Megapixel PureView, OIS (belakang) + 0.9 Megapixel (depan)
Video; 1080p (belakang)
Koneksi; 2G/3G/LTE, Wi-Fi, Bluetooth, aGPS, GLONASS
Baterai; 2200 mAh
Dimensi; 139.4 x 70.7 x 8.5 mm
Bobot; 150 gram
[/table]