Quantcast
CamcorderFoto & VideoKamera sakuNews

Casio Exilim EX-FR10: Kamera Aksi Dua-Bagian Pertama di Dunia

Walaupun populer, kamera aksi seperti GoPro dan Sony Action Cam memiliki keterbatasannya. Hal tersebut melahirkan ide bagi Casio untuk menghadirkan sebuah kamera aksi yang lebih inovatif. Casio Exilim EX-FR10 merupakan kamera aksi dengan konsep lepas pasang yang belum pernah ada sebelumnya.

casio exilim-EX FR10-1

Yang paling unik, Casio Exilim EX-FR10 terdiri dari dua bagian, yaitu modul kamera dan modul pengendali. Konsep uniknya ini membuat Casio Exilim EX-FR10 tidak perlu terhubung ke smartphone untuk memotret atau merekam video.

Kamera ini bisa digunakan dalam posisi lensa terpasang atau terlepas dari modul kendali. Tombol shutter juga sudah ditanamkan di modul kendali dan bagian lensanya, sehingga total ada dua tombol rana. Untuk membantu memotret selfie tanpa bantuan tangan, terdapat fungsi interval shooting.

Pada modul kendalinya, Anda akan menemukan layar sentuh berukuran 2 inci. Sementara modul lensanya telah mengemas lensa 21mm f/2.8 yang telah dilengkapi dengan sistem fokus Contrast Detect. Modul kendali dan lensanya ini menggunakan koneksi Bluetooth hingga jarak sekitar 5 meter untuk terhubung. Hasil fotonya sendiri mengandalkan sensor CMOS 1/2/3-inci beresolusi 14 megapixel dengan kemampuan rekam video Full HD berdurasi hingga 29 menit.

Sebagai sebuah kamera aksi, bodinya merupakan hasil rancangan para desainer jam tangan tangguh Casio G-Shock. Untuk fitur ketahanannya, kedua modul Casio Exilim EX-FR10 telah mendapat sertisifikasi IPX6/IPX 7 yang tahan air, debu dan benturan dari ketinggian sekitar 2 meter. Casio juga menambahkan speaker terintegrasi, mikrofon, WiFi dan intervalometer yang cukup berguna untuk membantu pembuatan foto time lapse.

Casio Exilim EX-FR10 tersedia dalam pilihan warna merah, hijau, dan putih. Kamera ini akan tersedia lebih dahulu di Jepang dengan kisaran harga US$480 atau sekitar 6,5 juta rupiah. Belum ada info kapan produk ini akan tersedia di Indonesia.

[table th=”0″]” “;Casio Exilim EX-FR10
Sensor; 1/2.3-inch CMOS sensor 14 megapixel
Layar; layar sentih 2-inci 230.400 titik.
Video; Full HD 30fps
Kartu Memori;SD/SDHC/SDXC
Konektivitas; WiFi, Micro USB
Dimensi;total 60.9 x 153.1 x 34.2 mm
Bobot; total 175 gram
[/table]

Artikel terkait

Back to top button