AndroidAplikasi

Ajak Anak Mengenal Musik dengan 2 Aplikasi Android ini

Memperkenalkan musik sejak dini menghadirkan banyak sisi positif bagi anak. Diantaranya anak dapat berekspresi lebih baik, melatih kepekaan mereka terhadap seni (khususnya musik) dan lingkungan, meningkatkan kecerdasan otak, daya pikir, kreatifitas, kesehatan dan percaya diri tampil di muka umum (di depan kelas mau pun di atas panggung. Selain faktor-faktor tersebut tidak jarang terbesit keinginan orang tua dari tujuan utama yang memang ingin mengarahkan anak menjadi seorang pemain musik.

Salah satu cara agar menstimulan pengenalan anak terhadap musik adalah dengan belajar sambil bermain melalui aplikasi Marbel Music for Kids dan Kids Piano di ponsel pintar Android Anda.

Marbel Music for Kids

Dalam aplikasi Marbel Music for Kids terdapat 6 menu utama, namun ketika baru mendownload hanya 3 menu utama yang bisa diakses, yaitu Tangga Nada, Belajar Alat Musik, dan Bermain Piano. Sementara 3 menu utama lainnya seperti Orkes Katak, Rumah Musik dan Parade Musik akan dalam keadaan terkunci dan dalam keterangannya ‘bisa diakses 1 bulan kemudian dengan menonton video dari sponsor’.
Aplikasi buatan educa studio ini memang mengemas pengenalan musik dalam aplikasi berwarna yang menarik minat anak-anak. Dalam menu Tangga Nada misalnya, not lagu dalam garis paranada diberi warna yang berbeda. Jika ditekan salah satu not maka akan keluar bunyi dan keterangan yang sesuai not tersebut. Orangtua bisa melakukan permainan dengan mengajak anak menebak dimana letak not yang disebutkan menyentuh not yang dimaksud.

Mengakses permainan musik di aplikasi ini juga bisa dilakukan dengan memilih menu Bermain Piano. Dalam menu ini akan terpampang simulasi tuts piano dan minta anak menekan sesuai dengan not yang disebut oleh orang tua.

Menu lain yang bisa ditemukan adalah : Belajar alat musik. Dalam bagian ini diperkenalkan 10 alat musik berikut contoh bunyinya, yaitu angklung, Bass, Biola, Drum, Gendang, Gitar, Gong, Piano, Seruling, dan Terompet sehingga pengetahuan anak akan jenis-jenis alat musik semakin berkembang. Dengan begitu, anak akan lebih semangat untuk mengenal musik dengan memainkan beragam alat musik tersebut.

Kids Piano

Kids Piano 1

Ketika mengakses kata kunci ‘kids piano’ dalam Google Play, maka akan didapatkan hasil yang banyak terkait dengan kata kunci tersebut. Namun dari beberapa pilihan, aplikasi buatan Szwarcsoft inilah yang terasa pas untuk belajar, karena visualisasi tuts yang nyata serta pilihan lagu sederhana yang bisa diikuti dengan mudah oleh anak-anak.

Aplikasi Kids Piano menawarkan pembelajaran melodi lagu anak-anak klasik dunia seperti Mary Ha a Little Lamb, London Bridge is Falling Down, Old McDonald Had a Farm, Happy Birthday to You, A-B-C song (the Alphabet song), Twinkle, Twinkle Little S tar, Brother John dan sebagainya. Setelah anak memilih salah satu lagu untuk dimainkan, aplikasi akan menunjukkan tuts mana yang harus ditekan. Dengan begitu anak-anak dapat dengan mudah mengikuti permainan dari piano, keyboard atau bahkan pianika yang dimiliki di rumah.

Diantara kedua aplikasi tersebut di atas, Marbel Music for Kids yang dirancang developer asli Indonesia memiliki kelebihan dengan pilihan bahasa antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Sementara ketika menyambangi Play Store masih belum ditemukan aplikasi serupa lainnya buatan pengembang Indonesia yang fokus memikirkan pembelajaran musik sejak dini.

Komentar

Close