Klik untuk baca ulasan gadget terbaru di 2020

Review Samsung GALAXY S5

Seperti tahun lalu, Samsung kembali meluncurkan smartphone terbaru mereka, Samsung GALAXY S5, yang hadir dengan berbagai fitur menarik dan relevan bagi penggunanya.

Jika dibandingkan dengan GALAXY S4, ada beberapa perbedaan yang langsung terlihat dari segi fisik. Selain memiliki ukuran layar yang (sedikit) lebih besar, Samsung GALAXY S5 juga hadir dengan desain berbeda, serta berbagai fitur yang canggih dan semakin disempurnakan. Sebaik apa kiprah sang penerus ponsel andalan Samsung ini?

Desain
Premium. Itulah kesan pertama kami saat memegang GALAXY S5. Walaupun layar cukup lebar, desainnya tetap nyaman saat di tangan. Jika GALAXY S4 memiliki casing penutup baterai dari plastik bermotif dots (titik-titik), maka pada GALAXY S5 tak hanya motif melainkan titik-titik tersebut berpola cekung ke dalam. Selain itu, alih-alih menggunakan plastik tipis, GALAXY S5 menanamkan bahan yang kesat pada bagian ini sehingga nyaman di genggaman bahkan saat tangan kita dalam kondisi basah.

galaxy-s5-colors

Basah? Ya, GALAXY S5 memiliki sertifikasi IP67 yang tahan terhadap berbagai elemen seperti air, debu dan guncangan. Ini membuatnya cukup aman dipakai saat di pantai atau di kondisi yang kurang ideal lainnya. Walaupun Samsung tidak merekomendasikan GALAXY S5 untuk dipakai di bawah air, namun hasil percobaan kami, phablet ini tetap berfungsi dengan baik saat kami coba rendam selama beberapa saat. Padahal, jack 3.5mm di sisi atasnya tidak memiliki penutup!

Selain lensa kamera di sisi belakang juga menjadi rumah bagi sensor pembaca detak jantung (heart rate) yang terletak di bawah lensa. Secara keseluruhan, desain Samsung GALAXY S5 memang memberikan kesan lebih mewah dibandingkan GALAXY S4.

Fitur
Berbagai fitur menarik dihidangkan Samsung di GALAXY S5. Karena ini bukan merupakan phablet standar, maka kita tinggalkan fitur yang standar dan langsung masuk ke fitur baru yang canggih. Pertama yang akan kami ulas adalah fitur keamanan Finger Scanner.

Fitur pemindai sidik jari ini memungkinkan Anda menyimpan hingga data 3 sidik jari untuk membuka kunci telepon. Namun fitur canggih ini nampaknya hanya sebagai pelengkap kecanggihan GALAXY S5 saja, karena Samsung juga mewajibkan Anda mengeset satu password sebagai pendamping fitur buka kunci menggunakan sidik jari ini. Mengingatkan kami kepada fitur Face Unlock bawaan Google yang juga kudu di-back up kata kunci.

Berikutnya adalah S Health yang akan membantu Anda lebih baik lagi dalam memantau aktivitas olah raga berkat hadirnya Heart Rate Monitor. Anda cukup meletakkan ujung jemari bagian bawah (pola sidik jari) di sensor yang ada di bawah kamera belakang selama beberapa saat, maka berapa detak jantung Anda saat itu akan terbaca. Saat menyentuhnya, lampu akan menyala menandakan sensor sedang dalam keadaan aktif (memindai).

fitur 1

Fitur inovatif lainnya adalah Ultra Power Saving Mode. Saat Anda memilih modus ini, GALAXY S5 akan mengubah layar menjadi monokrom dan menonaktifkan kebanyakan fitur. Saat kami coba, setidaknya kami masih bisa mengakses fungsi telepon, pesan dan terhubung ke Internet. Mode ini memang dimaksudkan untuk memberikan daya tahan baterai lebih lama lagi, sehingga cocok bagi Anda yang sedang jauh dari jangkauan sumber listrik.

Bagi yang memiliki anak­-anak, fitur Kids Mode membuat Anda tenang saat GALAXY S5 sedang berada dalam “kekuasaan” mereka. Modus ini tak hanya membatasi penggunaan fitur yang bisa diakses Si Kecil, namun juga mengubah antarmuka menjadi lucu dan menarik. Di mode ini, mereka bisa berkreasi dengan gambar maupun suara. Aplikasi kamera dengan efek lucu juga telah ditanamkan sehingga membuat Galaxy S5 lebih menyenangkan.

Nah, sertifikasi IP67 namaknya memegang andil di sini mengingat anak-anak cenderung “vulgar” dalam memperlakukan barang: dibenturkan, dilempar, disiram, atau bahkan dicemplungkan ke dalam air. Jadi jika hal itu memang benar terjadi, Anda tak perlu risau lagi kan?

Secara keseluruhan, fitur baru yang ditambahkan di GALAXY S5 memang tidak banyak. Walaupun cukup berguna, beberapa fitur tidak akan relevan bagi sebagian pengguna seperti contohnya fitur pemantau ritme detak jantung bagi Anda yang tidak menggunakan ponsel sebagai alat bantu olahraga dan sebagainyna.

fitur 2

Performa
Nampaknya bisa langsung ditebak bahwa GALAXY S5 memiliki performa mumpuni untuk menjalankan berbagai aktivitas multimedia, mengingat seri premium smartphone Samsung ini dibekali oleh prosesor octa-core (delapan inti) dengan kecepatan 1.9GHz. Saat mencoba game berat macam Real Racing 3, semua detil dari grafis dapat tampil optimal termasuk pantulan cermin tengah dan spion mobil. Kabar baiknya, bodi belakang GALAXY S5 tak cepat panas! Mungkin manajemen penggunaan daya yang baik ditunjang bahan yang digunakan pada casing belakang GALAXY S5 mampu meredam panas dengan optimal.

Kinerja kamera juga digenjot dengan respons autofocus yang cepat, serta realtime­ HDR yang dapat mengambil foto High Dynamic Range tanpa jeda. Ada satu fitur inovatif yang dinamakan Selective Focus. Dengan fitur ini, Anda dapat menentukan fokus setelah foto direkam.

Sementara fitur dan efek lain yang pernah hadir di seri-seri sebelumnya juga tetap dipertahankan. Sebut saja dual camera mode. Selain foto, perekaman video juga ditingkatkan. Kini Anda dapat merekam video dengan resolusi Ultra High Definition 4K yang sangat detail dan tajam. Tersedia juga mode pengambilan video slow motion dan fast forward.

Hasil foto maupun videonya dapat Anda lihat di bawah ini.


Uji benchmark pun meraih hasil yang seragam, yakni memuncaki berbagai klasemen. Di Quadrant, skor 24311 milik GALAXY S5 terlihat mencolok bertengger di puncak. Sementara AnTuTu X Benchmark mencatatkan poin 37353 dengan komentar “Amazing”.

Performa yang mengagumkan, hebatnya, juga ditunjang dengan baterainya yang awet. Saat kami mencoba untuk menonton secara daring (online) pertandingan Piala Dunia 2014 antara Argentina vs Iran melalui aplikasi Vivall, indikator baterai menunjukkan angka 84% di awal dan menjadi 50% saat pertandingan berakhir. Streaming kami lakukan menggunakan jaringan WiFi dengan kecerahan layar penuh.

performa

Kesimpulan
kesimpulan

Satu yang menjadi catatan adalah, kunci layar pada GALAXY S5 mudah terbuka dengan sendirinya saat berada di dalam kantong maupun tas tangan, sehingga ponsel dengan sendirinya menjalankan beberapa perintah tanpa kita inginkan. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan menambahkan flip case, misalnya.

Tentu saja, harga yang harus Anda keluarkan berbanding lurus dengan performa, fitur dan desain yang Anda dapatkan dari GALAXY S5. Jika harga resminya yang berkisar di angka Rp7.999.000 tidak menjadi masalah bagi Anda, Samsung GALAXY S5 wajib dipertimbangkan untuk menjadi smartphone andalan Anda.

Yang Canggih
(+) Desain berkelas terutama pada sisi belakang
(+) Hasil foto sangat baik
(+) Merekam video Ultra High Definition 4K
(+) Bobot ringan dan tidak cepat panas
(+) Fitur sensor detak jantung
(+) Mode Anak-anak
(+) Sertifikasi IP67
(+) Konektivitas lengkap, termasuk USB 3.0 yang lebih cepat

Yang Kurang
(-) Desain kurang “segar” terutama pada sisi depan
(-) Kunci layar mudah terbuka sendiri saat berada di dalam saku atau tas

[table th=”0″]” “;Samsung GALAXY S5
Jenis Kartu SIM;micro SIM
Layar;”Super AMOLED 5.1 inci, Full HD 1920 x 1080 piksel, 16 juta warna”
Sistem Operasi;Android v4.4.2 KitKat
Prosesor;”Exynos Octa-core (quad-core 1.9GHz + quad-core 1.3GHz)”
Memori;”internal 16GB / 32GB, RAM 2GBMB, eksternal microSD hingga 128GB”
Kamera;”CMOS 16MP, video Ultra High Definition (UHD) 4K (3840×2160 piksel) @30fps, lampu kilat, real-time HDR, kamera depan CMOS 2MP”
Baterai;”removable (dapat dilepas-pasang), kapasitas 2800mAh, fitur Ultra Power Saving Mode”
Dimensi;142 x 72.5 x 8.1 mm
Bobot;145 gram[/table]

Baca juga
Aorus F127Q: Monitor Gaming dengan Refresh Rate 165Hz dan Dilengkapi Fitur Penangkal Bising Aktif