Quantcast
AndroidAplikasi

Saingi Apple CarPlay, Google Siapkan Android Auto

Mengikuti langkah Apple yang telah memperkenalkan solusi untuk mobil, Carplay, Google secara resmi mengumumkan kehadiran Android Auto di ajang Google I/O 2014. Solusi terbaru Google ini nantinya akan berfungsi sebagai media penghubung antara smartphone dengan mobil Anda.

Google Android auto-1

Sama seperti Apple Carplay, untuk menikmati Android Auto Anda hanya cukup menghubungkan smartphone Android ke mobil yang telah dilengkapi sistem hiburan mobil yang kompatibel dengan Auto. Fitur utama yang dimilikinya mencakup navigasi dengan dukungan Google Maps, musik dengan layanan Google Music, dan komunikasi.

Nantinya ketiga fitur ini langsung akan muncul di antarmuka terdepan Android Auto. Untuk menavigasi menunya, Anda bisa menggunakan layar sentuh di dashboard mobil atau perintah suara menggunakan Google Voice.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan Android Auto dengan dukungan Google Voice? Dengan Google Voice, Anda bisa memasukkan tujuan di Google Maps hanya dengan menyebutkan lokasi yang ingin dituju. Melakukan pencarian di mesin pencari Google juga bisa dilakukan dengan suara sehingga berbagai tempat menarik di perjalanan tidak akan terlewatkan.

Satu fitur yang mungkin sudah menjadi impian banyak orang sejak lama kini pun terwujud lewat Android Auto. Google Voice di Android Auto kini bisa membacakan pesan yang masuk ke inbox ponsel Android ANda. Bahkan tanpa perlu memegang smartphone, Anda bisa langsung membalas pesan tersebut lewat perintah suara. Demikian juga saat melakukan panggilan. Anda hanya perlu menyebutkan kontak yang ingin ditelepon dan Google Voice akan langsung menghubungi kontak yang dimaksud.

Google Android Auto saat ini telah didukung lebih dari 25 pabrikan mobil yang akan langsung menghadirkan mobil terbarunya dengan dukungan Android Auto paling cepat akhir tahun ini. Google juga akan menyebarluaskan SDK Android Auto dalam waktu dekat agar pengembang bisa mengembangkan aplikasi pendukung untuk Android Auto. Jadi ke depannya, fungsionalitas Android Auto akan terus berkembang.

Back to top button