Quantcast
Mobile GadgetSmartphoneTips

Tip: Cara Hard Reset Android Akibat Lupa PIN & Pattern Lock

Salah satu fitur keamanan di ponsel Android adalah Pattern Lock. Dengan fitur ini, Anda harus memasukkan pola tertentu yang sudah diatur sebelumnya untuk membuka kunci tersebut.

Sayangnya, banyak juga pengguna yang cenderung pelupa atau memiliki banyak ponsel Android dengan Pattern Lock yang berbeda-beda. Nah, apa yang harus dilakukan jika Anda tidak bisa membuka kunci tersebut dan tidak bisa menggunakan ponsel?

Jika Anda pernah melakukan sinkronisasi di ponsel tersebut ke akun Gmail, maka Anda hanya perlu login ke akun Gmail tersebut di layar utama. Atau Anda juga dapat memasukkan angka PIN sebagai alternatif pengguna gembok di ponsel.

Namun apa jadinya jika Anda lupa ketiga hal tersebut? Berikut beberapa langkah mudah untuk mengembalikan ponsel Android ke kondisi semula (factory default setting) tanpa masuk ke menu.

android-system-recovery-menu

1. Matikan ponsel

2. Tekan tombol “Volume up + Home Key + Power Button” secara bersamaan hingga ponsel menyala. Jika tidak ada tombol Home fisik di ponsel, Anda tinggal menekan tombol volume atas dan tombol daya.

3. Tunggu hingga muncul layar hitam yang mirip seperti DOS dengan beberapa pilihan menu. Lepaskan jari dari tombol begitu menu tersebut muncul.

4. Gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memilih menu. Arahkan ke pilihan “Wipe Data/Factory Reset” atau “Restore Factory Default” atau “Delete All User Data” (tergantung dari merek ponsel Android yang digunakan). Pilih opsi tersebut dengan menekan tombol daya.

5. Kemudian arahkan ke pilihan menu “Reboot System Now” dan tunggu ponsel menyala kembali.

Setelah ponsel menyala, maka semua data (termasuk PIN dan Pattern Lock) akan hilang.

Peringatan: data-data yang tersimpan di ponsel seperti kontak, SMS, aplikasi, foto, lagu, video, dan data lainnya akan hilang. Tampilan menu dan kelengkapan menu juga bervariasi, tergantung dari versi Android dan merek ponsel yang digunakan.

Artikel terkait

16 komentar

  1. saya lenovo a396 dak bisa buka pattern lock nya sudah saya coba mbkn power daya vol up down tidak ada tampilan seperti d atas

  2. bos hp ane hilang dicuri, tapi pake pin pas mau masuknya..itu gimana..apakah data data yang ada di hp akan hilang atau gmn nih bos..?

  3. saya udah coba langkah” no 1-4. tbtb ada tulisan ‘Now send the package you want to apply to the device with “adb sideload “‘… ini gimana? mohon bantuannya

      1. Kak hp sy terkunci bagaimna cara nya tapi bahasa nya bahasa cina hp nya acer
        Tolong kak ap pin nya

  4. Saya mnggnkn lenovo s850. Yh muncul bahasa mandarin saya ga paham, yg mana ya?

  5. Sy menggunakan HP Lenovo, sy coba menekan tombol daya dan volume up, hp booting normal (tdk masuk ke menu recovery spt di atas). Sy coba tekan tombol daya dan volume down, screen menampilkan notifikasi “have been in meta mode, long press the power button and enter normal boot’. Sy lepas tombol, screen tdk berubah begitu terus. Saat ditekan power dan volume down lagi, hp booting normal kembali.
    Tlg bantuannya utk mereset pin tsb.

Back to top button