Quantcast
Mobile GadgetNewsSmartphone

Kesan Singkat Mencoba Samsung GALAXY S5

Untuk tahun 2014, Samsung menjagokan Galaxy S5 sebagai smartphone andalannya untuk memikat hati pecinta gadget di seluruh dunia. Beberapa peningkatan telah dibenamkan ke dalamnya. Nah, berikut kesan pertama saat mencoba Galaxy S5 secara singkat.

Performa terasa lebih cepat
Samsung GALAXY S5 yang beredar di Indonesia tetap menggunakan prosesor Exynos Octa-Core versi terbaru. Saat dicoba menjalankan berbagai aplikasi, semua berjalan mulus dan lancar tanpa lag. Tentunya unit yang dicoba masih belum memuat banyak aplikasi.

Kualitas Tampilan Lebih Baik
Samsung GALAXY S5 hadir dengan layar yang sedikit lebih besar dibandingkan Samsung GALAXY S4, yaitu naik 0,1 inci menjadi 5,1 inci. Resolusinya masih sama, yaitu Full HD (1920×1080 pixel), sehingga kerapatan pixelnya juga amat rapat.

samsung galaxy s5

Saat mencermati layarnya, terlihat cukup jelas bahwa reproduksi warna layar Samsung GALAXY S5 mengalami peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Reproduksi warna di layar terlihat lebih seimbang tanpa ada satu warna primer yang dominan. Hasilnya, tampilan layarnya terasa lebih nyaman saat dipandang berlama-lama.

s5 ui

Keuntungan lain, foto dan video juga akan dapat ditampilkan dengan lebih baik lagi. Jadi singkat cerita, jika layar Samsung GALAXY S4 atau GALAXY Note 3 sudah cukup memuaskan, maka layar Samsung GALAXY S5 akan melebihi ekspektasi Anda.

Kamera Lebih Cepat
Di balik peningkatan resolusi kameranya yang kini mencapai 16 megapixel, ada beberapa penyempurnaan penting di sektor kamera. Yang pertama adalah kecepatan menentukan fokus. Dengan modul kamera yang baru, Samsung GALAXY S5 akan dapat menemukan fokus dengan amat cepat (di atas kertas, sekitar 0,3 detik).

s5 camera

Saat mencoba fitur kameranya, klaim itu sudah cukup terbukti. Walaupun memotret di dalam ruangan dengan cahaya yang tidak begitu terang, saya dapat menemukan fokus dengan instan. Kecepatan kameranya ini tidak hanya terbatas pada fokus, tapi juga pada fitur HDR. Jika dulu kita harus diam dan menunggu beberapa detik untuk menghasilkan foto dalam mode HDR, maka lain halnya dengan Samsung GALAXY S5. Pemrosesan hasil foto HDR dapat dituntaskan dengan cepat dan tidak berbeda dengan mengambil foto biasa.

Sebagai informasi, fitur HDR ini amat berguna dan wajib digunakan bila ada kondisi pemotretan dengan perbedaan cahaya yang amat kontras. Misalnya, Anda ingin memotret orang dengan backlight yang amat terang. Tanpa HDR, akan ada dua pilihan, yaitu wajah orang yang gelap dengan latar yang pas pencahayaannya atau wajah orang yang pas pencahayaannya dengan latar yang terlalu terang dan tidak jelas. Dengan HDR, baik wajah orang yang berada di depan dan latar yang ada di belakang akan memiliki pencahayaan yang pas.

Selective Focus
Pernahkah Anda menghasilkan foto yang salah fokus? Nah, dengan fitur Selective Focus yang dimiliki Samsung GALAXY S5, Anda dapat menentukan fokus sesudah mengambil foto. Cukup aktifkan fitur Selective Focus, maka Anda akan dapat memilih bagian di foto yang ingin difokuskan sesudah memotret. Yang perlu diperhatikan, obyek di bagian depan dan bagian latar minimal harus berjarak sekitar 50 cm.

Sensor Pendeteksi Detak Jantung
Mengandalkan aplikasi S Health, Samsung ingin mengajak penggunanya untuk lebih peduli akan kesehatan. Hanya dengan menyentuh sensor yang ada di bawah lensa kamera, ritme detak jantung Anda akan dapat diukur oleh Samsung GALAXY S5. Bagi yang sering berolahraga, fitur ini sepertinya cukup penting untuk menjaga agar latihan Anda tidak berlebihan.

Ultra Power Saving
Ultra Power Saving

Secara keseluruhan, Samsung Galaxy S5 memberikan peningkatan yang tidak terlalu signifikan jika dibandingkan Galaxy S4. Namun tambahan ketahanan air pada bodi dan sederet peningkatan tersebut di atas tampaknya sudah memadai untuk mengukuhkan Samsung Galaxy S5 sebagai salah satu ponsel Android tercanggih di tahun ini. Sedangkan untuk kompetitor dari merk lain, Samsung Galaxy S5 akan menghadapi hadangan LG G3, HTC One M8, serta Sony Xperia Z2. Jadi smartphone Android kelas atas mana yang akan Anda pilih tahun ini?

5 komentar

  1. Bagaimana kalau sony experianz1 compact, apakah bagus juga utk keperlian sehari hari dan utk foto foto, makasih

    1. @hendra
      Sony Xperia Z1 Compact sudah diulas di Y magazine edisi maret 2014. Tunggu artikelnya di sini ya. Thanks.

  2. pengen beli tp note 3 ini sudah tak mampu ak tinggalkan.. huh.. dilema.. samsung make me crazy.. oich…

Back to top button