Quantcast
AudioEars In HeavenHome GadgetNews

Tubecore: Speaker Wireless Berbasis Linux dengan Tube Amp

Di era digital sekarang ini, menemukan speaker wireless dengan komponen ampli modern bukanlah hal yang sulit. Nah, bila Anda sedang mencari perangkat speaker wireless yang unik, Tubecore mungkin bisa jadi pilihan.

tubecore1

Tubecore pada dasarnya adalah speaker yang dapat memutar musik dari gadget Anda secara wireless dengan kualitas suara hi-fi. Konsep ini sama saja dengan speaker wireless kebanyakan, tapi yang membuatnya berbeda ialah penggunaan dua buah Class-A 48V preamp (ampli tabung/tube-amp).

Pemakaian ampli jenis tabung ini memiliki sisi positif dan negatif. Sisi negatifnya, Anda tidak bisa mendapatkan responw frekuensi yang datar dan seimbang di semua frekuensi nada, tetapi lebih cenderung menghasilkan nada dengan karakter yang warm.

Tubecore 3

Sisi positifnya, bila tidak menyukai karakter suara dari tabung bawaan, Anda bisa menggantinya dengan tabung lain. Tak hanya itu, penggunaan tube-amp juga mampu mengurangi distorsi sinyal yang dihasilkan baik oleh rangkaian papan PCB (printed circuit board) maupun signal yang dikeluarkan oleh gadget Anda.

Penggunaan tube-amp bukanlah satu-satunya keistimewaan Tubecore. Perangkat pemutar musik ini dilengkapi dengan komputer mini berbasis Raspberry Pi dengan RAM 512MB atau Udoo Quad dengan RAM 1GB. Ini berarti Anda bisa membuat program khusus untuk Tubecore, syaratnya Anda harus menguasai bahasa pemrograman berbasis Linux.

Tubecore2

Untuk memiliki Tubecore, Anda cukup menyediakan dana sekitar Rp7,4 juta dan langsung memesannya lewat laman resmi Tubecore. Jika dirasa terlalu mahal, Anda bisa memanfaatkan tawaran potongan harga selama masa pemesanan. Dengan membayar Rp5,5 juta, Anda sudah bisa membawa pulang Tubecore.

Back to top button